Tips
& Trik
04/11/2022

8 Rekomendasi Makanan Sehat Untuk Diet Anda

makanan sehat untuk diet

Ketika sedang menjalankan program diet, Anda mungkin tergoda untuk mengurangi asupan kalori pada makanan yang Anda konsumsi. Padahal faktanya, meng‚Äč‚Äčkonsumsi terlalu sedikit kalori dapat membuat tubuh Anda kekurangan nutrisi yang diperlukan, yang pada akhirnya memicu berbagai masalah kesehatan serius. Jadi, alih-alih membatasi asupan kalori dan membuat tubuh Anda jadi kehilangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan, sebaiknya fokuslah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat untuk diet. Menurut Jamie Feit, ahli gizi diet bersertifikat sekaligus pendiri Jamie Feit Nutrition, ini adalah strategi penurunan berat badan yang jauh lebih efektif.

 

8 Jenis Makanan Yang Bisa Dikonsumsi Saat Anda Diet

 

Nah, sebagai rekomendasi, berikut ini adalah makanan sehat untuk diet yang dapat Anda konsumsi untuk membantu menurunkan berat badan.

 

1. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak yang dihasilkan dari daging ayam, kalkun, dan sapi dapat menjadi sumber protein yang membantu Anda tetap kenyang, mengurangi nafsu makan, dan menstabilkan gula darah. Selain itu, mengkonsumsi protein nabati seperti kacang-kacangan juga memiliki manfaat yang sama dan tinggi serat, sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Telur

Daftar kedua rekomendasi makanan sehat untuk diet adalah telur. Telur mengandung hampir semua vitamin esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, kecuali vitamin C. Tidak hanya itu saja, telur juga memiliki kandungan mineral yang menyehatkan, yaitu fosfor, kalsium, dan kalium. Selain sebagai sumber protein yang lengkap, telur juga mudah dibuat menjadi berbagai macam resep masakan yang dapat menyesuaikan selera Anda.

3. Sayuran

Semua jenis sayuran adalah makanan yang sehat untuk diet. Sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan kubis kaya akan serat dan vitamin, serta dapat membantu mengurangi masalah pencernaan. Sementara itu, sayuran dengan daun berwarna hijau tua mengandung protein yang tinggi dan sumber mineral yang menyehatkan. Dan beberapa jenis sayuran lainnya seperti wortel, seledri, tomat ceri, dan timun bisa Anda jadikan sebagai camilan untuk mengganjal perut yang lapar.

4. Alpukat

Alpukat adalah buah yang luar biasa untuk program diet Anda. Buah ini tinggi serat dan merupakan sumber lemak sehat yang berkualitas, menjadikannya sebagai makanan yang ideal untuk mengurangi rasa lapar. Namun perlu Anda ingat, karena alpukat merupakan sumber lemak, pastikan Anda tetap membatasi porsinya.

5. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki manfaat kesehatan yang berbeda, namun keduanya bagus untuk tubuh Anda. Semua kacang-kacangan adalah sumber serat, protein, dan lemak sehat yang baik, sehingga mampu mengurangi rasa lapar. Sementara biji-bijian merupakan sumber mineral dan juga lemak sehat. Namun sama seperti alpukat, saat mengkonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian, pastikan Anda memperhatikan jumlah porsinya.

6. Salmon

Salmon adalah makanan sehat untuk diet yang kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Menurut penelitian, mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat membantu orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas merasa kenyang lebih lama. Dan secara umum, mengkonsumsi ikan membuat Anda merasa kenyang lebih baik dibandingkan sumber protein lainnya seperti telur dan daging sapi.

7. Udang

Mengkonsumsi udang dapat meningkatkan rasa kenyang, karena makanan laut ini mampu merangsang produksi cholecystokinin, hormon pengurang nafsu makan yang berperan untuk memberi sinyal ke perut bahwa Anda sudah kenyang. Terlebih lagi, udang dan kerang laut lainnya juga merupakan sumber zinc dan selenium, yaitu dua mineral penting yang berfungsi untuk menjaga imunitas tubuh dan peningkatan energi.

8. Air

Air bukanlah makanan, tetapi ketika Anda sedang menjalankan program diet, air menjadi sama pentingnya untuk dikonsumsi seperti makanan sehat lainnya. Bagaimanapun, seluruh bagian tubuh Anda hanya akan berproses dengan baik jika Anda mengkonsumsi air putih yang cukup, dan proses ini juga mencakup kemampuan tubuh untuk bermetabolisme dengan baik.

Itulah dia beberapa rekomendasi makanan yang sehat untuk diet. Nah, untuk mendapatkan informasi lainnya seputar makanan sehat, resep, atau tips & trik memasak, Anda bisa melihatnya di website resmi Sasa, karena ada banyak ragam artikel menarik yang siap untuk menginspirasi Anda.

 

Llihat Artikel Lainnya:

1. 5 Macam Ikan Air Tawar yang Paling Banyak Dikonsumsi di Indonesia
2. 5 Jenis Pisang yang Paling Cocok Diolah Jadi Pisang Goreng
3. Sehat dan Bikin Lezat, Berikut 6 Manfaat Utama Memasak Menggunakan Minyak Zaitun

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp