Tips
& Trik
26/06/2023

5 Cara Masak Ati Ampela Agar Kenyal dan Gurih Minim Pahit

resep ati ampela balado

Jeroan ayam ati ampela ini tak disangka merupakan salah satu bagian ayam favorit masyarakat Indonesia. Sasa Genks juga suka ati ampela, gak? Tapi, supaya ati ampela tetap lezat tanpa terasa pahit, cara masak ati ampela harus diperhatikan! Soalnya seringkali kita mengalami masalah dengan rasa pahit ati yang bikin kurang nyaman di lidah. Jangan khawatir, di artikel ini, Sasa bakal kasih tau kamu 5 cara keren untuk masak ati ampela biar kenyal, gurih, dan tidak pahit.

 

Cara Memilih Ati Ampela yang Tepat

 

  1. Pilih ati ampela yang memiliki warna merah segar yang merata di seluruh bagiannya. Hindari ati ampela yang memiliki warna selain merah segar tersebut karena dikhawatirkan sudah terkena cairan empedu yang membuat ati ampela jadi terasa pahit.
  2. Pilih ati ampela yang terasa kenyal dan elastis. Hindari ati ampela yang terasa lembek atau terlalu keras agar mudah diolah.
  3. Ati ampela yang segar seharusnya tidak memiliki bau yang menyengat atau amis. Ati ampela berbau segar biasanya didapatkan jika kamu ke pasar pagi-pagi sekali, Sasa Genks. Soalnya, matahari belum naik, apalagi seringkali penjual di pasar meletakan jeroan secara terbuka. Protein yang terkena sinar matahari akan menimbulkan bau.
  4. Masih berhubungan dengan poin di atas, sebaiknya ati ampela yang dibeli memang yang tersimpan dengan baik pada suhu dingin agar tetap segar lebih lama tanpa terkontaminasi. Jangan lupa pastikan memeriksa tanggal produksi untuk memastikan kesegaran ati ampela tersebut, ya.

 

Sasa Genks harus tahu tidak kalau ati dan ampela adalah dua bagian dari organ dalam ayam yang memiliki perbedaan sedikit dalam tekstur dan letaknya. Ati memiliki tekstur yang lebih lembut dan mudah hancur ketika dimasak. Biasanya ati digunakan dalam berbagai masakan seperti sup, sate, atau tumis, sedangkan ampela memiliki tekstur yang lebih kenyal dan sedikit mengunyah. Biasanya ampela digunakan dalam masakan seperti sate ampela, sambal goreng, atau digoreng sebagai camilan.

 

Tips Memasak Ati Ampela

Apapun cara kamu masak ati ayam atau ampela ayam nanti, simak dulu tips berikut supaya ati ampela siap dimasak dalam kondisi terbaiknya!

 

1. Rendam di air jeruk nipis biar gak amis

Langkah pertama masak ati ampela ini gampang banget. Cukup iris ati ampela dan rendam di air jeruk nipis selama setengah jam. Nah, jeruk nipis ini bikin ati ampela lebih kenyal dan lezat, dan yang pasti, bau amisnya bakal tersamarkan.

 

2. Cuci lendir pada ati ampela pakai air garam

Setelah direndam dan bau amisnya hilang, saatnya mencuci ati ampela dengan air garam. Caranya cukup larutkan beberapa sendok teh garam ke dalam air, lalu rendam ati ampela selama beberapa menit. Garamnya akan menghilangkan lendir dan bau tak sedap. Masak ati ayam jadi lebih nyaman tanpa amis!

 

3. Rendam dalam bumbu rempah atau santan

Kalau sekarang saatnya bikin ati ampela jadi lebih gurih dengan rempah atau santan. Di panci, Sasa Genks bisa tambahkan air, bawang putih cincang, jahe parut, serai, daun salam, dan lada bubuk. Biar praktis, pakai aja Sasa Santan Cair Omega 3 yang terbuat dari daging kelapa tua berkualitas, tidak mudah pecah santan, dan rasa serta aromanya otentik seperti asli!

 

4. Rebus ati ampela supaya gak berdarah!

Setelah ati ampela direndam, saatnya diolah lebih lanjut dengan merebusnya di larutan rempah atau santan, supaya ati ampela tidak mengeluarkan cairan darah lagi saat kamu masak hati ayam atau masak ati ampela nanti. Selain itu, bumbu atau santan juga bisa makin meresap.

 

5. Lumuri dengan bumbu spesial biar makin gurih

Langkah terakhir juga tak kalah penting. Masukan ati ampela ke campuran kecap manis, kecap asin, saus tiram, sedikit gula, dan merica bubuk. Supaya lebih praktis, kamu bisa pakai Sasa Bumbu Praktis, yang juga bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kamu, mau bumbu lumur atau bumbu ungkep!

 

Cara Masak Ati Ampela Balado

 

Kalau sudah diolah dengan baik, saatnya kamu menggoreng, memanggang, atau merebus ati ampela sesuai selera. Mau dimakan langsung atau dijadikan lauk, pasti kelezatannya bikin nagih nih, Sasa Genks! Sasa, sih, merekomendasikan resep ati ampela balado di bawah ini yang endul banget buat dimakan bareng nasi putih hangat!

Bahan-bahan:

  • 150 gram ati ayam
  • 150 gram ampela ayam
  • 1 sendok teh garam
  • 1 bungkus Sasa Bumbu Lumur
  • 1 bungkus Sasa Santan Cair
  • ½ sendok makan gula pasir
  • 3-4 sendok makan minyak goreng
  • 2 lembar daun salam/daun jeruk

Bumbu untuk sambal:

  • 10 buah cabai merah keriting
  • 5 buah cabai rawit merah (sesuai selera)
  • 4 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 buah tomat merah

Cara memasak ati ampela balado:

  1. Olah ati ampela seperti langkah-langkah di atas
  2. Siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak goreng dan tumis semua bahan bumbu sambal dengan daun salam/daun jeruk sampai harum
  3. Masukkan ati dan ampela ke dalam tumisan bumbu sambal. Aduk-aduk hingga ati ampela dan semua bumbu tercampur rata.
  4. Masak selama 5-10 menit atau hingga bumbu benar-benar menyerap. Ati ampela balado siap disajikan.

 

Itulah tips mudah agar ati ampela tidak pahit, kamu juga bisa langsung membuat resep ati ampela balado sebagai menu makan siang atau dijadikan sebagai makanan di hari istimewa. Selamat mencoba!

 

Baca juga: Tips Menyimpan dan Mengolah Daging Kurban Secara Tepat

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp