Tips
& Trik
18/10/2023

Resep Dimsum Ayam Mudah dan Enak, Cocok untuk Pemula

resep dimsum

Sasa Genks, pasti kamu pernah dong mengkonsumsi dimsum ayam. Siapa bilang cara membuat dimsum itu susah. Jangan heran jika kamu yang jarang masak juga bisa membuat dimsum sendiri di rumah. Kali ini Sasa ingin berbagi resep dimsum ayam dan tips & trick seputar dimsum ya. Simak di bawah ini!

Dimsum ayam merupakan salah satu hidangan yang populer di Indonesia. Terdiri dari adonan tepung terigu dan bahan isian daging ayam yang dikukus atau digoreng, dimsum ayam menjadi pilihan yang sempurna untuk camilan atau makanan ringan di waktu senggang. Kamu bisa menemukan bahan-bahan dimsum ayam di pasar atau supermarket terdekat. Variasi dimsum juga tidak cuma dari ayam saja, kamu bisa membuat dengan bahan seperti jamur, sayuran, atau bahan seafood lainnya. Kamu juga bisa menjadikan hidangan tersebut sebagai ide jualan yang menguntungkan.

 

Resep Dimsum Ayam Sederhana

 

Bahan-bahan Dimsum Ayam:

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 125 ml air dingin
  • 200 gram daging ayam cincang
  • 50 gram wortel cincang
  • 50 gram daun bawang cincang
  • 2 siung bawang putih cincang
  • 1/2 sdt Sasa Kaldu Ayam
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk

Cara Membuat Dimsum Ayam:

  1. Campurkan tepung terigu dan air dingin, aduk hingga adonan bisa dipulung.
  2. Rebus daging ayam cincang selama 3-4 menit hingga matang.
  3. Tumis wortel, daun bawang, dan bawang putih dalam minyak goreng panas selama 2-3 menit.
  4. Campurkan daging ayam cincang, tumisan sayuran, Sasa Kaldu Ayam, garam, dan merica bubuk dalam satu wadah. Aduk rata
  5. Ambil sejumput adonan tepung terigu, pipihkan dan isi dengan campuran ayam. Bulatkan menjadi bola kecil.
  6. Siapkan kukusan, masukkan bola-bola dimsum ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak goreng.
  7. Kukus dimsum ayam selama 20 menit.
  8. Angkat dan sajikan dimsum ayam dengan saus yang diinginkan.

 

Tips Membuat Dimsum Ayam yang Enak

 

Dimsum ayam merupakan salah satu makanan khas China yang semakin populer di Indonesia. Mengukus dimsum ayam sendiri di rumah bisa menjadi pilihan yang tepat, terutama jika Sasa Genks ingin menikmati dimsum ayam yang enak dan segar. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat dimsum ayam yang lezat:

1.Pilih Bahan yang Berkualitas

Bahan-bahan yang berkualitas akan mempengaruhi rasa dan kualitas dari dimsum ayam yang kamu buat. Pastikan Sasa Genks memilih daging ayam yang segar dan baik, serta bahan-bahan lainnya yang berkualitas. Gunakan bahan-bahan yang masih segar dan bebas dari bahan pengawet, agar rasa dimsum menjadi lebih gurih tentunya.

2. Ketebalan dan Kelembutan Kulit

Ketebalan dan kelembutan kulit dimsum ayam sangat penting dalam mempengaruhi rasa dan tekstur dimsum. Pastikan Sasa Genks membuat kulit yang tipis dan kenyal agar dimsum enak saat dikunyah. Kamu juga bisa menambahkan tepung kanji pada adonan kulit, agar kulitnya lebih kenyal.

3. Isi Dimsum yang Cukup

Pastikan Sasa Genks memasukkan jumlah isi dimsum yang cukup pada setiap gulungan. Proses menggulung dimsum harus dilakukan dengan hati-hati agar isi dimsum tidak pecah dan tercecer saat dikukus. Jangan terlalu penuhi setiap gulungan, agar isi dimsum bisa terasa lebih nikmat dan berpadu dengan kulit dimsum.

4. Pemakaian Bumbu yang Tepat

Terakhir, bumbu yang tepat juga memainkan peranan penting dalam menciptakan dimsum ayam yang enak. Kamu bisa menggunakan berbagai produk Sasa seperti Sasa Kaldu Ayam, Sasa Kaldu Sapi, Sasa Bubuk MSG.

5. Penyajian dan Hidangan Pendamping

Dimsum ayam biasanya disajikan dengan saus cabai, saus tomat, dan kecap asin. Sasa Genks bisa menambahkan bahan pendamping lainnya seperti sayuran, mie atau nasi untuk menambah variasi dalam hidangan. Pastikan penyajian dilakukan dengan menarik, sehingga meningkatkan selera dan membuat orang lain ingin mencicipinya juga.

 

Variasi Resep Dimsum Ayam

 

a. Dimsum Ayam Jamur

Tambahkan jamur ke dalam adonan dimsum ayam untuk memberikan rasa yang lebih gurih. Potong jamur menjadi kecil-kecil sebelum dicampurkan ke dalam adonan. Selain itu, Sasa Genks juga dapat menambahkan bawang putih goreng untuk memberikan rasa yang lebih nikmat pada dimsum.

b. Dimsum Ayam Sayuran

Untuk membuat dimsum ayam yang lebih sehat, tambahkan sayuran ke dalam adonan. Sasa Genks dapat menggunakan wortel, sawi, atau bayam. Potong sayuran menjadi kecil-kecil sebelum dicampurkan ke dalam adonan. Menu dimsum ayam sayuran ini cocok dikonsumsi sebagai cemilan untuk si kecil.

c. Dimsum Ayam Udang

Tambahkan udang ke dalam adonan dimsum ayam untuk memberikan rasa yang lebih gurih. Potong udang menjadi kecil-kecil sebelum dicampurkan ke dalam adonan. Sasa Genks juga dapat menambahkan saus tiram atau saus kecap untuk memberikan rasa yang lebih sedap.

d. Dimsum Ayam Cumi

Jika kamu ingin membuat dimsum ayam yang lebih unik, tambahkan cumi ke dalam adonan. Potong cumi menjadi kecil-kecil sebelum dicampurkan ke dalam adonan, Sasa Genks juga dapat menambahkan saus cabai atau saus tomat untuk memberikan rasa yang lebih pedas.

 

Cara Mengukus Dimsum Ayam

 

1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Siapkan panci pengukus dan rak pengukus yang dapat menampung semua dimsum ayam yang akan dimasak. Pastikan juga Sasa Genks memiliki kain atau serbet untuk menutupi tutup panci agar tidak ada uap air yang menetes ke dimsum ayam.

2. Siapkan Air Panas dalam Panci Pengukus

Isi panci pengukus dengan air yang cukup untuk mengukus dimsum ayam. Pastikan air sudah mendidih sebelum memulai proses pengukusan.

3. Susun Dimsum Ayam di Rak Pengukus

Susun dimsum ayam di atas rak pengukus dengan jarak yang cukup agar dimsum tidak menempel satu sama lain saat matang. Pastikan juga agar tidak menumpuk terlalu banyak dimsum di atas rak agar uap bisa mengalir dengan lancar.

4. Tutup Panci dan Kukus Dimsum Ayam

Tutup panci dengan kain atau serbet dan tutup panci pengukusnya. Kukus dimsum ayam selama sekitar 10-15 menit, tergantung pada ukuran dimsum dan jumlah yang akan diukus.

5. Periksa Kematangan Dimsum

Setelah 10-15 menit, buka tutup panci dan periksa apakah dimsum ayam sudah matang dengan baik. Jika sudah matang, angkat dimsum ayam dari rak pengukus dan hidangkan!

 

Itulah beberapa tips & trick seputar dimsum ayam. Menu hidangan tersebut cocok dijadikan sebagai menu cemilan simpel atau digunakan sebagai menu makanan untuk acara kumpul keluarga. Sasa Genks bisa melihat berbagai resep lainnya di Kreasi Sasa. Selamat mencoba!

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp