Begini Caranya Menyimpan Sayur Biar Tetap Awet dan Gak Mudah Layu

22 Mar 2021

Sayur mayur adalah salah satu bahan makanan yang penting untuk kehidupan kita sehari-hari, soalnya sayuran ini mengandung banyak banget kandungan nutrisi buat tubuh kita. Sebagai bahan makanan yang penting buat kita, kita harus tahu cara cara menyimpan sayur agar agar awet dan ga gampang busuk di rumah. Hal ini disebabkan ketidaksesuaian teknik penyimpanan terhadap jenis sayur dapat mempengaruhi kualitas, nutrisi, dan bahkan rasa sayur itu lho! 

SASAGenk nggak mau kan sayur yang sudah dibeli dan akan dimasak justru busuk dan nggak ada nilai gizinya? Yuk, simak cara menyimpan sayur agar awet yang benar berikut ini SASAGenk!

1. Pilih Sayuran Berkualitas

Kualitas sayur mayur saat dibeli punya peranan yang penting untuk penyimpanannya lho, SASAGenk! Soalnya sayur yang nggak segar dan sudah sedikit layu, walaupun penyimpanannya benar, mereka nggak akan bisa awet dalam waktu yang cukup lama. Jadi, waktu SASAGenk membeli sayur, pastikan memilih sayur yang berkualitas dan masih fresh ya! 

Kualitas ini bisa dilihat kok dari tampilan sayurnya. Untuk sayuran hijau, pilih yang daunnya kelihatan segar, masih utuh, dan nggak kelihatan layu. Sedangkan untuk sayur yang lain, pastikan masih terlihat segar, punya tekstur yang padat, nggak lembek, dan nggak layu ya SASAGenk. 

Gampang kan cara memilihnya?

2. Jaga Kebersihan Kulkas

Nggak cuma sayur, kulkas juga jadi faktor penting buat menjaga kesegaran dan keawetan sayur itu sendiri lho, SASAGenk. Pastikan kalau kulkas kalian bersih ya, sebab kulkas yang kotor akan mengundang bakteri untuk datang. Bakteri itulah yang nantinya bikin sayur cepat busuk!

Selain itu SASAGenk juga harus ingat untuk mengatur suhu kulkas, ya. Umumnya, suhu ideal untuk menyimpan bahan makanan mudah busuk adalah 1-4 derajat celcius. Kalau lebih tinggi dari itu, bisa jadi bakteri akan muncul dan mempengaruhi cita rasa sekaligus aroma dari sayur yang kamu simpan! 

3. Bungkus Sayuran Dengan Tisu Dapur 

Kok bisa? Iya dong SASAGenk, soalnya tisu yang dipakai akan menyerap kelebihan air yang ada di sayur itu. Nah dengan begitu, sayur yang disimpan bisa jadi lebih awet dan tahan lama! 

Setelah membungkusnya dengan tisu, segera masukkan dalam kantong plastik dan simpan di kulkas ya SASAGenk. Beberapa jenis sayur yang dianjurkan untuk disimpan dengan cara ini adalah chard swiss, bok choy, kangkung, daun selada, dan bayam.

4. Pisahkan Sayuran dan Buah

Kalau selama ini SASAGenk masih menyimpan buah dan sayur dalam satu wadah di kulkas, mulai sekarang rubah kebiasaan itu ya! Soalnya, sayur dan buah yang disimpan dalam 1 wadah justru akan mempercepat pembusukan di sayur. Proses pematangan yang terjadi di dalam buah, akan dianggap oleh sayur sebagai sebuah proses pembusukan. 

Akibatnya? Sayur yang SASAGenk simpan akan layu, muncul bercak, atau daun yang menguning! Hm, tentunya kalian nggak ingin kan hal ini terjadi? Jadi mulai sekarang selalu pisahkan buah dan sayur saat menyimpannya ya! 

5. Tata dan Susun Sayuran dengan Baik 

Seperti yang SASAGenk tau, umumnya kulkas punya 4 bagian atau ruang. Nah, saat menyimpan sayur pastikan kalian menyusun sayur dengan baik di masing-masing ruang ini ya! Kira-kira seperti ini cara menyusun sayuran yang baik: 

  1. Untuk ruang kulkas paling bawah atau ruang ke-1, bisa SASAGenk simpan golongan sayuran berdaun hijau, karena ruang kulkas ini punya suhu dingin yang stabil. Dengan suhu itu, sayuran berdaun bisa jadi lebih awet dan tetap segar. 

  2. Selanjutnya, SASAGenk bisa menyimpan golongan sayur yang punya kadar air rendah di ruang kulkas ke-2. Misalnya seperti wortel, buncis, kacang panjang, atau kol. Suhu di ruang ke-2 ini biasanya nggak terlalu dingin karena jauh dari mesin pendingin yang ada di bagian atas kulkas, sehingga lebih cocok untuk sayur yang punya kadar air sedikit. 

  3. Untuk ruang kulkas ke-3, SASAGenk bisa menyimpan golongan bumbu. Seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombay, jahe, kunyit, dan sebagainya. 

  4. Nah, untuk ruang paling atas atau ruang ke-4, SASAGenk bisa menyimpan golongan sayur yang punya banyak kadar air. Contohnya tomat, mentimun, terong, cabai, paprika dan sebagainya. Ruang kulkas ke-4 ini dekat sekali dengan mesin pendingin kulkas dan punya suhu yang lebih dingin dibanding ruang lainnya. Jadi, sayur yang punya kandungan air yang banyak, akan cocok disimpan di sini! 

Nah, itulah beberapa cara menyimpan sayur agar awet yang bisa SASAGenk ikuti. Gampang banget kan? Semoga setelah tau informasi ini, SASAGenk bisa lebih lihai dalam penyimpanan sayur mayur ya! 

Happy cooking SASAGenk!

Terkait Tips & Trik

Tips Merawat Blender

Pasang semua bagian blender dengan benarSetiap kali Anda menggunakannya, pastikan untuk memasang semua bagian dengan  benar. Dalam kebanyakan kas

Baca lebih lanjut >>>

Tips Dapur Bersih dan Nyaman

Masakan yang lezat berawal dari dapur yang bersih! Setuju? Berikut tips agar dapur selalu bersih dan nyaman KENYAMANAN memasak dimungkinkan denga

Baca lebih lanjut >>>

Tips Menghilangkan Rasa Pedas

Banyak orang yang suka makanan pedas, tetapi rasa pedas bisa jadi berlebihan dan menyebabkan perasaan terbakar pada mulut. Rasa terbakar ini sebenarny

Baca lebih lanjut >>>