Cara Mengocok Putih Telur Agar Kue Mengembang

31 Mar 2021

 Seperti yang SASAGenk tau, telur sudah jadi salah satu bahan makanan yang sangat akrab di kehidupan kita sehari-hari. Nah, bicara soal telur, sumber protein yang satu ini juga jadi salah satu bahan kunci dalam pembuatan kue lho, SASAGenk. Untuk lebih tepatnya, bagian telur yang biasanya digunakan sebagai bahan membuat kue adalah bagian putih telur. 

Biasanya putih telur akan dikocok sampai mengembang sempurna dan baru dicampurkan dengan bahan pembuat kue lain. Telur yang mengembang sempurna akan membuat tekstur kue jadi lebih firm tapi tetap lembut! 

Tapi, tahukah SASAGenk cara mengocok telur agar kue mengembang dengan sempurna? Yuk, simak cara mengocok telur yang benar berikut ini ya SASAGenk!

1. Memilih Telur yang Masih Segar 

Apabila SASAGenk ingin membuat kue, pastikan memilih telur yang masih segar ya. Soalnya, kalau telur yang digunakan masih segar maka kue yang dihasilkan bisa mengembang dengan sempurna! Nah, untuk mengecek telur masih segar atau tidak, SASAGenk bisa menggunakan trik ini. 

Siapkan wadah berisi air kemudian masukkan telur di dalamnya. Kalau telur tenggelam di dasar air, maka telur itu masih punya kualitas yang bagus dan segar. Kalau mengambang, kualitasnya sudah jelek dan nggak segar lagi SASAGenk. Jadi, pilih telur yang tenggelam di dasar air supaya kualitas nya bagus ya!

2. Gunakan Wadah yang Bersih

Setelah SASAGenk mendapatkan telur yang masih segar, selanjutnya gunakan wadah yang kering dan bersih untuk mengocok putih telur. Jangan pernah pakai wadah yang masih terdapat sisa minyak atau kotoran lainnya ya. Sebab, kalau ini terjadi maka putih telur tidak akan bisa mengembang dengan sempurna lho. 

Maka dari itu, pastikan wadah yang digunakan benar-benar bersih. Sangat disarankan untuk menggunakan wadah yang terbuat dari keramik, kaca ataustainless steel.Hindari untuk menggunakan yang terbuat dari plastik supaya telur yang dikocok bisa lebih mengembang! 

3. Pisahkan Bagian Putih dan Kuning Telur 

Bagian telur yang digunakan untuk membuat kue adalah putih telur. Jadi SASAGenk harus memisahkan putih dan kuning telur dulu ya sebelum di kocok. Kalau sudah, baru deh SASAGenk bisa mengocok putih telur sampai mengembang sempurna. Pakai cara ini, proses mengembangnya putih telur bisa jadi lebih maksimal, SASAGenk. 

4. Atur Kecepatan Pengocokan 

Nah, supaya proses pengocokan putih telur bisa benar-benar mengembang maka SASAGenk jangan sampai langsung mengocoknya di kecepatan maksimal ya. Selalu awali dari kecepatan rendah dulu, kemudian baru deh gunakan kecepatan sedang. Supaya proses pengocokan bisa lebih mudah sebaiknya tambahkan sedikit cuka atau air lemon ya, SASAGenk. Waktu yang dibutuhkan untuk mengocok putih telur dengan hasil yang maksimal adalah 5 hingga 8 menit. Jadi, jangan terlalu lama juga mengocoknya ya! 

5. Jangan Pernah Campurkan Gula pada Tahap Awal 

Untuk mendapatkan hasil maksimal jangan mencampurkan gula ketika SASAGenk mengawali mengocok putih telur. Hal ini disebabkan karena gula pasir mudah meleleh jika terlalu lama terkena panas mixer SASAGenk. 

Akan jauh lebih baik kalau gula dicampur setelah putih telur benar-benar mengembang ya. Jika adonan putih telur sudah terlihat mengkilap dan tidak tumpah saat wadah dibalik berarti putih telur sudah mengembang dengan sempurna! 

Nah SASAGenk, itulah 5 cara mengocok putih telur agar kue mengembang. Cukup mudah kan? Dengan cara ini SASAGenk bisa membuat kue mengembang dengan sempurna dan pastinya juga enak! 

Happy cooking SASAGenk!


Terkait Tips & Trik

Tips Merawat Blender

Pasang semua bagian blender dengan benarSetiap kali Anda menggunakannya, pastikan untuk memasang semua bagian dengan  benar. Dalam kebanyakan kas

Baca lebih lanjut >>>

Tips Dapur Bersih dan Nyaman

Masakan yang lezat berawal dari dapur yang bersih! Setuju? Berikut tips agar dapur selalu bersih dan nyaman KENYAMANAN memasak dimungkinkan denga

Baca lebih lanjut >>>

Tips Menghilangkan Rasa Pedas

Banyak orang yang suka makanan pedas, tetapi rasa pedas bisa jadi berlebihan dan menyebabkan perasaan terbakar pada mulut. Rasa terbakar ini sebenarny

Baca lebih lanjut >>>