Tips
& Trik
27/02/2023

6 Rekomendasi Makanan Berbuka Puasa yang Enak untuk Anak Kos

makanan berbuka puasa yang sehat

Salah satu menu yang dinanti ketika bulan Ramadhan adalah menu buka puasa. Setelah seharian menahan lapar, pasti pertama kali yang ingin dimakan adalah menu makanan enak dan juga sehat. Kali ini Sasa akan memberikan rekomendasi makanan berbuka puasa yang enak. Resep itu gampang dibuat untuk anak kost sekalipun karena cara pembuatan yang mudah dan tidak ribet. Saat berbuka puasa, masih banyak orang yang langsung menyantap makanan dalam porsi yang besar sehingga membuat perut kaget. Dan hal itu akan membuat perut merasa tidak nyama apalagi Ketika menjalankan salat. Akan lebih sehat jika kamu menyantap takjil atau makanan ringan saat buka puasa. Dengan porsi yang sedikit, kamu akan merasa lebih sehat dan jangan lupa makanan untuk berbuka haruslah yang sehat.

 

Makanan Berbuka Puasa yang Enak

 

Simak beberapa rekomendasi menu makanan untuk berbuka puasa yang simpel dan enak. Kamu juga bisa masak di rumah agar lebih sehat karena dibuat dengan bahan-bahan yang segar dan jelas asal-usulnya. Lihat rekomendasi makanan berbuka puasa di bawah ini.

 

1. Terong Cabe Garam

Siapa yang disini sudah tidak asing dengan menu cabe garam. Biasanya olahan itu dibuat dengan bahan tahu ataupun ayam. Nah, kali ini Sasa mau kasih resep yang tidak biasanya yaitu terong cabe garam. Terong termasuk salah satu sayuran yang kaya akan vitamin dan gizi. Menggunakan bahan utama terong dan sasa tepung bumbu, cara membuat terong cabe garam pun sangat mudah untuk diikuti. Kamu akan ketagihan pastinya, cocok untuk dijadikan lauk atau cemilan.

Baca resepnya di sini: Resep Terong Cabe Garam

 

2. Es Laksamana

Menu minuman segar merupakan salah satu pilihan yang terbaik untuk dijadikan menu buka puasa. Salah satu resep yang bisa Sasa rekomendasikan yaitu es laksamana. Resep es laksamana adalah salah satu minuman khas Riau. Umumnya bahan yang digunakan yaitu mangga kweni yang dicampur dengan santan dan gula. Kandungan dari menu itu sangat baik untuk dijadikan menu berbuka puasa yang enak dan sehat.

Baca resepnya di sini: Resep Es Laksamana

 

3. Bola-Bola Pisang Kelapa

Olahan pisang goreng bisa dijadikan opsi untuk makanan pembuka puasa yang cocok setelah seharian menahan lapar. Beda dari yang lain, kali ini Sasa ingin berbagi ide resep olahan pisang kepok yang menggiurkan dan mudah dibuat yaitu resep bola-bola pisang kelapa. Dengan perpaduan antara pisang kepok, kelapa parut dan sasa tepung pisang goreng, tidak dipungkiri akan menghasilkan rasa yang menggugah selera. Coba resepnya sekarang juga.

Baca resepnya di sini: Resep Bola-Bola Pisang Kelapa Ala Sasa

 

4. Bakwan

Nah, bakwan adalah salah satu makanan wajib untuk makanan buka puasa. Kenapa tidak? Karena bakwan dijadikan makanan sejuta umat yang rasanya sudah pasti enak. Pasti Sasa Genks sudah tahu kalau terlalu banyak makan gorengan tidak baik untuk tubuh. Eits, jangan khawatir ya resep bakwan sayur satu ini sudah pasti sehat loh karena menggunakan sasa tepung bakwan. Selain rendah kalori, tepung bumbu sasa juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Oh iya, sewaktu menggoreng bakwan jagung, tidak perlu menggunakan minyak yang banyak saat proses menggoreng agar lebih less oil.

Baca resepnya di sini: Resep Bakwan Jagung

 

5. Bubur Kacang Hijau

Sudah tidak asing lagi dengan bubur kacang hijau kan? Nah, Kalau resep kali ini yang membedakan adalah menggunakan sasa santan cair. Dengan kandungan omega 3 yang tinggi, resep ini juga menggunakan daun pandan yang membuatnya menjadi lebih lezat. Cara membuatnya juga mudah, rasanya enak dan sehat loh. Jadi, coba buat resep bubur enak sekarang juga ya.

Baca resepnya di sini: Resep Bubur Kacang Hijau

 

6. Es Jelly Chia Seed Kuah Santan

Saat tubuh sedang menjalankan ibadah puasa, baiknya kamu mengkonsumsi menu berbuka puasa sehat agar tenaga terisi Kembali. Salah satu resep yang bisa Sasa rekomendasikan adalah resep es jelly chia seed kuah santan. Dengan kandungan chia seed yang baik untuk pencernaan, hal itu juga akan menambah asupan gizi yang baik untuk tubuh. Menu minuman satu ini wajib banget kamu coba saat bulan Ramadhan.

Baca resepnya di sini: Resep Es Jelly Chia Seed Kuah Santan

 

Itulah beberapa rekomendasi makanan berbuka puasa yang enak yang bisa kamu buat di rumah. Jangan ragu untuk mencobanya, karena dijamin kamu pasti akan ketagihan untuk ingin mengkonsumsi hidangan tersebut. Temukan berbagai resep lainnya yang bisa dijadikan sebagai menu sahur simpel dan enak hanya ada di Kreasi Sasa. Selamat menjalankan ibadah puasa!

 

Baca juga: 5 Tips untuk Masak Menu Buka Puasa dan Sahur Agar Jadi Lebih Praktis

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp