JAJANBIKE.CC

Ini Dia
5 Tempat
Jajan Legendaris
di Cikini
yang Wajib
Lo Coba!

Jakarta sebagai ibukota tentunya punya ratusan tempat yang legendaris dan memiliki catatan sejarah. Salah satu daerah yang cukup legendaris adalah daerah Cikini yang berada di Jakarta Pusat. Cikini bisa dibilang bersejarah dilihat dari gedung-gedung dan taman yang dibangun di sekitar daerah tersebut. Nggak mau ketinggalan, Cikini juga cukup terkenal dengan beberapa tempat makan yang sudah berusia puluhan tahun lho!

Buat lo yang masih nyari spot kuliner untuk didatangi di weekend nanti, ini dia 5 tempat jajan legendaris di daerah Cikini yang wajib lo coba!

  1. Bubur Ayam Cikini H.R. Suleman
    Capek sehabis gowes pagi-pagi, biasanya makin lengkap kalau dilanjutkan dengan makan bubur. Pas banget nih, di daerah Cikini ada kedai bubur legendaris yang sudah ada sejak tahun 1960-an! Bubur Ayam Cikini H.R. Suleman ini menjajakan bubur yang terinspirasi dari cita rasa bubur Cina yang tentunya sudah disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Menggunakan ayam kampung, kaldu ayam, emping, kuning telur, dan tongcai, nggak heran kalo Bubur Cikini jadi pilihan banyak orang hingga kini.
  2. Nasi Uduk Gondangdia
    Selain bubur, salah satu menu wajib sarapan orang Indonesia adalah nasi uduk, lengkap dengan lauk ayam goreng hingga sate ati ampela supaya kenyang sampai siang. Siapa yang setuju? Kalau iya, jangan lupa mampir ke Nasi Uduk Gondangdia yang berlokasi di bawah rel kereta api arah Cikini-Gondangdia. Beroperasi sejak awal tahun 90-an, kedai nasi uduk ini menyajikan beragam lauk yang sudah dimasak setengah matang dan siap digoreng sebelum dinikmati. Dengan nasi uduk yang pulen dan gurih, serta pilihan sambal yang sedap, kayaknya lo nggak bisa deh melewatkan Nasi Uduk Gondangdia begitu aja.
  3. Gado-gado Bonbin
    Kalau mau cari makanan yang sehat, jangan lupa mampir ke Gado-gado Bonbin. Nama bonbin berasal dari Jalan Bonbin yang dulunya merupakan nama jalan sebelum diganti menjadi Jalan Cikini. Dirintis sejak tahun 1960-an, kabarnya resep bumbu Gado-gado Bonbin ini sempat ditawar hingga puluhan juta rupiah loh! Bumbu gado-gado di tempat makan ini memang ciri khas yang menjadikan hidangannya legendaris hingga kini.
    Nah, Gado-gado Bonbin juga sudah pernah didatangi oleh JBCC di episode pertama nih. Buat yang penasaran tentang tempat makan legendaris ini, jangan lupa buat tonton liputan JBCC episode 1 ya!
  4. Soto Betawi H. Ma’ruf
    Kulineran di Jakarta nggak lengkap kalau nggak mencicipi makanan khas Jakarta juga kan? Cobain deh mampir ke Soto Betawi H. Ma’ruf. Katanya, usaha ini sudah dirintis sejak tahun 1940-an walaupun masih menggunakan gerobak. Setelah beberapa kali pindah lokasi, Soto Betawi H. Ma’ruf pertama kali dibuka di daerah Cikini pada tahun 1980-an. Selain bersejarah, tempat makan ini juga menyajikan beragam kuliner asal Jakarta seperti Soto Betawi dan Laksa Betawi. Cocok buat lo yang ingin mencoba kuliner Betawi dengan cita rasa yang khas.
  5. Pempek Megaria
    Kalau lo nggak mau makanan berat dan cuma ingin nyari cemilan, di Cikini juga ada tempat makan yang menjual pempek legendaris di Jakarta. Namanya Pempek Megaria. Disebut Megaria karena dulunya merupakan Bioskop Megaria yang sudah diubah menjadi kawasan Metropole. Dibangun sejak tahun 1989, Pempek Megaria terkenal karena cita rasa yang khas banget! Ternyata, resepnya memang asli dari Palembang loh. Pemiliknya tetap mempertahankan resep dan bahan baku yang berkualitas untuk menciptakan rasa yang lezat dan otentik.

Dari 5 tempat jajanan legendaris ini, mana yang paling tertarik lo cobain nih? Jangan lupa pantengin terus episode JBCC yang akan datang ya! Masih banyak tempat jajan menarik lainnya yang akan kita kunjungi dan rekomendasikan ke kalian semua.