JAJANBIKE.CC

Tips Sepedaan
Seru Waktu
New Normal

Dengan masa transisi atau fase new normal yang diterapkan di Indonesia, kita bisa ngeliat banyak orang mulai aktif bersepeda untuk menghabiskan waktu di luar rumah ga sih, gaes? Bahkan, ada lho toko sepeda mengaku produknya habis diborong orang-orang yang ingin beraktivitas di luar rumah maupun mengurangi penggunaan transportasi umum di fase new normal gini.

Walaupun bersepeda dianggap lebih aman dibandingkan moda transportasi umum lainnya, bukan berarti lo bebas melakukannya tanpa menerapkan protokol kesehatan, lho.

Yuk simak tips dari Sasa dan JBCC seputar yang harus lo perhatikan saat bersepeda selama masa transisi supaya tetep aman.

  1. Hindari kerumunan
    Salah satu keunggulan bersepeda adalah minimnya kontak fisik dengan orang lain. Meski begitu, virus dan bakteri masih bisa menyebar lewat udara. Sebaiknya nih, kita tetep hindari kerumunan dan pilih rute yang nggak terlalu ramai. Kalau lo mau gowes bareng geng sepeda lo, pastikan melakukannya dalam kelompok kecil aja dan tetap jaga jarak aman.
  2. Selalu pake masker
    Penggunaan masker itu penting banget lho selama pandemi! Soalnya, masker yang menutupi hidung dan mulut bisa mencegah penularan virus lewat droplet dan mencegah lo menyentuh wajah dengan tangan kotor. Selain itu, masker juga bisa melindungi lo dari polusi udara di jalanan kota yang padat dengan kendaraan bermotor. Selain itu, lo bisa juga siapin masker cadangan buat ganti masker yang kotor dan basah karena keringat.
  3. Lindungi diri dengan perlengkapan yang sesuai
    Selain menjaga kebersihan, lo juga menjaga keselamatan selama bersepeda dengan perlengkapan yang sesuai. Pastikan untuk selalu menggunakan helm demi keamanan ya! Lo juga bisa menggunakan kacamata untuk mencegah debu, polusi, maupun virus masuk ke mata. Kalau bersepeda malam hari, pastikan terdapat lampu sepeda supaya semakin aman, ya.
  4. Bawa peralatan makan sendiri
    Siapa yang suka gowes bareng teman-teman buat nyari jajanan? Nggak ada salahnya mampir sebentar untuk mencicipi jajanan setelah bersepeda, tapi jangan lupa untuk tetap jaga kebersihan ya! Salah satu caranya adalah membawa peralatan makan sendiri seperti kotak makan, sendok, hingga botol minum. Dengan begini, lo sudah mengurangi kontak fisik dan menjaga makanan tetap higienis.
  5. Rutin bersihkan sepeda
    Menurut beberapa penelitian, virus dan bakteri bisa menempel pada permukaan hingga beberapa hari lho. Untuk memastikan lo nggak membawa pulang penyakit, jangan lupa untuk membersihkan sepeda secara rutin setelah digunakan yah! Bersihkan sepeda secara menyeluruh menggunakan disinfektan, terutama di bagian yang sering disentuh.

Itu dia tipsnya untuk lo yang ingin bersepeda di fase new normal. Siap gowes dengan aman dan nyaman? Selalu jaga kesehatan dan kebersihan ya! Jangan sampai bersepeda dengan niat berolahraga, malah bawa pulang penyakit untuk diri sendiri dan keluarga.

Jangan lupa juga untuk stay tuned terus di sini untuk ikuti keseruan JBCC gowes cari makanan autentik di sekitar kita ya!