Tips
& Trik
24/07/2023

4 Tips Masak Ikan Mas agar Bumbu Meresap dan Tidak Bau Tanah

cara masak ikan mas

Olahan bahari atau biasa dikenal sebagai seafood memang tak pernah gagal menggoda selera. Sasa Genks juga suka makan seafood gak? Seafood apa yang biasa Sasa Genks makan? Salah satu menu yang biasa disajikan di tenda makan seafood adalah ikan mas. Nah, Sasa Genks tahu gak, masak ikan mas tuh gak bisa sembarangan, lho.

 

Penyebab Ikan Mas Berbau Tanah atau Lumpur

 

Ikan mas atau ikan karper adalah jenis ikan air tawar. Ikan jenis ini memang banyak terdapat di Indonesia, jadi harganya memang lebih murah. Makanya, olahan ikan mas banyak disajikan di resto-resto seafood. Tapi, ikan jenis ini juga biasanya berbau lumpur jika tidak diolah dengan baik sebelum dimasak. Kenapa, ya? Dilansir Grid.id, kolam untuk ikan mas tanahnya sangat subur dengan jumlah plankton yang tinggi. Ikan-ikan tersebut biasanya mencari makan di dasar kolam. Nah, di dasar kolam tersebut kemungkinan ada organisme seperti jamur dan ganggang bersenyawa geosmin yang berbau lumpur, yang kemudian termakan oleh ikan mas yang menyebabkan daging ikan mas berbau lumpur.

 

Cara Memasak Ikan Agar Tidak Bau Tanah

 

Kalau dagingnya sudah berbau sejak di budidaya, lalu bagaimana cara masak ikan mas ini supaya tidak berbau tanah saat diolah dan dimasak nanti? Ada 4 tips masak ikan mas yang bisa kamu praktekkan di rumah supaya masakan ikan mas kamu anti bau dan bikin bumbu lebih meresap!

 

1. Balurkan garam ke tubuh ikan

Sasa Genks bisa pakai bahan-bahan alami seperti garam dan rempah-rempah. Untuk garam, kamu bisa balurkan saja di seluruh tubuh ikan setelah dibersihkan. Eits, bukan cuma di luarnya saja, tapi dalam tubuhnya termasuk perut ikan mas juga. Proses masak ikan mas bisa kamu lakukan sehari setelah proses ini selesai dilakukan supaya garam mengikat bau-bau pada ikan secara maksimal.

 

2. Oleskan rempah-rempah

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan di rumah sebelum masak ikan mas adalah dengan mengolesi seluruh tubuh ikan dengan rempah-rempah aromatik setelah ikan dibersihkan. Rempah-rempah yang diperlukan biasanya seperti bawang putih, kunyit, daun jeruk, serai dan jahe. Haluskan semua bahan tersebut lalu balurkan pada tubuh ikan yang telah disayat-sayat. Pastikan bumbu halus juga dimasukan ke sela-sela sayatan agar makin merata.

 

3. Lumuri ikan dengan cuka

Bukan cuma garam dan rempah-rempah. Cara masak ikan mas agar dagingnya tidak bau tanah juga bisa dengan menggunakan cuka, terutama jika bau tanahnya sangat tajam. Namun pastikan dulu kamu sudah bersihkan sisik dan jeroannya, ya, Sasa Genks. Setelah itu barulah kamu lumuri seluruh permukaan ikan dengan cuka selama 30 menit. Untuk konsentrasi cukanya, cukup tuangkan 1 sendok makan dan larutkan dengan sedikit air.

 

4. Rendam dengan Sasa Santan Cair

Terdengar agak asing, ya, merendam tubuh ikan dalam larutan susu atau santan. Tapi cara ini juga tak kalah ampuh untuk menghilangkan bau tanah pada ikan mas. Biar makin praktis, coba pakai Sasa Santan Cair saja! Sst, kamu bisa tambahkan satu sendok makan air cuka atau perasan lemon atau jeruk nipis ke dalam susu atau Sasa Santan Cair yang akan dipakai untuk merendam ikan, ya. Setelah sisik ikan dibersihkan, rendam ikan ke dalam Sasa Santan, kemudian diamkan selama 1 jam dalam kulkas.

Jangan lupa kalau bahan-bahan tersebut bisa meresap ke dalam daging ikan mas dan bikin ikan lebih gurih. Nah, cara masak ikan mas yang mana yang lebih kamu sukai, Sasa Genks? Tapi apapun pilihan kamu, resep masak ikan mas yang tepat juga gak kalah penting untuk mendapatkan masakan ikan yang lezat!

 

Resep Pesmol Ikan Mas

 

Seperti biasa, kali ini Sasa juga bakal membagikan resep pesmol ikan, masakan ikan khas Sunda berbumbu kuning yang sering jadi pilihan keluarga Indonesia di rumah. Jangan lupa ikuti tips di atas terlebih dulu sebelum mulai masak ikan mas, ya, biar tidak bau tanah dan lebih gurih!

Bahan pesmol ikan mas:

  • 3 ekor Ikan mas
  • 10 buah cabe merah
  • 10 buah cabe hijau
  • 1 bungkus Sasa Bubuk MSG
  • 1 bungkus Sasa Santan Cair
  • 1 batang sereh
  • 1 sendok makan gula
  • 2 lembar daun jeruk
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan-bahan bumbu halus:

  • 1 ruas kunyit, potong
  • 1 ruas jahe, potong
  • 2 ruas lengkuas, potong
  • 4 siung bawang putih, kupas
  • 2 buah kemiri atau secukupnya
  • Air secukupnya

Cara membuat pesmol ikan mas:

  1. Blender semua bahan bumbu halus, tuang air untuk mempermudah blender
  2. Setelah bumbu halus siap, panaskan minyak goreng
  3. Taburi ikan dengan Sasa MSG, lalu goreng ikan sampai matang
  4. Panaskan lagi minyak goreng, lalu tuang bumbu halus yang sudah diblender, tambahkan cabe merah, cabe hijau, daun jeruk, dan daun sereh, tumis sampai harum
  5. Masukan Sasa Santan Cair sesuai selera, aduk, lalu masukan ikan yang telah digoreng tadi, aduk sampai matang dan mengental.
  6. Ikan mas pesmol siap disajikan.

 

Itulah resep masak ikan mas dengan metode pesmol khas Sunda yang bumbu dan rempahnya dijamin meresap sampai ke dalam dagingnya! Rasa gurih dari Sasa Santan Cair dijamin meresap dan bikin bau tanah gak lagi mengganggu. Mau coba masakan ikan lainnya? Cek di Kreasi Sasa, ya, Sasa Genks!

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp