Tips
& Trik
28/08/2023

Cara Membuat Minyak dari Kulit Ayam Sehat, Bisa Buat Mpasi

minyak ayam

Paha dan dada biasanya jadi bagian favorit saat makan ayam, tapi kulit ayam juga tak kalah banyak penggemarnya, lho. Kulit ayam sering dijadikan camilan, bahkan lauk pendamping nasi. Di samping itu, kulit ayam bisa diekstrak minyaknya untuk dijadikan umami. Penasaran, ‘kan, gimana cara membuat minyak dari kulit ayam?

 

Minyak Dari Kulit Ayam Apakah Sehat?

 

Kulit ayam adalah bagian dari ayam yang mengandung banyak lemak. Makanya, kulit ayam mengandung minyak yang biasa dimanfaatkan untuk umami atau menambah rasa gurih pada masakan. Bahkan, minyak kulit ayam biasa dijadikan tambahan asupan lemak pada MPASI, lho. Aman gak, ya? Dengan takaran yang sesuai, minyak ayam tidak akan membahayakan kesehatan, khususnya pada bayi. Minyak ayam untuk MPASI mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, dengan menambah minyak kulit ayam pada MPASI, tidak perlu lagi menambah garam, karena minyak ayam sendiri sudah gurih. Minyak dari kulit ayam untuk MPASI juga berfungsi sebagai asupan protein hewani yang dapat memberikan rasa kenyang. Cocok, nih, untuk Sasa Genks yang lagi cari bahan MPASI yang simpel tapi gizinya tetap seimbang.

 

Cara Membuat Minyak dari Kulit Ayam

 

Sudah tidak ragu lagi mau pakai minyak ayam pada MPASI? Sekarang saatnya Sasa kasih tahu cara memasak kulit ayam untuk diambil minyaknya. Seperti resep masak kulit ayam pada umumnya, pertama-tama kamu harus siapkan dulu kulit ayam sekitar 500gr dan penggorengan yang anti lengket, ya. Kalau sudah, simak langkah-langkah berikut:

  1. Masukan kulit ayam yang sudah dicuci bersih ke dalam penggorengan, teflon, atau cast iron pan anti lengket
  2. Nyalakan kompor, lalu masak kulit ayam menggunakan api kecil, tunggu sampai beberapa menit sambil sesekali diaduk agar minyak keluar dari kulit ayam
  3. Ulang proses di poin 2 sampai kulit ayam berwarna kecoklatan
  4. Saat proses mengeluarkan minyak dari kulit, coba juga untuk bolak balik kulit ayam sambil ditekan secukupnya agar minyak makin banyak yang terekstrak.
  5. Supaya minyak ayam lebih wangi, Sasa Genks bisa pakai bawang bombai. Iris bawang bombai lalu masukan saat kulit ayam sudah mengeluarkan minyaknya.
  6. Lanjutkan ekstraksi kulit ayam sampai semua kulit terlihat coklat keemasan dan garing. Matikan api kompor
  7. Diamkan kulit ayam sampai dingin, lalu saring minyak ke wadah
  8. Jika ingin disimpan, pastikan gunakan stoples kaca yang kedap udara.

Gimana, Sasa Genks, gak sulit, ‘kan, resep minyak ayam di atas? Yuk, saatnya kita berkreasi dengan minyak dari kulit ayam ini. Kali ini, Sasa akan membagikan resep MPASI dari minyak kulit ayam dengan produk Sasa yang bakal jadi combo umami dan pastinya sehat!

 

Resep Masak MPASI dengan Minyak Kulit Ayam

 

MPASI berguna untuk membiasakan bayi belajar makan. Dilansir The Asian Parent, Ikatan Dokter Anak Indonesia memberi rekomendasi agar MPASI terdiri dari komponen yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati dan sayur. Tambahan lemak juga dibolehkan, seperti mentega, minyak zaitun dan minyak kulit ayam. Nah, langsung saja kita coba resep Bubur Beras Ikan Kembung dengan minyak kulit ayam berikut!

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung beras
  • 1 potong fillet ikan kembung
  • 180ml air putih
  • Potongan bayam secukupnya
  • Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam secukupnya
  • Minyak kulit ayam secukupnya

Cara membuat:

  1. Lumatkan ikan kembung fillet, pastikan durinya sudah dipisah
  2. Masukan ikan kembung bersama tepung beras, Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam dan air ke dalam slow cooker, lalu masak selama 3 jam
  3. Di tengah proses memasak, masukan potongan bayam, lalu lanjutkan kembali proses masak
  4. Setelah matang, tambahkan minyak kulit ayam secukupnya. MPASI siap disajikan.

 

Gurih dari minyak kulit ayam, Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam dan ikan kembung bikin MPASI sehat dan penuh umami yang pasti disukai buah hati. Siap untuk recook? Mau coba kreasi resep MPASI lainnya? Untuk inspirasi memasak yang lebih banyak lagi, kunjungi http://sasa.co.id/kreasisasa yaa!

 

Baca juga: Resep MPASI anti ribet

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp