Sehat dan Bikin Lezat, Berikut 6 Manfaat Utama Memasak Menggunakan Minyak Zaitun

29/07/2022

Minyak zaitun menjadi bagian penting dalam pola diet Mediterania, yaitu pola diet yang diklaim sebagai diet paling sehat di dunia. Tentu hal ini tidak terlepas dari pengaruh kandungan nutrisi pada minyak zaitun yang memiliki beragam manfaat bagi kesahatan tubuh. Nah, selain buat masakan jadi lebih sehat dan lezat, berikut ini adalah beberapa manfaat utama memasak menggunakan minyak zaitun yang perlu Anda tahu.

 

6 Manfaat Memasak Memakai Minyak Zaitun

 

1. Kaya akan kandungan polifenol.

Minyak zaitun adalah sumber polifenol yang sangat melimpah, yaitu senyawa bioaktif alami dengan sifat antioksidan yang sering ditemukan dalam tumbuh-tumbuhan. Polifenol memiliki manfaat kesehatan tubuh karena mampu memerangi stres oksidatif, jenis stres yang merusak lipid, protein, dan DNA di dalam tubuh dengan cara berkontribusi pada perkembangan penyakit jantung, kanker, diabetes, dan demensia.

 

2. Meningkatkan kesehatan jantung.

Tahukah Anda, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh PREDIMED, orang yang mengkonsumsi empat sendok minyak zaitun per hari memiliki resiko lebih rendah untuk terkena penyakit radiovaskular, stroke, serangan jantung, serta kematian akibat jantung. Namun menurut penelitian lainnya yang dilakukan oleh American Heart Association News, cukup dengan mengkonsumsi lebih dari setengah sendok minyak zaitun per hari saja, Anda sudah bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular hingga 15%.

 

3. Mengurangi resiko penyakit kanker tertentu.

Meskipun tidak ada makanan yang benar-benar dapat mencegah kanker sepenuhnya, namun mengkonsumsi minyak zaitun dapat mengurangi resiko ini. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa wanita yang lebih banyak mengkonsumsi minyak zaitun cenderung memiliki resiko lebih rendah untuk terkena kanker usus besar dan kanker payudara. Hal ini tentunya tidak terlepas dari pengaruh beberapa komponen minyak zaitun yang bersifat anti-kanker seperti asam oleat, hidroksitirosol, pitosterol, dan squalane.

 

4. Mendukung kesehatan memori dan fungsi otak.

Stres oksidatif dapat memicu penyakit neurodegeneratif, termasuk salah satunya penyakit alzheimer. Tetapi kandungan polifenol pada minyak zaitun berfungsi sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu melawan efek ini. Menurut sebuah studi yang dilakukan pada hewan di tahun 2019, ditemukan bahwa minyak zaitun mengembalikan kesehatan otak dan mengurangi peradangan saraf dengan cara memperlambat perkembangan alzheimer.

 

5. Meningkatkan sistem imun.

Sebuah studi di tahun 2015 menemukan bahwa mengkonsumsi tiga sendok minyak zaitun mampu meningkatkan dan mengaktivasi sel T, yaitu sel pada tubuh yang berperan penting untuk memerangi penyakit. Di sisi lain, mengkonsumsi minyak sawit, minyak jagung, atau mentega dalam jumlah yang sama tidak memiliki manfaat ini.

 

6. Menyeimbangkan gula darah.

Lemak sehat merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh mereka yang sedang mencegah atau mengontrol diabetes tipe 2. Menurut studi tahun 2017, orang yang mengkonsumsi lebih banyak minyak zaitun mengalami penurunan resiko terkena diabetes hingga sebanyak 16%. Ini dikarenakan kandungan lemak sehat pada olive oil dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah, yang pada akhirnya menjaga gula darah tetap stabil.

 

Para ahli sepakat bahwa minyak zaitun merupakan salah satu minyak goreng paling sehat di dunia karena berbagai macam kandungan baiknya yang mencakup vitamin E yang kaya antioksidan, asam oleat yang bersifat anti kanker dan anti inflamasi, serta kandungan lainnya yang dapat menyehatkan jantung dan membantu mencegah obesitas, sindrom metabolik, dan diabetes tipe 2.

 

Nah, untuk melengkapi manfaat kesehatan dari minyak zaitun, Anda juga bisa menambahkan berbagai produk-produk penyedap dan bumbu instan dari Sasa yang sudah terfortifikasi dengan kandungan vitamin, fiber, dan mineral. Mengkombinasikan keduanya pada resep masakan Anda tidak hanya memberikan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga dapat menghasilkan makanan cita rasa yang lebih lezat dan berkualitas.

 

Lihat Artikel Lainnya:

1. Jangan Sampai Tertukar, Ini Bedanya Baking Soda dan Baking Powder
2. Rahasia Mudah Membuat Kentang Goreng yang Renyah dan Lezat
3. Cara Membuat Cuko Palembang untuk Pempek yang Otentik!

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp