Tips Mudah Hilangkan Bau Amis Saat Mengolah Daging Kurban Dengan 5 Bahan Alami Ini

11/07/2022

Idul Adha menjadi momen yang sakral bagi umat Islam untuk memperingati peristiwa kurban dengan menyembelih daging kurban, baik itu daging sapi maupun kambing, dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah. Pada hari tersebut, biasanya daging kurban yang dihasilkan dari prosesi penyembelihan hewan akan dibagi-bagikan ke banyak orang, sehingga tidak mengherankan apabila stok daging di kulkas jadi melimpah.

 

Kendati demikian, daging mentah yang belum dimasak biasanya seringkali mengeluarkan bau amis. Meskipun baunya tidak begitu menyengat, namun bagi sebagian orang yang memiliki indra penciuman sensitif hal ini cukup mengganggu. Nah, jika Anda ingin mencari tahu tips mudah untuk menghilangkan bau amis saat mengolah daging kurban, Anda bisa menambahkan beberapa bahan alami berikut ini.

 

5 Tips Menghilangkan Bau Amis Daging Kurban

 

1. Garam

Menaburi garam pada permukaan daging kurban punya banyak manfaat sekaligus, yaitu menetralkan bau amis, membuat rasanya jadi semakin gurih, serta menghasilkan tekstur yang lebih juicy dan nikmat saat disantap. Selain itu, garam merupakan bahan alami penghilang bau amis yang paling mudah ditemukan karena hampir selalu tersedia di dapur. Langkahnya adalah taburi garam secara merata pada seluruh permukaan daging, kemudian cukup diamkan selama sekitar 45 menit di dalam kulkas. Namun perlu diingat agar daging tidak keasinan, pastikan Anda hanya membaluri garam secukupnya.

 

2. Cuka

Jika Anda punya persediaan cuka di dapur, Anda bisa memarinasi daging kurban dengan dua sendok cuka sebelum diolah. Kemudian simpan daging di dalam kulkas pada wadah atau mangkuk tertutup dan diamkan selama sekitar satu jam. Memarinasi daging dengan cairan cuka tidak hanya berguna untuk menghilangkan bau amisnya saja, tapi di lain sisi juga dapat membuat tekstur daging jadi lebih lembut dan lezat ketika dimasak.

 

3. Jeruk Nipis

Bahan alami lainnya yang bagus untuk menghilangkan aroma amis daging kurban adalah perasan jeruk nipis. Caranya buat bahan marinasi dengan mencampurkan perasan jeruk nipis, minyak, dan bumbu atau rempah-rempah secukupnya ke dalam mangkuk, lalu baluri seluruh permukaan daging sampai merata. Tutup mangkuk dan diamkan di dalam kulkas selama dua sampai dengan enam jam. Selain bebas bau amis, perasaan jeruk nipis juga dapat meningkatkan kelezatan daging dan membuatnya menjadi lebih empuk.

 

4. Jahe

Ternyata orang China seringkali menambahkan jahe dalam rebusan ikan atau daging guna menetralisir bau amis yang terlalu kuat. Ada dua cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau amis daging kurban dengan menggunakan bahan alami ini. Pertama Anda dapat menaburi parutan jahe pada permukaan daging secara merata sebelum dimasak, atau yang kedua memasukkan sedikit irisan jahe pada bumbu atau kuah daging ketika sedang dimasak.

 

5. Daun Jeruk

Daun jeruk adalah bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging kurban sekaligus meningkatkan cita rasanya. Saat sedang dimasak, Anda bisa menambahkan satu atau dua lembar daun jeruk pada bumbu daging, kemudian aduk sampai tercampur sempurna. Dijamin olahan daging kurban akan terasa lebih sedap, aromatik, dan terbebas dari bau amis.

 

Normalnya sedikit bau amis pada daging mentah bukanlah sesuatu yang harus Anda khawatirkan, karena selama aroma yang dikeluarkan tidak menyengat atau berbau busuk, maka daging kurban tetap aman untuk dikonsumsi. Namun jika Anda merasa terganggu dengan bau tersebut, Anda bisa menambahkan beberapa bahan alami yang sudah disebutkan di atas untuk menetralkannya ketika mengolah daging kurban.

 

Lihat Artikel Lainnya:

1. 5 Tips Untuk Masak Menu Buka Puasa dan Sahur Agar Jadi Lebih Praktis
2. Rekomendasi Makanan Lebaran Khas Indonesia yang Cocok Disantap Bersama Keluarga
3. 6 Makanan Tradisional Khas Indonesia Dari Beragam Provinsi

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp