Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Mencipratkan Minyak Goreng

24 Mar 2021

 Hallo SASAGenk! Siapa saja nih diantara kalian yang memiliki hobi memasak?

Memasak di dapur merupakan aktivitas yang menyenangkan lho SASAGenk, apalagi kalo masakan yang dimasak itu buat orang tersayang. Namun, ga jarang banyak orang enggan memasak di dapur karena takut terkena cipratan minyak saat menggoreng, apalagi waktu menggoreng ikan.

Eits, tapi sekarang nggak perlu khawatir karena ada cara menggoreng ikan dengan aman lho. Yuk, ikutin tips menggoreng ikan supaya tidak terkena cipratan minyak goreng!

1. Baluri Ikan Menggunakan Tepung Terigu

Membalurkan ikan dengan tepung terigu adalah tips pertama agar SASAGenk tidak kecipratan minyak goreng saat menggorengnya. Caranya mudah banget kok! SASAGenk cukup membuat campuran tepung terigu, bumbu seperti garam dan lada, dan campurkan dengan sedikit air.

Nah, setelah itu balurkan tepung itu di seluruh bagian ikan ya SASAGenk. Setelah itu, goreng ikan sampai warnanya berubah menjadi emas kecoklatan (golden brown) atau sampai semua bagian ikannya matang. Aman deh dari cipratan minyak goreng yang panas! 

2. Pastikan Ikan Tenggelam di Dalam Minyak

Perlu SASAGenk tau, menggunakan sedikit minyak ketika menggoreng ikan akan membuat minyak menjadi mudah meletup lho. Oleh karena itu, pastikan volume minyak yang digunakan bisa menutup lebih dari separuh badan ikan atau seluruh badan ikan. Kalau volume minyak gorengnya menutup badan ikan dengan sempurna, ikan juga nggak akan nempel di permukaan wajan dan jadi susah buat di balik.

Selain itu, SASAGenk juga akan mendapatkan ikan goreng yang utuh dan dagingnya nggak hancur karena digoreng dengan minyak yang terlalu sedikit. Jadi, pastikan SASAGenk memakai volume minyak yang cukup banyak ya!

3. Keringkan Ikan

Salah satu faktor yang bikin minyak meletup letup saat digoreng adalah kandungan air yang ada di dalam ikan SASAGenk. Jadi, agar aman saat menggoreng, pastikan ikan sudah dalam keadaan yang kering ya. Pastikan nggak ada tetesan air yang masuk ke dalam minyak panas.

SASAGenk cukup keringkan dulu ikan yang akan digoreng pakai tisu yang ditekan-tekan di permukaan ikan, atau tiriskan ikan dari bumbunya jika memang bumbu yang SASAGenk pakai punya kandungan air. Nah setelah itu, masukkan ikan ke wajan secara perlahan. Dijamin deh, SASAGenk bakal aman dari cipratan minyak kalau pakai cara ini!

4. Bersihkan Lendir Ikan

Lendir ikan juga jadi salah satu penyebab minyak meletup-letup lho SASAGenk. Kalau SASAGenk tidak ingin hal ini terjadi maka pastikan lendir ikan benar-benar hilang sebelum dibumbui dan juga digoreng.

Cara ampuh untuk menghilangkan lendir yaitu dengan membersihkannya menggunakan air lemon yang dicampur dengan garam. SASAGenk bisa juga menggunakan tomat yang dicampur dengan garam atau ikan direndam di dalam air yang sudah tercampur dengan tepung terigu.

5. Menggunakan Garam 

Cara terakhir yang bisa SASAGenk coba adalah menggunakan garam. Saat menggoreng ikan, SASAGenk bisa menaburkan sedikit garam ke minyak gorengnya. Pakai cara ini, cipratan minyak panas bisa jadi berkurang. Eits, tapi sesuaikan juga jumlah garamnya ya SASAGenk. Jangan terlalu banyak karena nanti bisa jadi asin! Hehe.

Nah SASAGenk, itulah 5 cara menggoreng ikan agar tidak mencipratkan minyak goreng. Bisa dipastikan jika SASAGenk menggoreng ikan menggunakan cara diatas maka tidak akan terkena cipratan minyak.

Semoga bermanfaat dan happy cooking ya SASAGenk!

Terkait Tips & Trik

Tips Merawat Blender

Pasang semua bagian blender dengan benarSetiap kali Anda menggunakannya, pastikan untuk memasang semua bagian dengan  benar. Dalam kebanyakan kas

Baca lebih lanjut >>>

Tips Dapur Bersih dan Nyaman

Masakan yang lezat berawal dari dapur yang bersih! Setuju? Berikut tips agar dapur selalu bersih dan nyaman KENYAMANAN memasak dimungkinkan denga

Baca lebih lanjut >>>

Tips Menghilangkan Rasa Pedas

Banyak orang yang suka makanan pedas, tetapi rasa pedas bisa jadi berlebihan dan menyebabkan perasaan terbakar pada mulut. Rasa terbakar ini sebenarny

Baca lebih lanjut >>>