Tips
& Trik
18/04/2023

Resep Ceker Pedas ala Resto, Cocok Buat Camilan Nonton Bola

cara membuat ceker pedas

Sasa Genks, siapa yang suka makan ayam? Berbagai menu olahan ayam, termasuk olahan ceker ayam, banyak ditemui dan jadi daily food untuk sebagian besar masyarakat Indonesia, mulai dari lauk untuk makan nasi, topping untuk makan bakso dan seblak, sampai untuk camilan. Nah, kali ini, Sasa mau sharing resep ceker pedas yang cocok buat camilan nonton bola dan suasana santai lainnya!

 

Cara Mengolah Ceker Ayam Agar Empuk

 

Ceker ayam adalah bagian dari kaki ayam yang sering juga diolah sebagai lauk, topping makanan dan cemilan. Karena memiliki kandungan kolagen yang cukup tinggi, ceker ayam seringkali sulit untuk diolah hingga empuk. Tapi tenang saja, dengan beberapa tips dan trik, Sasa Genks bisa mengolah ceker ayam agar empuk serasa tanpa tulang. Yuk, simak cara mengolah ceker ayam supaya kamu juga bisa memasak olahan ceker ayam bertulang lembut seperti di resto:

1. Pilih Ceker Ayam yang Segar dan Berkualitas

Pilih ceker ayam yang masih segar dan berkualitas baik. Pastikan tidak ada bekas luka atau kotoran yang menempel pada ceker ayam supaya memudahkan proses pengolahan dan membuat hasil akhirnya juga lebih maksimal dari segi penampilan.

2. Rendam Ceker Ayam dalam Air Dingin

Sebelum dimasak, rendam ceker ayam dalam air dingin selama kurang lebih 30 menit. Hal ini bertujuan untuk membuat pori-pori pada ceker ayam terbuka sehingga bumbu bisa meresap lebih baik.

3. Rebus Ceker Ayam dengan Air Mendidih

Setelah direndam dalam air dingin, rebus ceker ayam dengan air mendidih selama kurang lebih 10-15 menit. Setelah itu, angkat dan buang airnya.

4. Kukus Ceker Ayam

Setelah direbus, kukus ceker ayam selama kurang lebih 30 menit. Hal ini bertujuan untuk mematangkan daging dan mengeluarkan lemak dari ceker ayam sehingga teksturnya lebih empuk. Setelah tahap ini, ceker ayam sebenarnya sudah siap diolah dengan beragam kreasi ceker favorit kamu, Sasa Genks.

Itulah cara mengolah ceker ayam agar empuk serasa tanpa tulang, supaya Sasa Genks bisa mendapatkan ceker ayam yang empuk dan lezat untuk dimasak dan dijadikan cemilan dengan resep ceker pedas di bawah ini!

 

Cara Mengolah Ceker Ayam Tanpa Tulang

 

Selain dengan melunakan tulangnya, Sasa Genks juga bisa membuang tulang ceker agar bisa memasak ceker pedas tanpa tulang sebagai camilan yang enak dan praktis tanpa terganggu tulang-tulangnya! Simak cara mudah memisahkan tulang ceker dari dagingnya berikut ini, ya:

1. Potong kuku pada ceker

Pertama, bersihkan kuku-kuku ceker dengan mencucinya menggunakan air dan menyiramnya dari bagian atas

2. Rebus ceker dengan daun salam

Setelah ceker ayam dicuci bersih, rebus ceker dengan daun salam dan serai selama sekitar 3 sampai 5 menit. Daun salam sendiri berguna untuk menghilangkan bau amis, lho.

3. Rendam ceker dan simpan di kulkas

Setelah ceker ayam direbus, tiriskan di wadah bersih dan rendam dengan air dingin, kemudian simpan wadah berisi ceker tersebut dalam kulkas sampai tekstur daging dan kulit ceker bertekstur kenyal memadat, supaya daging mudah dipisahkan dari tulangnya.

4. Buang bagian tulang dengan mengiris daging luar ceker

Setelah memastikan daging ceker kenyal dan lebih stabil, buatlah irisan-irisan memanjang pada daging ceker, lalu belah irisan-irisan tersebut dan cabuti tulang-tulang di dalamnya dengan pinset atau tang khusus makanan.

Nah, ceker ayam tanpa tulang sudah siap, deh, untuk dikreasikan sesuai selera kamu! Selanjutnya simak cara membuat ceker pedas ala Sasa yang bisa kamu coba untuk jadi lauk makan maupun cemilan nonton bola.

 

Cara Membuat Ceker Pedas Ala Resto

 

Ceker mercon biasa dibuat untuk cemilan. Saat ini, banyak restoran atau pedagang makanan yang menyajikan ceker ayam dengan berbagai bumbu dan cara masak. Salah satu resep yang menjadi favorit di kalangan pecinta ceker ayam adalah resep masak ceker pedas atau ceker mercon ala resto. Selain enak, ceker pedas juga cocok dijadikan sebagai cemilan saat nonton bola bersama teman atau keluarga. Berikut adalah resep ceker pedas ala resto yang bisa kamu coba di rumah. Simak baik-baik ya, Sasa Genks!

Bahan-bahan:

  • 500 gram ceker ayam, cuci bersih
  • 5 buah cabai merah, iris tipis
  • 3 buah cabai rawit, iris tipis
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 cm jahe, memarkan
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 sendok makan  Sasa Saus Tomat
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula merah
  • 1/2 sdt Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam
  • 500 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Cara memasak ceker pedas:

  1. Rebus ceker ayam dalam air mendidih selama 10 menit, tiriskan dan buang airnya.
  2. Panaskan minyak goreng di dalam wajan dan tumis bawang putih, cabai merah, cabai rawit, daun salam, lengkuas, jahe, dan serai sampai harum.
  3. Masukkan ceker ayam ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu tumis.
  4. Tambahkan Sasa Saus Tomat, kecap manis, garam, gula merah, air, dan Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam. Aduk rata dan biarkan ceker ayam matang dan bumbu meresap.
  5. Masak hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam ceker ayam.
  6. Angkat dan sajikan ceker ayam pedas ala resto ini dengan taburan daun bawang dan seledri di atasnya.

 

Itulah resep masak ceker pedas ala resto yang bisa kamu coba di rumah. Rasanya yang pedas dan gurih cocok dijadikan sebagai cemilan saat nonton bola bersama teman atau keluarga. Selain ceker pedas mercon, Sasa Genks juga bisa coba resep Seblak Basah Ceker Ayam Bakso buat camilan pedas yang gak kalah lezat!

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp