Tips
& Trik
28/08/2023

5 Makanan untuk Menambah Berat Badan Bergizi dan Enak

makanan yang bisa menambah berat badan

Sasa Genks pernah frustasi dengan bentuk tubuh kurang ideal? Ternyata buat sebagian orang, tantangan bukan saja soal menurunkan berat badan, tapi juga menambah berat badan, apalagi dengan cara yang sehat. Seringkali menambah berat badan identik dengan asupan makanan tidak bergizi dan hanya melihat kuantitas, padahal gak sulit, lho, menemukan makanan untuk menambah berat badan yang sehat tapi juga enak. Wah, makanan apa supaya badan cepat gemuk dan sehat, ya? Yuk, simak sharing dari Sasa di bawah ini!

 

Bahan Makanan untuk Menambah Berat Badan

 

1. Kentang

Dengan ciri khas padat kalori dan kandungan karbohidrat kompleksnya, kentang tidak diragukan lagi menjadi salah satu bahan makanan yang dapat menambah berat badan. Kentang juga mudah diolah jadi menu makanan dengan praktis, mulai dari kentang goreng sampai perkedel. Makanya, olahan kentang adalah salah satu pilihan menu makanan penambah berat badan untuk sehari-hari.

 

2. Daging merah

Daging memang identik dengan kandungan protein hewani. Tapi daging merah, misalnya daging sapi, kambing, babi, dan domba, ternyata juga jadi pilihan bahan makanan yang dapat menambah berat badan, dan pastinya sehat. Kenapa? Soalnya daging merah mengandung zat bernama leusin yang bisa menggemukan badan dengan cara menstimulasi pembentukan protein otot agar menambah jaringan otot baru. Selain itu, daging merah juga cukup mudah diolah menjadi menu makanan sehari-hari, seperti oseng daging dan katsu daging.

 

3. Telur

Siapa sangka telur juga termasuk bahan makanan yang bisa menambah berat badan? Dalam 100 gram telur atau sekitar dua butir telur, mengandung kurang lebih 154 kalori, 10.8 gram lemak dan protein sekitar 12.4 gram. Tapi ingat, untuk mendapatkan semua kandungan tersebut, telur harus dimakan secara utuh, ya, misalnya dalam bentuk telur rebus sebagai pelengkap menu makan. Soalnya, kalori telur banyak terdapat pada bagian kuningnya.

 

4. Alpukat

Memangnya bisa buah-buahan jadi makanan untuk menambah berat badan? Ternyata dalam 100 gram alpukat atau setengah potongnya, terdapat 160 kalori, 14.7gram lemak sehat dan 2 gram protein. Kalau kamu lagi program gemuk, jangan skip makan buah. Justru perbanyak hidrasi termasuk dari buah, dan kamu bisa pilih buah alpukat ini untuk dikonsumsi satu buah dalam sehari. Bisa dihidangkan dengan cara dipotong atau dijadikan jus alpukat, ya.

 

5. Susu

Khususnya susu jenis full cream, mengandung beragam gizi mulai dari protein, karbohidrat (dari laktosa-nya, atau pemberi rasa manis), lemak sampai mineral kalsium! Kalau kamu sedang program gemuk, susu full cream jadi minuman yang pas untuk dikonsumsi tiap pagi dan malam. Bukan cuma dalam bentuk minuman, olahannya seperti keju juga bisa jadi pelengkap menu makanan penambah berat badan. Itulah beberapa bahan makanan yang dapat menambah berat badan. Jangan lupa, untuk menggemukan badan, bukan cuma sekadar mengonsumsi makanan yang menambah berat badan, tapi juga cukupkan gizi secara seimbang (karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral) dan perbanyak minum air putih agar tetap sehat.

 

Resep Kroket Kentang Simpel

 

Kali ini, Sasa bakal membagikan resep kroket kentang dengan bahan-bahan daging, susu dan telur. Yes, semua bahannya adalah bahan-bahan makanan penambah berat badan yang sudah dijelaskan di atas! Jadi, dalam satu buah kroket ini, kamu sudah practically mendapatkan makanan yang bisa menambah berat badan dengan sehat dan enak. Buat yang belum tahu, kroket adalah gumpalan kentang yang ditumbuk halus dengan isian daging atau lainnya sesuai selera. Dalam resep ini, Sasa juga menyarankan untuk pakai Sasa Tepung Bumbu Serbaguna Original, ya. Sasa Tepung Bumbu Serbaguna Original sudah dilengkapi fortifikasi vitamin dan mineral Zink, Zat Besi, Vitamin B2 & B9, dan Serat Pangan yang penting buat tubuh. Selain itu, dengan teknologi Sasa Platinum Care+, bantu jaga kandungan vitamin dan mineral biar tidak hilang meski setelah proses penggorengan. Jadi pas banget buat Sasa Genks yang lagi program gemuk tapi tetap bisa makan enak dan sehat. Langsung saja, yuk, simak resepnya berikut!

Bahan-bahan:

  • 500 gram kentang, dihaluskan
  • 50 g bawang bombay cincang halus
  • 4 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 bungkus Sasa Tepung Bumbu Serbaguna Original
  • 1 batang daun bawang, dirajang
  • 150 ml susu cair
  • 300 gram daging sapi, iris (bisa dalam bentuk kornet)
  • 7 butir telur ayam
  • 150 gram tepung panir
  • 3 sendok makan margarin
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam, merica, lada secukupnya

Cara membuat:

  1. Kupas kentang, potong besar, kukus dan haluskan, lalu sisihkan di wadah.
  2. Panaskan margarin kemudian tumis bawang putih yang sudah dicincang hingga harum.
  3. Tuang Sasa Tepung Bumbu Serbaguna Original, aduk rata, lalu tuang susu cair, masak sampai mengental.
  4. Masukkan kentang yang tadi dihaluskan bersama dengan garam, merica dan lada secukupnya, kemudian aduk sampai merata.
  5. Isian daging: masak irisan daging atau kornet bersama irisan daun bawang, bawang bombay, garam, merica dan lada, masak sampai harum lalu sisihkan.
  6. Isian telur: rebus telur kemudian kupas dan potong-potong.
  7. Ambil adonan satu sendok, buat membulat pipih, lalu ambil isian daging dan telur secukupnya di atasnya, kemudian tutup dengan adonan lagi membentuk oval.
  8. Gulingkan adonan dengan isian tadi ke tepung terigu, lalu celupkan ke telur kocok, dan balurkan ke tepung panir.
  9. Goreng adonan yang telah dilapisi tepung ke minyak panas, tunggu sampai matang kecoklatan, angkat.
  10. Kornet kentang isi daging dan telur siap disajikan.

 

Mau recook kreasi masakan kentang, susu, telur dan daging merah lainnya buat menu makan penambah berat badan sehari-hari? Cek selengkapnya di Kreasi Sasa, ya! Happy cooking, Sasa Genks!

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp