Tips
& Trik
29/08/2023

Cara Membuat Kremes Renyah dan Mudah, Wajib Buat!

cara membuat ayam kremes

Wah, siapa, sih, yang bisa menolak kenikmatan sepiring nasi dan ayam goreng yang ditemani tekstur kremes yang gurih dan renyah? Sasa Genks pastinya juga fans si kremes ini, bukan? Tapi pernah gak kepikiran, kok, kremesan di warung makan rasanya lebih menggugah selera dibanding buatan sendiri di rumah yang kadang melempem, ya? Sasa Genks pernah mengalaminya? Nah, kali ini, Sasa mau bagikan tips dan resep cara membuat cara membuat kremes yang renyah dan lezat untuk melengkapi apapun hidangan kamu di rumah. Simak, ya!

 

Tips Membuat Kremes Renyah

Kremesan biasanya berbentuk seperti sarang semut yang terbuat dari olahan tepung yang digoreng dengan kering. Biasanya kremesan disajikan dengan ayam goreng, sehingga muncul menu bernama ayam goreng kremes. Kremes sendiri, seperti namanya, teksturnya berupa kremes atau renyah. Namun seperti gorengan pada umumnya, jika cara membuat kremesan kriuk ini asal, kremesan kamu jadi tidak renyah dan malah melempem. Pasti gak mau, dong, hasil kremes buatanmu fail? Yuk, baca tips cara membuat kremes di bawah ini dulu, ya, sebelum memasak.

 

1. Pemilihan tepung yang tepat

Memilih tepung yang cocok adalah kunci utama dalam menciptakan kremes yang renyah sempurna. Tepung terigu biasa atau tepung beras bisa menjadi pilihan. Keduanya bisa memberikan hasil yang renyah dan gurih. Coba, deh, Sasa Tepung Bumbu Serbaguna Original yang selain lezat dan bisa bikin gorengan krispi tahan lama, juga merupakan pertama dan satu-satunya tepung bumbu bervitamin di Indonesia, lho! Rasa lezat dan gurih dari kombinasi rempah-rempahnya, ditambah dengan fortifikasi zink, zat besi, vitamin B2 dan B9 serta serat pangan, bikin kremesan buatan kamu makin naik level! Sst, dengan Sasa Tepung Bumbu Serbaguna Original ini, kamu gak perlu tambahan bumbu lainnya saat menggoreng. Praktis dan hemat banget, 'kan?

 

2. Penggunaan bahan minyak yang tepat

Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng kremes juga mempengaruhi hasil akhirnya. Minyak dengan titik asap tinggi seperti minyak kelapa atau minyak jagung lebih cocok, karena dapat menciptakan renyah yang lebih tahan lama. Soalnya, minyak tersebut cepat panas, sehingga adonan bisa segera matang secara merata.

 

3. Perbandingan tepung dan air

Bahan membuat kremes memang simpel: tepung, air dan minyak. Namun, cara meramu konsistensinya yang perlu ketangkasan, Sasa Genks! Ketika membuat adonan kremes, pastikan kamu mencampurkan tepung dan air dalam perbandingan yang tepat. Usahakan adonan tidak terlalu kental atau terlalu encer. Konsistensi yang tepat akan menghasilkan lapisan kremes yang renyah dan merata.

 

5. Pemanasan minyak yang cukup

Sebelum menggoreng kremes, pastikan minyak dalam wajan sudah cukup panas, ya. Ini akan membantu kremes cepat mengembang dan menghasilkan tekstur renyah tanpa perlu terlalu lama direndam di minyak, yang bisa mengakibatkan kremesan kamu jadi menyerap terlalu banyak minyak dan kurang renyah.

 

Resep Kremesan dan Ayam Goreng Kremes

Pasti Sasa Genks sudah menanti-nanti resep kremesan atau cara membuat kremesan kriuk ala Sasa? Hehe, tenang, pasti dibagikan, kok! Tapi kali ini, Sasa bakal kasih bonus cara membuat ayam kremes juga! Soalnya ayam goreng kremes ini teman makan kremesan yang paling pas, apalagi disajikan dengan nasi putih pulen yang hangat dan sambal pedas, hmm! Langsung saja yuk simak resep ayam goreng kremes berikut serta cara membuat kremesan renyah dan gurih antifail!

Bahan-bahan:

Cara membuat ayam kremes:

  1. Persiapkan ayam terlebih dulu. Lumuri potongan ayam dengan Sasa Bumbu Lumur Ayam Spesial, garam dan merica. Diamkan beberapa saat agar bumbu meresap.
  2. Selagi proses marinasi ayam, buat adonan kremesan dengan cara campurkan Sasa Tepung Bumbu Serbaguna Original dengan air hingga membentuk adonan yang agak kental. Aduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.
  3. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tuang adonan kremesan sesuai kebutuhan. Pastikan api tidak terlalu besar agar kremes tidak gosong sebelum ayam matang.
  4. Jika kremesan sudah cukup dibuat, celup potongan ayam ke dalam adonan kremesan sisa tadi hingga terbalut merata.
  5. Gorengan potongan ayam yang sudah dibalut adonan sampai kecoklatan dan matang
  6. Angkat ayam goreng kremes dan tiriskan minyak berlebih.
  7. Ayam goreng kremes siap disajikan dengan nasi, sambal dan kremesan buatanmu!

 

Nah, Sasa Genks, itulah cara membuat kremes renyah tahan lama dan mudah, serta bonus resep ayam goreng kremes yang gak kalah renyah dan lezat. Dengan mengikuti tips di atas dan langkah-langkah resep dari Sasa tadi, kamu bakal bisa menikmati kremesan yang renyah dan gurih seperti di warung-warung makan. Hehe, no more kremesan melempem, deh! Selamat mencoba, Sasa Genks! Mau cari inspirasi menu lain pendamping kremesan kamu? Cek di Kreasi Sasa, ya!

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp