Tips
& Trik
29/04/2024

5 Resep Makanan Khas Kalimantan Autentik yang Mudah Dibuat

makanan khas kalimantan barat

Kalimantan, yang dikenal sebagai pulau yang kaya akan budaya dan keanekaragaman alam, juga menyimpan kekayaan kuliner yang memikat hati. Makanan khas Kalimantan mencerminkan keberagaman suku dan tradisi yang ada, dengan bahan-bahan alami yang diambil langsung dari hutan dan sungai yang luas. Dari pedas, gurih, hingga manis, variasi rasa ini membentuk identitas kuliner Kalimantan yang unik dan beragam. Ada beberapa makanan Kalimantan yang terkenal di berbagai daerah, diantaranya soto Banjar. Hidangan tersebut adalah sebuah sup ayam yang kaya akan rempah dan disajikan dengan ketupat. Ada juga ayam masak habang dari Kalimantan Tengah, yang terkenal dengan kuah pedas merahnya yang kaya rasa. Mengenal makanan khas Kalimantan, kamu juga bisa mengikuti resepnya di rumah loh. Simak beberapa resep makanan khas Kalimantan yang enak dan mudah diikuti.

 

1. Ketupat Kandangan

Ketupat kandangan adalah sajian khas dari Kalimantan Selatan yang sering disajikan pada saat-saat tertentu, terutama saat perayaan. Kuah santan yang gurih dan aroma rempah yang khas akan membuat sajian ini menjadi favorit keluarga. Berikut ini adalah resep ketupat kandangan yang lezat.

Bahan-bahan:

  • 500 gram beras, cuci bersih dan tiriskan
  • Daun kelapa untuk membuat ketupat (atau gunakan cetakan ketupat plastik)
  • 2 liter air, untuk merebus ketupat

Bahan untuk Kuah:

  • 500 gram daging sapi, potong-potong
  • 200 ml Sasa Santan Cair
  • 3 lembar daun salam
  • 2 batang serai, memarkan
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 ruas jari lengkuas, memarkan
  • Garam, gula, dan Sasa Bubuk MSG secukupnya

Bumbu Halus:

  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 6 butir kemiri, sangrai
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt jintan
  • 5 buah cabai merah besar

Cara Membuat:

Membuat Ketupat:

  1. Siapkan daun kelapa dan anyam menjadi bentuk ketupat. Isi dengan beras hingga 3/4 penuh karena beras akan mengembang saat dimasak.
  2. Rebus ketupat dalam air mendidih selama 4-5 jam, hingga matang. Angkat dan tiriskan.

Membuat Kuah:

  1. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu halus bersama dengan daun salam, serai, daun jeruk, dan lengkuas hingga harum.
  2. Tambahkan potongan daging sapi, aduk hingga warna daging berubah.
  3. Tuang santan, masak dengan api kecil sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
  4. Bumbui dengan garam, gula, dan Sasa Bubuk MSG. Masak hingga daging empuk dan kuah mengental.

Penyajian:

  1. Sajikan ketupat yang telah dipotong-potong dengan kuah santan dan daging sapi.
  2. Tambahkan pelengkap seperti Sasa Sambal Terasi dan lalapan jika diinginkan.
  3. Tips and Trik Membuat Ketupat Kandangan
  4. Masak daging dalam kuah santan hingga benar-benar empuk. Ini mungkin memakan waktu, tapi daging yang empuk akan sangat menambah kelezatan Ketupat Kandangan.
  5. Masak santan dengan api kecil dan aduk terus menerus. Ini penting untuk mencegah santan pecah, yang bisa merusak tekstur dan rasa kuah.
  6. Ketupat Kandangan paling nikmat disajikan dalam keadaan hangat. Kuah yang masih hangat akan membuat sensasi makan menjadi lebih memuaskan.

 

2. Bakwan Pontianak

Bakwan Pontianak adalah camilan khas dari Pontianak, Kalimantan Barat, yang terkenal dengan teksturnya yang renyah di luar dan lembut di dalam. Makanan itu sering dijadikan sebagai teman bersantai atau sebagai pendamping makanan utama. Teksturnya yang renyah dan isi sayuran yang segar membuat bakwan ini disukai oleh semua kalangan. Selamat mencoba resep ini di rumah, semoga Sasa Genks dan keluarga menyukainya!

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus Sasa Tepung Bumbu Bakwan Spesial
  • Air secukupnya
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 100 gram tauge, bersihkan
  • 100 gram wortel, serut kasar
  • 1 batang seledri, cincang halus
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Bakwan Pontianak:

  1. Campurkan Sasa Tepung Bumbu Bervitamin Bakwan Spesial dengan air secara sedikit demi sedikit. Terus diaduk agar adonan tercampur merata dan tidak bergerindil.
  2. Masukkan daun bawang, tauge, wortel serut, dan seledri cincang ke dalam adonan. Tambahkan merica bubuk dan aduk hingga semua hingga tercampur rata.
  3. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.
  4. Gunakan sendok untuk mengambil satu sendok penuh adonan dan masukkan ke dalam minyak panas. Tekan sedikit agar pipih.
  5. Goreng hingga bakwan berwarna keemasan dan renyah, balik sekali agar matang merata. Angkat dan tiriskan minyaknya.
  6. Sajikan Bakwan Pontianak selagi hangat dengan cabai rawit atau Sasa Saus Sambal sebagai pendamping.

Tips and Trik Membuat Bakwan Pontianak

  1. Pilih sayuran yang segar. Pastikan tauge tidak layu dan wortel harus keras. Sayuran yang segar akan menambah tekstur yang enak dan juga rasa yang lebih fresh.
  2. Adonan tidak boleh terlalu encer atau terlalu kental. Jika adonan terlalu encer, bakwan akan menyerap terlalu banyak minyak saat digoreng, jika terlalu kental, sayurannya akan sulit menggabung dengan baik dan bakwan akan keras.
  3. Panaskan minyak dengan api sedang. Minyak yang terlalu panas akan membuat bakwan cepat gosong di luar sementara dalamnya masih mentah.
  4. Menggoreng terlalu banyak bakwan sekaligus akan menurunkan suhu minyak, yang mengakibatkan bakwan menjadi berminyak karena lambat matang.
  5. Sasa Genks bisa menambahkan udang atau potongan ikan ke dalam adonan untuk variasi rasa dan tekstur.

 

3. Soto Banjar

Soto Banjar adalah hidangan soto khas dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan, yang terkenal dengan kelezatannya yang khas dan menggugah selera. Hidangan ini memadukan kekayaan bumbu rempah-rempah Nusantara dengan kehalusan rasa yang membuat setiap suapan membawa kenikmatan tersendiri. Soto Banjar yang kaya akan rempah, seperti kayu manis, cengkeh, dan pala, yang memberikan aroma khas dan rasa yang mendalam. Kompleksitas rasa yang diimbangi dengan kehadiran ketupat atau buras, lontong khas Banjar yang gurih, sebagai pendamping yang sempurna. Seringkali, soto Banjar juga disertai dengan sambal dan kerupuk untuk menambah tekstur dan rasa yang kaya. Kamu bisa membuat hidangan itu saat perayaan hari besar atau acara penting lainnya.

Lihat resepnya di sini: Resep Soto Banjar

 

4. Kue Amparan Tatak

Kue amparan tatak merupakan salah satu kue tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah, khususnya dari daerah Banjarmasin. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang khas, sering dijadikan sebagai sajian dalam berbagai acara penting seperti perayaan hari besar dan acara keluarga, serta sebagai oleh-oleh khas yang disukai banyak orang. Kue amparan tatak dibuat dari bahan-bahan sederhana namun mampu menghasilkan rasa yang memikat. Bahan utamanya adalah beras ketan putih yang dicampur dengan santan, gula pasir, dan parutan kelapa, serta beberapa rempah seperti daun pandan untuk menambah aroma. Komposisi ini kemudian dikukus dalam cetakan yang biasanya dilapisi daun pisang, memberikan aroma khas yang semakin memperkaya cita rasanya.

Selain itu, makanan ini juga sering dihidangkan dengan taburan kelapa parut yang telah disangrai atau dengan topping gula merah cair yang menambah keistimewaan pada setiap gigitannya. Variasi topping ini tidak hanya menambah keindahan dari tampilan kue, tetapi juga menambah kekayaan rasa yang membuat kue ini semakin disukai.

Lihat resepnya di sini: Resep Kue Amparan Tatak

 

5. Ayam Masak Habang

Ayam masak habang adalah salah satu hidangan khas dari Kalimantan yang terkenal akan kekayaan bumbunya dan rasa pedas yang menonjol. Dalam bahasa setempat, "habang" berarti merah, yang mengacu pada warna dari kuah hidangan ini yang kemerahan, berkat penggunaan cabai merah sebagai salah satu bahan utamanya. Hidangan ini sangat populer di Kalimantan Selatan dan sering kali disajikan dalam berbagai acara penting serta menjadi favorit dalam menu sehari-hari masyarakat setempat.

Selain dikenal dengan rasanya yang kaya dan pedas, ayam masak habang juga memiliki aroma yang sangat menggugah selera, berkat penggunaan daun jeruk dan serai yang memberikan sentuhan wangi yang menyegarkan. Hidangan ini biasanya dimasak dengan teknik slow cooking agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging ayam, menjadikan daging ayam sangat empuk dan juicy.

Lihat resepnya di sini: Resep Ayam Masak Habang

 

Itulah beberapa rekomendasi menu masakan Kalimantan yang bisa Sasa Genks masak di rumah. Kamu juga bisa jadikan makanan Kalimantan itu sebagai ide jualan yang menguntungkan loh. Selamat mencoba!

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp

Apa yang ingin kamu tanyakan ?

Halo, ada yang bisa kami bantu?
Apakah masih ada yang ingin ditanyakan?
YA TIDAK
Berikan penilaian untuk kami
         
Terima kasih atas penilaiannya.
TUTUP