Tips
& Trik
25/01/2023

6 Cara Agar Mata Tidak Perih Saat Mengiris Bawang Merah, Mudah Dipraktikkan!

tips mengiris bawang agar mata tidak perih

Bawang merah menjadi salah satu komponen penting dalam suatu masakan. Terlebih dalam masakan Indonesia, yang tidak jarang membutuhkan bahan ini. Akan tetapi, banyak orang yang mengalami kendala ketika harus mengiris bawang merah.

Kendala itu tidak lain adalah mata yang menjadi perih ketika mengiris bawang. Tidak jarang pula yang mengeluarkan air mata ketika mengiris bawang merah.

Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah ini? Simak cara mudahnya dalam penjelasan di bawah ini!

 

1. Rendam Bawang Merah di Air Es

Sebelum memotong bawang, Anda dapat memasukkan bawang yang akan dipotong ke dalam air es. Anda dapat mendiamkan bawang tersebut selama 10-15 menit sebelum memulai memotong.

 

2. Rendam Bawang Merah di Air Mendidih

Selain merendam bawang merah di air es, ternyata merendam bawang merah di air yang mendidih juga efektif membuat mata tidak perih.

Anda dapat merendam bawang merah di air mendidih sampai kulit terluar dari bawang merah tersebut terlihat lunak.

 

3. Potong Bagian Akar dan Ujung Bawang Merah

Memotong bagian akar bawang merah dapat mengatasi mata yang perih. Ketika memotong akar bawang, uap berbahaya yang merangsang mata menjadi perih telah dihilangkan.

Selain itu, Anda juga dapat memotong bagian atas bawang merah. Akan lebih mudah mengupas bawang merah ketika bagian akar dan ujungnya telah dipotong lantaran kulit bawang sudah mulai longgar.

 

4. Mengunyah Makanan

Aktivitas yang terjadi ketika sedang makan secara tidak langsung akan membuat Anda mengeluarkan nafas dari mulut. Nafas yang keluar dari mulut akan mengurangi gas dari bawang yang mengarah ke mata.

 

5. Potong di Dalam Air

Cara ini mungkin masih jarang dilakukan oleh banyak orang, tetapi dapat Anda coba. Mengiris bawang merah dalam air akan melarutkan gas yang membuat mata Anda menjadi perih. Anda juga dapat mencoba memotong bawang merah di air yang mengalir.

Akan tetapi, memotong bawang merah dalam air dapat mengurangi kandungan gizi yang terdapat dalam bawang merah tesebut, sehingga cara ini kurang direkomendasikan.

 

6. Menggunakan Kacamata Renang

Ternyata menggunakan kacamata renang dapat mengurangi perih di mata ketika mengiris bawang merah. Kacamata renang ini nantinya akan melindungi mata Anda dari zat sulfur yang membuat mata menjadi perih.

Jika kamu hanya menggunakan kacamata biasa maka masih terdapat celah di mana zat sulfur dapat sampai ke mata dan membuatnya menjadi perih.

Nah, itu dia beberapa cara yang dapat Anda praktikkan agar mata Anda tidak perih ketika mengiris bawang merah. Mudah, bukan?

 

Lihat Artikel Lainnya:

1. 5 Resep Masakan Chinese Food yang Mudah Dibuat di Rumah
2. 7 Makanan Khas Imlek Beserta Maknanya
3. 5 Rekomendasi Resep Kue Kering Khas Natal yang Mudah Dibuat di Rumah

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp