Tips
& Trik
26/05/2023

Resep Sayur Bening, Simpel Tapi Sehat dan Cocok untuk Tiap Masakan

cara membuat sayur bening

Sayur bening sering jadi pendamping lauk utama pada masakan Indonesia, karena cara memasaknya mudah dan sayur tidak banyak diolah sehingga nutrisi sayur bening masih terjaga. Siapa, nih, Sasa Genks yang harus masak sayur bening setiap hari? Yuk, kita bahas resep sayur bening sehat yang cocok untuk pendamping tiap masakan!

 

Sayur bening merupakan salah satu jenis masakan yang cukup populer di Indonesia. Masakan ini terkenal dengan rasa segar, lezat, dan sehat. Sayur bening biasanya terdiri dari berbagai jenis sayuran yang direbus dengan air, tanpa menggunakan bumbu yang terlalu banyak, sehingga rasanya cukup ringan dan segar. Sayur bening juga bisa dijadikan pelengkap untuk berbagai jenis masakan, seperti nasi goreng, sate, ayam goreng, dan masih banyak lagi.

 

Cara Membuat Sayur Bayam Enak 

 

Yuk, kita langsung praktekan resep masak sayur bening yang simpel dan sehat, serta cocok untuk tiap masakan berikut. Kali ini kamu bisa coba resep sayur bayam bening yang ditambahkan potongan wortel dan daun bawang supaya nutrisi pada sayur bening kamu makin beragam!

Bahan-bahan:

  • 2 buah wortel, potong-potong sesuai selera
  • 1 ikat bayam, siangi dan cuci bersih
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 liter air
  • Garam secukupnya
  • Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam secukupnya

Cara membuat sayur bening:

  1. Rebus air hingga mendidih.
  2. Masukkan wortel ke dalam air rebusan, rebus hingga setengah matang.
  3. Tambahkan daun bawang dan bayam ke dalam air rebusan, rebus hingga semua bahan matang.
  4. Tambahkan garam dan Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam secukupnya, aduk rata.
  5. Angkat sayur bening dan sajikan selagi hangat.

 

Tips:

  • Pilihlah sayuran segar dan bersih untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai informasi, sayur yang belum dibersihkan (masih terdapat sisa-sisa lumpur atau tanah) ternyata lebih segar ketimbang sayur yang sudah dibersihkan, karena sayur tersebut belum mengalami proses apapun.
  • Gunakan Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam sebagai penambah rasa yang praktis sebagai bahan dasar masakan.
  • Jangan terlalu lama merebus sayur bening agar sayuran tetap terasa segar dan kandungan nutrisinya tetap terjaga.

 

Manfaat mengonsumsi sayur bening

 

  • Dengan mengonsumsi sayur bening secara teratur, tentu akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, seperti membantu menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memberikan asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.
  • Pada resep sayur sop bening di atas, semangkuk sayur sop bening bayam wortel kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, zat besi, kalsium dan serat dari bayam.
  • Wortel juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, magnesium dan zat besi. Selain itu, wortel juga antioksidan yang baik karena kandungan beta-karoten dan lutein.
  • Sudah mudah, kaya nutrisi dan juga cocok untuk pendamping sebagian besar menu lauk rumahan, pantas saja sayur bening jadi populer dan sering di-recook. Membuat sayur bening juga memungkinkan untuk mengontrol jumlah garam sehingga cocok untuk orang yang sedang diet rendah sodium dengan mengontrol asupan garam hariannya.

 

Biasanya bahan sayur yang digunakan adalah sayur bayam dengan tambahan jagung dan potongan tomat. Namun, selain bayam, kamu bisa pakai daun kelor, daun katuk, kangkung, daun singkong, sawi hijau, sawi putih, daun kacang, oyong, labu siam hingga kacang panjang! Kreasikan saja sesuka kamu ya, Sasa Genks! Pokoknya tetap perhatikan tipsnya.

 

Lebih mudah dan praktis lagi dengan memasak sayur bening menggunakan Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam agar rasa sayur sop bening lebih mantap, karena Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam dibuat dari ekstrak daging ayam asli terbaik dan rempah pilihan. Biarpun simpel, sayur bening tetap bercita rasa next level! Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam juga cocok dipakai untuk aneka masakan tumisan dan juga sebagai bumbu tabur, lho. Masak apapun dijamin lezat dan aromanya menggugah selera!

 

Selamat memasak, Sasa Genks! Oh iya, setelah memasak sayur bening bayam, pastikan untuk menghindari pemanasan berulang, ya. Soalnya bayam yang dipanaskan terus-menerus dapat mengoksidasi kandungan zat besi di dalamnya dan malah beracun. Masaklah sayur bening bayam wortel secukupnya, ya. Seperti yang sudah disebutkan, sayur bening biasanya jadi pelengkap berbagai jenis masakan. Nah, coba deh Sasa Genks recook resep Ayam Bumbu Parape ini setelah mencoba resep sayur bening di atas. Wah, gurih kecap manis pada ayam bertemu dengan segarnya sayur bening, bikin makan siang di rumah saja jadi lebih nikmat!

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp