Tips
& Trik
14/12/2023

Resep Cumi Saus Tiram Paling Lezat, Ide Makan Siang Enak

resep cumi saus tiram

Olahan cumi merupakan salah satu hidangan yang bisa dibuat oleh siapa saja. Salah satu rekomendasi dari Sasa yaitu resep cumi saus tiram. Sasa Genks bisa mencoba hidangan tersebut untuk makan siang atau makan malam. Selain rasanya enak dan teksturnya unik, cumi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk membantu dalam pertumbuhan jaringan gigi dan tulang. Oleh karena itu, cumi saus tiram juga termasuk menu makanan yang bisa dimakan oleh anak.

 

Cara Membersihkan Cumi dengan Mudah

Sebelum memasak cumi, langkah pertama yang perlu Sasa Genks lakukan adalah membersihkannya dengan benar. Berikut ini adalah cara membersihkan cumi dengan mudah dan benar.

1. Pisahkan Tubuh dan Kepala Cumi

Saat membeli cumi di pasar, pastikan untuk meminta untuk dipisahkan antara tubuh dan kepalanya. Setelah itu, buang kepala cumi dan keluarkan pusar hitam yang berada di dalam tubuh cumi.

2. Bersihkan Bagian dalam Cumi

Setelah memisahkan kepala dan tubuh cumi, buang bagian dalam cumi seperti tulang belakang dan tinta cumi yang berwarna hitam. Bilas tubuh cumi dengan air dingin selama beberapa kali hingga benar-benar bersih.

3. Bersihkan Kulit Cumi

Kemudian, bersihkan bagian dalam cumi dan kulit cumi dengan menggosoknya dengan telapak tangan. Setelah itu, bilas lagi dengan air dingin hingga benar-benar bersih.

4. Potong sesuai selera

Potong cumi sesuai dengan selera Sasa Genks, apakah ingin dipotong menjadi cincin atau dipotong menjadi kotak-kotak. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan sebelumnya, kini cumi sudah siap untuk diolah menjadi hidangan cumi saus tiram yang lezat. Selamat mencoba!

 

Tips Memasak Cumi yang Enak dan Tidak Kenyal

Memasak cumi bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika tidak dilakukan dengan benar. Namun, dengan beberapa tips sederhana, Sasa Genks bisa mengolah cumi dengan hasil enak dan tidak kenyal. Berikut adalah tips memasak cumi yang perlu kamu ketahui.

  • Tambahkan sedikit cuka atau jeruk nipis pada cumi.
  • Jangan terlalu lama memasak cumi, cukup masak selama 2-3 menit saja.
  • Hindari penggunaan api yang terlalu besar, gunakan api sedang saja.

 

Resep Cumi Saus Tiram yang Menggoda Selera

Bahan-bahan cumi saus tiram:

  • 300 gram cumi segar
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • 2 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1 sendok makan saus tiram yang enak
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan tepung maizena yang dilarutkan dengan 2 sendok makan air
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 100 ml air mineral
  • 1/2 sdt Sasa Kaldu Sapi

Berikut adalah langkah-langkah memasak cumi saus tiram pedas:

  1. Bersihkan cumi dengan baik dan potong-potong sesuai selera.
  2. Siapkan wajan dan panaskan minyak sayur dan tumis bawang putih hingga harum.
  3. Masukkan cumi dan aduk rata hingga cumi berubah warna menjadi merah kecoklatan.
  4. Tambahkan saus tiram, air jeruk nipis, gula pasir,merica bubuk, dan Sasa Kaldu Sapi. Aduk rata hingga bumbu meresap.
  5. Tuangkan air dan biarkan hingga mendidih.
  6. Tambahkan larutan tepung maizena dan aduk hingga saus mengental.
  7. Cumi saus tiram siap disajikan dengan nasi putih hangat.

 

Variasi Masakan Cumi Enak dan Simpel

Selain menu makanan cumi saus tiram, ternyata cumi bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan. Kamu juga bisa mencoba berbagai menu olahan cumi ala Kreasi Sasa loh. Resep makanan Kreasi Sasa dibuat untuk memudahkan Sasa Genks pastinya.

1. Cumi Saus Padang

Olahan saus padang sering kita jumpai di berbagai menu makanan. Bumbu saus padang memiliki tekstur agak kental dengan perpaduan rasa manis, asam, dan pedas. Kamu bisa recook resep cumi saus padang ala Kreasi Sasa yanh enak!

2. Cumi Saus Mentega

Saus mentega merupakan salah satu saus yang mudah dibuat untuk berbagai hidangan. Kamu juga bisa menggunakan berbagai jenis protein seperti ayam, udang ataupun sapi dengan berbahan dasar saus mentega. Sasa juga memiliki resep cumi saus mentega yang bisa kamu bisa di rumah. Recook sekarang ya!

3. Cumi Pete

Selain menggunakan berbagai macam saus, Sasa Genks juga bisa loh mencoba memasak cumi pete. Perpaduan antara cumi dengan pete akan membuat kamu ketagihan. Cumi pete dimakan dengan nasi hangat dan kerupuk menjadikan makan siang Sasa Genks lebih nikmat loh.

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp