Tips
& Trik
21/03/2022

Tips Merebus Telur Sesuai Tingkat Kematangan yang Diinginkan

tips merebus telur sesuai tingkat kematangan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat merebus telur adalah memahami bahwa kuning telur matang di suhu yang lebih rendah dari pada putih telur. Titik kematangan kuning telur adalah sekitar 70° C, sementara titik kematangan putih telur berada di 80° C. Namun dikarenakan sumber panas, atau dalam hal ini adalah air mendidih, berada di luar telur, maka telur akan matang dari bagian terluarnya terlebih dahulu, baru kemudian ke bagian dalamnya.

Nah, yang sering menjadi masalah saat membuat telur rebus adalah suhu air mendidih yang jauh lebih panas dari pada suhu kematangan telur, sehingga sering membuat banyak orang kesulitan untuk menentukan hasil kematangan yang diinginkan berdasarkan selera mereka. Selain perhitungan waktu yang tidak tepat, ada juga beberapa faktor lainnya yang dapat mempengaruhi tingkat kematangan telur yang Anda rebus.

Jika Anda ingin membuat telur rebus yang sempurna berdasarkan tingkat kematangan yang diinginkan, ada baiknya jika Anda membaca panduan berikut ini.

Panduan Waktu Memasak Telur Rebus

Berikut ini adalah durasi memasak telur rebus berdasarkan tingkat kematangan yang berbeda. Perhitungan waktu ini dimulai dari saat air mulai mendidih hingga Anda mengangkat telur dari dalam panci.

  • 2 menit: Putih telur belum sepenuhnya matang, sementara kuning telur masih benar-benar mentah.
  • 4 menit: Putih telur sudah sepenuhnya matang, sementara kuning telur masih memiliki tekstur yang berair.
  • 6 menit: Putih telur sudah sepenuhnya matang, sementara bagian luar kuning telur sudah mulai memadat dan bagian dalamnya masih berair.
  • 8 menit: Putih telur sudah sepenuhnya matang, sementara kuning telur sudah matang dengan tekstur yang sedikit lembek.
  • 10 menit: Putih dan kuning telur sama-sama sudah matang sepenuhnya dengan tekstur yang padat.

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Kematangan Telur

Terlepas dari durasi waktu yang sudah disebutkan sebelumnya, perlu Anda ingat bahwa masih ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kematangan telur rebus, sehingga hasil akhirnya mungkin tidak selalu sesuai dengan perhitungan di atas. Berikut ini adalah beberapa faktor yang pelu Anda perhatikan.

  1. Suhu awal telur: Normalnya, telur yang disimpan di kulkas akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk matang dari pada telur yang disimpan di suhu ruangan.
  2. Ukuran telur: Semakin besar ukuran telur, maka akan semakin lama pula waktu yang Anda butuhkan untuk mencapai tingkat kematangan yang sempurna saat merebusnya.
  3. Rasio telur dan air: Menggunakan air yang terlalu banyak dapat membuat telur matang terlalu cepat, sementara menggunakan air yang terlalu sedikit dapat membuat titik kematangan telur jadi tidak merata. Idealnya, volume air harus berada sekitar satu inchi di atas permukaan telur.

Untuk menghindari telur yang terlalu matang, pastikan Anda segera memindahkan telur yang sudah direbus ke dalam air dingin atau air es. Ini dikarenakan meskipun kompor sudah dimatikan, air yang ada di dalam panci dapat mentransfer panas ke telur, sehingga sangat mungkin untuk merusak tingkat kematangan telur yang sudah Anda sesuaikan sebelumnya.

Selain itu ketika akan merebus telur dengan ukuran yang lebih besar, Anda mungkin membutuhkan tambahan waktu sekitar satu menit dari yang disarankan sebelumnya demi mencapai tingkat kematangan yang diinginkan. Bagaimanapun perhitungan di atas bukanlah aturan baku, melainkan hanya panduan saja yang bisa dijadikan sebagai patokan untuk mengukur tingkat kematangan telur berdasarkan selera Anda.

Nah, sekarang Anda sudah tahu tips merebus telur sesuai dengan tingkat kematangannya, ingin tahu tips dan trik lainnya? Temukan berbagai artikel menarik lain hanya di Sasa.

Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp