JAJANBIKE.CC

Wajib Tahu!
Ini Dia
5 Jenis
Tepung untuk
Membuat Kue.

Di video JBCC episode pertama, kita sempet mampir bareng buat nyicipin cakwe legendarisnya Ko Atek yang terletak di daerah Pasar Baru Jakarta. Makanan ringan yang biasa kita kunyah sebagai jajanan ini punya bahan dasar tepung. Tepung sendiri juga salah satu bahan dasar yang paling penting untuk membuat kue lho gaes.

Buat lo yang baru mulai belajar baking, mungkin masih bingung jenis tepung apa yang harus digunakan. Soalnya, setiap jenis tepung punya karakteristik dan fungsi yang berbeda untuk jenis kue yang berbeda juga.

Nah, kalau lo ingin mengisi waktu luang dengan belajar baking, jangan sampai salah pilih tepung yang sesuai dengan jenis kue yang akan dibuat yah! Sebelum mempersiapkan bahan-bahan lainnya, lo wajib tahu nih 5 jenis tepung yang bisa digunakan untuk membuat kue.

  1. Tepung Terigu Protein Rendah
    Tepung terigu merupakan tepung yang terbuat dari biji gandum yang diolah hingga teksturnya berubah menjadi halus. Tepung terigu dengan protein rendah biasanya memiliki kadar protein di bawah 9%. Kadar protein yang rendah membuat tepung ini dibutuhkan untuk adonan yang nggak elastis atau kenyal dan hasil akhirnya garing serta renyah. Biasanya digunakan untuk membuat kue kering, biskuit, atau gorengan.
  2. Tepung Terigu Protein Sedang
    Tepung terigu dengan protein sedang memiliki kadar protein sekitar 10% hingga 12%. Biasanya tepung protein sedang disebut dengan tepung serbaguna atau all-purpose flour karena bisa digunakan untuk berbagai macam kue dan hidangan lainnya. Tepung ini menghasilkan adonan kue yang lembut dan cukup mengembang, cocok untuk kue-kue basah, pancake, hingga martabak.
  3. Tepung Terigu Protein Tinggi
    Tepung terigu berprotein tinggi memiliki kadar protein sekitar 14% hingga 16%. Dengan kadar protein yang tinggi, tepung ini menghasilkan adonan dengan tekstur kenyal dan elastis. Biasanya tepung ini dipadukan dengan ragi dan cocok digunakan untuk membuat roti dan donat. Nggak hanya itu, tepung terigu protein tinggi juga biasanya digunakan untuk membuat mie atau pasta.
  4. Tepung Tapioka
    Tepung tapioka atau yang biasa disebut dengan aci ini terbuat dari pati singkong yang sudah diolah. Ketika dicampurkan dengan air panas, tepung ini akan bertekstur kenyal dan lengket seperti lem. Biasanya tepung tapioka digunakan untuk olahan yang bertekstur kenyal seperti cilok, kue cenil, hingga boba pearl yang biasanya disajikan di minuman kekinian.
  5. Tepung Jagung
    Tepung jagung atau yang lebih dikenal dengan nama tepung maizena ini terbuat dari sari pati jagung yang sudah diolah untuk menghasilkan tepung dengan tekstur kering dan berwarna pucat. Tepung jagung bisa dicampur air untuk mengentalkan sup dan juga melembutkan adonan sponge cake atau puding. Nggak hanya itu, tepung jagung juga bisa digunakan untuk membuat kue kering terasa lebih renyah dan garing.

Nah, itu dia 5 jenis tepung yang bisa lo gunakan untuk membuat kue. Gimana? Sekarang sudah paham dong perbedaan dan fungsi masing-masing tepung? Jangan sampai salah pilih ya. Selamat berkreasi di rumah!