Jangan Sampai Tertukar, Ini Bedanya Baking Soda dan Baking Powder

29/07/2022

Baking soda dan baking powder merupakan zat pengembang yang sama-sama sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue dan roti. Namun karena memiliki tampilan yang sangat mirip, bahkan tukang roti berpengalaman pun terkadang sering kebingungan untuk membedakannya. Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai perbedaan antara baking soda dan baking powder, dan apakah mungkin untuk menukar keduanya pada resep kue dan roti Anda, baca terus ulasan berikut ini.

 

Apa Itu Baking Soda?

Baking soda adalah zat pengembang yang digunakan untuk membuat berbagai resep kue dan roti seperti cake, muffin, dan cookies. Baking soda memiliki bentuk seperti bubuk putih dan terdiri dari 100% natrium bikarbonat. Hal ini membuat zat pengembang pada baking soda hanya akan aktif jika dikombinasikan dengan adonan yang mengandung asam saja. Setelah diaktifkan, baking soda akan bekerja dan melepaskan karbon dioksida, sehingga memungkinkan hasil adonan yang mengembang sempurna dan memiliki tekstur yang empuk.

Karena baking soda hanya dapat bekerja ketika ada asam, itu sebabnya resep kue dan roti yang menggunakan bahan dasar ini juga biasanya selalu disertai dengan bahan asam lainnya seperti cairan lemon atau buttermilk.

 

baking powder

 

Apa Itu Baking Powder?

Meski secara tampilan terlihat sama, namun tidak seperti baking soda, baking powder adalah zat pengembang yang sudah dilengkapi dengan asam atau basa. Artinya, baking powder dapat bekerja untuk melepaskan karbon dioksida dan mengembangkan adonan meskipun tidak menggunakan tambahan bahan asam.

Baking powder sendiri tersedia dalam dua jenis. Jenis yang pertama adalah baking powder double acting, di mana zat pengembang akan aktif sebanyak dua kali, yaitu ketika dicampur dengan air dan ketika adonan berada pada suhu tinggi. Baking powder jenis ini adalah yang paling umum ditemui di pasaran. Jenis yang kedua adalah baking powder single acting, di mana zat pengembang hanya aktif sebanyak satu kali saja, yaitu ketika adonan berada di suhu tinggi. Namun baking powder jenis ini jarang ditemui dan biasanya hanya digunakan oleh chef pastry profesional yang memiliki kebutuhan tertentu saja.

 

Bisakah Menukar Keduanya?

Meskipun sangat mungkin untuk menukar baking soda dan baking powder pada resep kue atau roti yang Anda buat, namun faktanya tidak semudah itu. Ada hal-hal penting yang harus Anda pahami saat akan menukar baking soda dengan baking powder atau sebaliknya.

  1. Mengganti baking powder dengan baking soda: Meskipun mengganti baking powder dengan baking soda tidak direkomendasikan, namun hal ini bisa bekerja dalam situasi darurat. Karena baking powder sedah dilengkapi dengan campuran asam, Anda tidak memerlukan bahan tambahan. Namun perlu diingat bahwa baking soda memiliki efek mengengembang yang lebih kuat dari pada baking powder. Oleh sebab itu, Anda perlu menambahkan takarannya hingga tiga kali lipat lebih banyak untuk menciptakan kemampuan mengembang yang sama. Di lain sisi, hal ini juga mungkin akan mempengaruhi rasa dari adonan yang Anda buat.
  2. Mengganti baking soda dengan baking powder: Jika ingin mengganti baking soda dengan baking powder, Anda akan membutuhkan bahan tambahan berupa asam untuk membuatnya bekerja. Selain itu, karena baking soda memiliki efek mengembang yang lebih kuat, pastikan Anda mengurangi takarannya menjadi tiga kaki lipat lebih sedikit dari pada resep yang dianjurkan.

 

Itulah dia perbedaan utama antara baking soda dan baking powder. Meskipun memiliki nama dan tampilan yang mirip, namun keduanya tidaklah sama. Jika Anda berada dalam situasi darurat di mana Anda harus mengganti baking soda dengan baking powder ataupun sebaliknya, pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati dan mengikuti tips yang sudah dijelaskan di atas agar tidak merusak hasil adonan kue atau roti Anda.

 

Lihat Artikel Lainnya:

1. Rahasia Mudah Membuat Kentang Goreng yang Renyah dan Lezat
2. Tips Menyimpan dan Mengolah Daging Kurban Secara Tepat
3. Tips Merebus Telur Sesuai Tingkat Kematangan yang Diinginkan

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp