5 Makanan
Yang Bikin
Kuat Sepedahan!

Beberapa waktu belakangan ini, kegiatan gowes lagi banyak dilakukan sama temen-temen di sekitar kita. Selain jadi konten yang asik, sepedahan juga jadi salah satu cara buat jaga kesehatan nih, Genks.

Tapi bagi sebagian orang, gowes pagi gitu kadang mesti ngelawan rasa mager dan ngantuk. Nah, kali ini Sasa punya rekomendasi makanan buat lo yang mulai rajin gowes pagi biar mata ga terlalu berasa ngantuk. 

Makanan-makanan apa aja sih yang cocok buat gowes pagi kita? Simak penjelasannya di bawah yuk!

1. Buah Pisang
Buah pisang selalu ada di dalam daftar makanan sehat. Rata-rata satu buah pisang mengandung sekitar 85 hingga 100 kalori dan 2,5 mg karbohidrat. Dua jenis nutrisi ini saja sudah cukup untuk menggantikan peran makanan pokok, seperti nasi, sebagai suplemen penghasil energi.

2. Oatmeal
Orang Indonesia kebanyakan mengenal oat dalam bentuk sereal instan yang terbuat dari gandum. Oat mengandung karbohidrat kompleks dengan banyak manfaat dan bisa langsung dimakan tanpa diolah. Seratnya cukup tinggi, sehingga baik bagi kesehatan jantung dan diet. 

3. Roti Putih & Roti Gandum
Kedua jenis roti ini sama-sama bagus untuk dikonsumsi sebelum bersepeda karena keduanya mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, meskipun roti putih punya lebih banyak. Kalo roti gandum dinilai lebih menyehatkan daripada roti putih nih gaes, karena roti gandum memiliki kadar serat lebih tinggi, sehingga kamu akan merasa kenyang dalam waktu lebih lama. Untuk mengkonsumsinya, kamu bisa lumuri dengan selai buah atau madu sesuai selera. 

4. Buah Alpukat
Buah alpukat bakal memberikan rasa kenyang secara instan. Ini terjadi karena di dalamnya terdapat protein lengkap dalam jumlah cukup untuk memenuhi kebutuhanmu saat bersepeda.  Buah alpukat juga memiliki zat anti inflamasi yang dapat mencegah risiko gangguan pada tulang.

5. Putih Telur
Bukan seluruh bagian dari telur yang dimaksud di sini, melainkan putih telurnya saja. Mengkonsumsi kuning telur pada saat sarapan bisa membuat perut kembung dan tubuh lesu. Berbeda dengan putih telur yang gak mengandung lemak dan memiliki kadar protein hingga 4 gram untuk mengisi bahan bakar tubuhmu.

Dari 5 pilihan makanan di atas, mana nih yang jadi sarapan bikinan sendiri favoritmu?