Tips
& Trik

12/04/2021

Cara Membuat Cuko Palembang untuk Pempek yang Otentik!

Hayoo, siapa di antara SasaGenk yang suka makan pempek? Makanan khas Palembang ini emang punya cita rasa gurih, pedas, dan legit yang enak lho! 

Pempek adalah hidangan yang terbuat dari bahan utama daging ikan, bisa ikan kakap putih, tenggiri, atau ikan gabus. Sebagai pelengkapnya, pempek biasanya wajib banget dimakan bareng cuko, kuah asam kental dan pekat yang jadi pendamping pempek. Gimana sih caranya buat cuko yang enak? Yuk, ikuti caranya di bawah ini, SasaGenk! 

1. Perbandingan Gula Merah dan Air

Nah SasaGenk, bahan utama yang harus disiapkan untuk membuat kuah cuko adalah gula merah. Kalau SasaGenk ingin cuko yang nikmat dan nggak terlalu encer, maka perbandingan bahan sangat perlu untuk diperhatikan lho! Pakailah gula merah dan air dengan perbandingan 1:1, karena perbandingan ini akan membuat kuah cuko menjadi kental, pekat, legit, dan pastinya juga memiliki rasa yang nikmat.

2.  Gunakan Gula Merah Gelap 

Ketika membuat kuah cuko, jangan gunakan gula merah sembarangan ya SasaGenk! Soalnya ini penting banget biar cukonya legit dan nikmat. Selalu gunakan gula merah dengan warna gelap ya. Nggak cuma itu, agar menjadi kental dan pekat jangan sekali-kali mencampurkannya dengan kecap atau bahan lainnya ya!

3. Campurkan Ebi Sangrai

SasaGenk juga bisa menambahkan ebi yang sudah disangrai di kuah cuko lho! Ebi ini akan membuat rasanya lebih legit dan otentik. Eits, tapi jangan sekali-kali ganti bahan ini pakai terasi ya! Meski terbuat dari bahan dasar yang sama yaitu udang, tapi rasa cuko bakal jadi beda banget. 

4. Gunakan Bawang Putih Cukup Banyak

Tips lain supaya kuah cuko pempek jadi lebih nikmat adalah dengan menambahkan bawang putih. Bawang putih akan memberi aroma tersendiri dan kuah cuko akan menjadi lebih otentik. Gunakan bawang putih dengan porsi yang cukup banyak saat membuat cuko ya SasaGenk. Soalnya, cuko Palembang yang otentik memang terasa sekali aroma bawang putihnya. 

5. Gunakan Asem Jawa dan Cuka

Perlu SasaGenk tahu cuko pempek yang enak harus diberi tambahan asem jawa dan cuka. Ingat juga kalau kedua bahan ini harus ada. Kalau cuma salah satu aja, cuko Palembang yang otentik bakal gagal dibuat lho! Kombinasi dua bahan ini dijamin bikin cuko pempek jadi legit dan lebih nikmat.

6. Tambahkan Tongcai

SasaGenk pernah dengar tentang tongcai? Jadi, tongcai adalah asinan yang terbuat dari lobak. Nah, bahan ini sering dijumpai pada masakan Chinese. Agar kuah cuko pempek memiliki rasa yang nikmat, bahan ini wajib untuk ditambahkan ya. Cara menambahkannya pun sangat mudah. Kalian cukup giling halus bahan ini bersama ebi yang sudah di sangrai, setelah itu tambahkan ke dalam gula aren cuko! Gampang banget kan?

7. Perhatikan Waktu Masak

Nggak cuma dari campuran bahan, waktu buat memasak cuko Palembang juga perlu kalian perhatikan lho! Soalnya, waktu memasak ini akan berpengaruh sekali di cuko Palembang yang SasaGenk buat. Jangan buru-buru mengangkat dan menyajikan cuko. Sebab, cuko Palembang yang legit cuma bisa diperoleh dari waktu masak yang cukup lama. Sekitar 1 jam, baru cuko bisa SasaGenk sajikan! 

Nah itulah 7 cara membuat cuko Palembang pempek yang nikmat dan otentik yang bisa SasaGenk terapkan di rumah. 

Selamat mencoba SasaGenk!