Tips Menyimpan dan Mengolah Daging Kurban Secara Tepat

11/07/2022

Saat Idul Adha tiba biasanya persediaan daging kurban di dalam kulkas jadi melimpah. Namun sayangnya Anda mungkin tidak bisa langsung memasak semuanya di waktu yang bersamaan. Oleh karena itu, agar daging yang disimpan tidak ditumbuhi bakteri dan tetap terjaga kualitasnya, Anda perlu mempelajari teknik penyimpanan dan pengolahan daging secara tepat agar rasanya tetap lezat ketika dimasak nanti.

 

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menyimpan dan mengolah daging kurban yang perlu Anda tahu.

 

Cara Menyimpan Daging Kurban

Kesalahan dalam proses penyimpanan dapat membuat daging kurban kehilangan rasa dan kualitas, cepat membusuk, serta jadi tempat tumbuh dan berkembangbiaknya bakteri. Demi menghindari hal tersebut, ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa tips berikut ini untuk mengetahui cara terbaik untuk menyimpan daging kurban secara tepat.

  1. Daging yang akan dibekukan dalam waktu lama sebaiknya disimpan di dalam kemasan plastik dengan zip lock. Kemasan ini membantu untuk meminimalkan paparan udara dan kelembaban sehingga daging tidak cepat membusuk.
  2. Daging beku memang dapat bertahan selama beberapa bulan di dalam kulkas. Namun untuk mendapatkan rasa dan kualitas terbaik, disarankan bagi Anda untuk segera mengkonmsinya kurang dari sebulan setelah dibekukan.
  3. Jika Anda berencana untuk menggunakan sedikit porsi dari persediaan daging yang Anda miliki, pastikan Anda menyegelnya dengan rapat menggunakan plastik wrap sebelum ditaruh di kulkas kembali.
  4. Idealnya daging beku yang sudah dikeluarkan dari dalam kulkas sebaiknya langsung dimasak sekaligus. Ini dikarenakan membekukan dan mencairkan daging secara berulang dapat menurunkan kualitas rasa dan teksturnya. Oleh karena itu, jika Anda ingin memasaknya dalam jumlah porsi yang sedikit-sedikit, sebaiknya pisahkan daging di wadah yang berbeda sebelum dibekukan.
  5. Daging yang sudah dicairkan sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas lebih dari dua hari. Ini dikarenakan air yang dihasilkan dari proses pencairan daging dapat mengurangi kesegaran serta menjadi tempat tumbuhnya bakteri jika didiamkan terlalu lama.

 

Cara Mengolah Daging Kurban

Kualitas dan kelezatan rasa daging kurban tidak hanya dipengaruhi oleh cara penyimpanannya saja, tapi juga dari bagaimana cara Anda mengolahnya. Nah, demi menghasilkan sajian berbahan dasar daging dengan cita rasa terbaik, berikut ini adalah beberapa cara tepat untuk mengolah daging kurban.

  1. Sebelum dapat dimasak, tentu daging yang beku harus dicairkan terlebih dahulu. Namun agar daging tetap segar jangan pernah mencairkannya di suhu ruang. Cara terbaik untuk mencairkan daging yang beku adalah dengan memindahkannya dari freezer ke lemari pendingin satu hari sebelum dimasak.
  2. Jika Anda ingin mencairkannya dalam waktu cepat, Anda juga bisa merendam daging beku di dalam wadah yang berisi air dingin. Ganti air setiap 30 menit sekali ketika suhunya mulai menghangat. Tetapi agar tidak terkontaminasi dengan air, pastikan daging tetap berada dalam kemasan ziplock saat direndam. Selain itu untuk proses pencairan yang seperti ini, sebaiknya daging harus segera dimasak setelah mencair.
  3. Memarinasi daging dengan campuran minyak, bumbu, dan rempah-rempah sebelum dimasak merupakan kunci utama untuk melunakkan tekstur serta meningkatkan rasanya. Untuk mendapatkan daging yang lebih empuk dan lezat, pastikan daging dimarinasi terlebih dahulu selama enam jam atau lebih.
  4. Jangan langsung memasak daging yang baru saja selesai dimarinasi. Ini dikarenakan daging yang masih memiliki suhu kulkas biasanya akan sulit matang secara merata, sehingga membuat bagian dalamnya tidak matang sempurna. Oleh karena itu, diamkan daging yang sudah dimarinasi selama 15 sampai dengan 30 menit di suhu ruang sebelum dimasak.

 

Jangan sampai persediaan daging kurban di kulkas jadi terbuang sia-sia karena Anda membuat beberapa kesalahan dalam proses penyimpanan dan pengolahannya. Oleh karena itu, demi menjaga kesegaran, rasa, serta kualitasnya, pastikan daging kurban selalu disimpan dan diolah secara tepat agar tetap lezat ketika waktunya dimasak nanti.

 

Lihat Artikel Lainnya:

1. 5 Makanan Khas Idul Adha yang Cocok Dinikmati Bersama Keluarga
2. 6 Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Membeli Daging Sapi yang Berkualitas
3. Rekomendasi Makanan Lebaran Khas Indonesia yang Cocok Disantap Bersama Keluarga

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp