5 Tips Untuk Masak Menu Buka Puasa dan Sahur Agar Jadi Lebih Praktis

28/04/2022

Ramadhan merupakan waktu untuk menunaikan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim di dunia. Selama periode ini, kita hanya diperbolehkan untuk makan dan minum mulai dari Maghrib sampai sebelum Subuh saja. Karenanya, menyiapkan menu makanan yang lezat, sehat, dan mengenyangkan namun tetap simpel dan praktis bisa menjadi tantangan tersendiri.

 

Nah, bagi Anda yang kebingungan, tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan sebagai solusi masak menu buka puasa dan sahur yang anti ribet. Disimak yuk.

 

1. Siapkan stok bahan masakan mingguan di kulkas.

Dari pada harus belanja ke pasar setiap kali Anda akan memasak, ada baiknya jika Anda selalu membeli stok bahan masakan untuk kebutuhan selama satu minggu. Selain lebih hemat waktu karena tidak perlu bulak-balik ke pasar setiap hari, satu minggu merupakan jangka waktu yang ideal untuk menjaga daging, buah, atau sayuran tetap segar. Nah, sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, Anda bisa langsung membuat persiapan memasak dengan mencuci atau memotong seluruh bahan belanjaan yang sudah dibeli agar tinggal dicampurkan ke dalam bumbu saat akan dimasak.

 

2. Masakan dengan resep yang simpel.

Anda mungkin tidak selalu punya banyak waktu untuk memasak. Karenanya, alih-alih memilih menu yang membutuhkan waktu lama untuk dibuat, Anda bisa mencoba masakan dengan resep yang lebih simpel namun tetap lezat. Misalnya untuk berbuka puasa, Anda bisa membuat puding, gorengan, atau salad buah. Sementara untuk menu sahur, buatlah makanan berkuah yang sederhana seperti sayur asem, sayur sop, atau sayur bening karena Anda hanya perlu mencampurkan bumbu dan bahan mentah lainnya yang sudah dipersiapkan dan disimpan di dalam kulkas sebelumnya.

 

3. Buat dalam sekali masak.

Jika ingin yang lebih simpel lagi, Anda juga bisa membuat menu untuk makan malam dan sahur sekaligus dalam satu kali sesi masak. Ada banyak lauk dan makanan yang akan tetap terasa lezat setelah dihangatkan kembali, sehingga Anda tidak perlu bangun sahur terlalu awal untuk memasak. Namun pastikan Anda menghindari jenis makanan yang digoreng ya, karena selain tidak baik untuk kesehatan, menggoreng ulang makanan tersebut dikhawatirkan dapat mengurangi kualitas rasa dan teksturnya.

 

4. Simpan makanan sisa buka puasa.

Beberapa menu berbuka puasa yang tidak habis bisa Anda simpan lho untuk dimakan lagi saat sahur nanti, contohnya seperti roti, buah-buahan, ketupat, bolu, dan lain sebagainya. Jenis makanan seperti ini termasuk praktis, mengenyangkan, tahan lama, dan tetap terasa enak meski tidak dihangatkan kembali. Karena itu, setiap kali ada makanan sisa buka puasa, pilihlah yang sekiranya masih bisa disimpan dan layak untuk dimakan kembali, jangan langsung dibuang semua.

 

5. Pakai produk instan dari Sasa.

Kabar baiknya, bagi Anda yang sedang mencari solusi memasak praktis untuk menu buka puasa dan sahur, ada beragam produk instan dari Sasa yang bisa membuat proses memasak jadi lebih mudah dan simpel lho, mulai dari penyedap rasa, tepung, santan, sambal tradisional, hingga aneka bumbu untuk berbagai macam masakan. Tidak perlu takut produk instan akan membuat masakan Anda kurang berasa, karena Sasa hanya menggunakan bahan-bahan pilihan berkualitas sehingga dapat menghasilkan cita rasa masakan Indonesia yang lezat pada setiap resep Anda.

 

Kini memasak untuk menu buka puasa dan sahur tidak perlu lagi dibuat sulit. Dengan mengikuti beberapa tips anti ribet di atas, Anda bisa membuat makanan yang enak, sehat, dan mengenyangkan sambil tetap menghemat banyak waktu. Terlebih lagi jika Anda menggunakan produk instan dari Sasa, seluruh proses memasak akan jadi semakin mudah dan praktis tanpa perlu kehilangan kelezatannya.

 

Lihat Artikel Lainnya:

1. Rekomendasi Makanan Lebaran Khas Indonesia yang Cocok Disantap Bersama Keluarga

2. 5 Rekomendasi Menu Takjil yang Cocok Dijual Saat Bulan Puasa

3. Tips Merebus Telur Sesuai Tingkat Kematangan yang Diinginkan

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp