Sambal Terasi

23
Melihat
resep sambal terasi min
1
Menyukai
0
Membagikan
1
Menyimpan
 

Makanan khas Indonesia memiliki cita rasa yang kompleks dan dinamis, terkadang bisa pedas, manis, asam, atau gurih. Bahkan, terkadang Anda juga bisa menemukan seluruh rasa dalam satu makanan sekaligus. Perpaduan rasa yang lezat ini tentu dihasilkan dari campuran berbagai bumbu dan rempah-rempah. Nah, salah satu hidangan pelengkap khas nusantara yang memiliki rasa lezat, unik, sekaligus menggoda adalah sambal terasi.

 

Sambal terasi merupakan sambal yang bahan utamanya terbuat dari terasi, atau hasil fermentasi perikanan. Karena bahan inilah, tidak seperti jenis sambal lainnya yang lebih didominasi dengan rasa pedas, sambal terasi justru memiliki kombinasi rasa yang lebih komplit, yaitu pedas, gurih, dan sedikit manis. Terlebih lagi ketika dibakar dengan api, terasi juga akan mengeluarkan aroma kuat menggugah selera yang dapat membuat perut Anda jadi keroncongan seketika.

 

Nah, untuk membuat sambal terasi yang nikmat, Anda mengikuti resep berikut ini.

BAHAN-BAHAN:

  • 100 ml minyak goreng.
  • 150 g cabai rawit.
  • 100 g cabai merah.
  • 15 butir bawang merah.
  • 5 siung bawang putih.
  • 100 g tomat.
  • 2 sdm terasi bakar.
  • 1 sdt garam.
  • 2 sdt parutan gula merah.
  • 4 buah jeruk limau.

CARA MEMBUAT:

  1. Potong-potong cabai rawit, cabai merah, bawang putih, dan tomat sampai halus.
  2. Panaskan minyak, kemudian tumis cabai rawit, cabai merah, bawang putih, dan tomat yang sudah dipotong sampai mengeluarkan aroma harum. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  3. Setelah ditiriskan, masukkan semuanya ke dalam cobek. Tambahkan dengan terasi bakar, garam, dan paurutan gula merah, lalu ulek hingga halus.
  4. Potong jeruk limau menjadi irisan tipis-tipis.
  5. Sajikan sambal terasi yang sudah halus di atas piring kecil bersama irisan jeruk limau segar.
  6. Sambal terasi siap disajikan bersama sayur, lauk, dan sepiring nasi hangat.

 

TIPS PENYAJIAN:

Berkat rasa pedasnya yang kompleks dan unik, sambal terasi menjadi salah satu bahan pelengkap penting yang banyak digunakan dalam beragam hidangan klasik Indonesia, baik itu untuk dijadikan sebagai bumbu, bahan dalam resep, atau menu pendamping. Bahkan, hidangan sayur paling sederhana sekalipun bisa terasa fenomenal jika disantap dengan sambal terasi.

 

Sebagai rekomendasi, Anda bisa menyajikan sambal terasi dengan hidangan sayur-sayuran tradisional seperti sayur asem, karedok, dan urap, atau dihidangkan dengan lauk yang digoreng seperti ayam geprek, pecel lele, tahu krispi, dan ikan asin. Selain itu, sambal terasi juga akan terasa lezat dan menyegarkan lidah jika dijadikan sebagai bahan campuran untuk membuat saus rujak dan disantap bersama buah-buahan seperti bengkoang, timun, mangga, jambu air, dan nanas muda.

 

Nah, jika Anda ingin menyantap sambal terasi yang praktis namun tetap terasa lezat, Anda bisa menggunakan Sambal Terasi Sasa yang dibuat dari kombinasi cabai merah, cabai rawit, dan terasi asli, sehingga menghasilkan aroma dan rasa nikmat yang khas dan sesuai dengan selera orang Indonesia. Sambal Terasi Sasa, rasa terasinya gak basa-basi. Gak terlalu manis, cuma terlalu enak!

 

Lihat Resep Lainnya:

1. Pecak Bandeng Sambal Terasi Sasa
2. Sambal Goreng Kulit Melinjo
3. Sambal Matah Khas Bali

 
facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp