Tips
& Trik
26/06/2023

Cara Bikin Sate Ayam Empuk, Tebal dan Tidak Gosong

bikin sate ayam

Saat melintasi tenda makan sate, aroma panggangannya bikin lapar, ya! Kalau kamu punya daging ayam di rumah, kamu juga bisa, lho bikin sate ayam ala rumahan. Soalnya, kali ini Sasa bakal share cara membuat sate bikin sate ayam empuk, tebal dan tidak gosong buat kamu, nih, Sasa Genks! Sate ayam merupakan salah satu hidangan yang paling digemari di Indonesia. Setuju, dong? Tekstur daging ayam yang empuk, ketebalan yang pas, dan warna yang tidak gosong adalah kunci cara buat sate ayam yang sempurna. Membuat sate ayam memang agak tricky terutama di bagian memanggangnya, apalagi kalau dilakukan di rumah. Tapi tenang saja, Sasa bakal berikan tips lengkap cara bikin sate ayam yang anti-gagal dan matang merata!

 

Tips Membuat Sate Ayam Anti Gagal

 

1. Pilih daging ayam yang tepat

Pastinya kualitas daging ayam sangat berpengaruh ke cara membuat sate ayam, ya, Sasa Genks. Jadi, pilihlah daging ayam fillet yang segar dan berkualitas baik. Ingat untuk pilih daging ayam yang bebas dari lemak berlebih dan kulit. Biasanya, sih, daging ayam bagian dada yang sering jadi pilihan untuk membuat sate karena memiliki tekstur yang padat dan lembut.

 

2. Perhatikan teknik pemotongan

Cara memotong daging ayam juga berpengaruh terhadap keempukan sate ayam. Potong daging ayam menjadi ukuran dadu kecil agar mudah ditusuk dan meresap bumbu dengan baik. Usahakan agar setiap potongan memiliki ukuran yang seragam untuk memastikan proses memasak yang merata. Potong dada ayam lurus dengan lebar sekitar 1,5 cm hingga 3,5 cm. Pakai pisau yang tajam, ya, biar daging terpotong sempurna tanpa tersuwir-suwir.

 

3. Lakukan proses marinasi

Proses marinasi sangat penting untuk menghasilkan sate ayam yang empuk dan lezat. Rendam daging ayam dalam campuran bumbu marinasi, seperti kecap manis, minyak goreng, bawang putih, garam, dan merica, selama minimal 30 menit atau lebih lama jika memungkinkan. Dalam proses marinasi, daging akan meresap bumbu sehingga menghasilkan cita rasa yang lebih kaya. Nah, supaya Sasa Genks gak perlu repot meracik bumbu-bumbu untuk mendapatkan rasa yang pas, pakai saja Sasa Bumbu Ungkep Ayam Kalasan yang lebih praktis! Rasa asem, manis dan gurih khas ayam Kalasan-nya bersatu menghasilkan cita rasa sempurna untuk segala menu ungkepan kamu!

 

4. Tentukan tusukan yang digunakan

Saat membuat sate, biasanya jenis tusukan yang digunakan adalah tusukan besi dan bambu. Tusukan jenis apa yang bakal Sasa Genks pilih, nih? Tusukan bambu memang lebih murah, tapi tusukan besi bisa membuat daging sate matang luar-dalam secara bersamaan dan lebih sedikit risiko gosong! Kalau kamu pilih tusuk bambu yang lebih murah, jangan lupa rendam dulu tusuk bambu selama 20 menit dan keringkan sebelum digunakan, supaya bambu lebih lembab dan tidak mudah patah saat dipanaskan. Tapi kalau kamu pilih tusuk besi, cuci dan keringkan tusukan terlebih dulu lalu oles tusukan dengan mentega atau margarin.

 

5. Gunakan bumbu yang tepat

Selain bumbu marinasi, bumbu yang digunakan untuk membaluri sate ayam juga berperan penting. Jangan lupa untuk mencampurkan bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu kacang yang kaya rasa atau bumbu kecap manis yang memberikan sentuhan manis gurih pada sate ayam. Supaya lebih praktis, pakai saja Sasa Bumbu Lumur Ayam Spesial yang cukup dengan melumuri daging selama 30 menit, bumbu bisa langsung meresap dan memberi cita rasa ala masakan restoran pada sate ayam rumahan kamu! Sst, Sasa Bumbu Lumur Ayam Spesial mengandung kalsium dan omega yang baik untuk kesehatan jantung dan metabolisme tubuh, lho.

 

6. Jaga suhu panggangan yang optimal

Pastikan panggangan sudah cukup panas sebelum memasak sate ayam. Gunakan api sedang agar sate ayam matang secara merata tanpa terlalu cepat gosong di luar namun masih mentah di dalam. Tapi ingat, jangan langsung membakar sate di atas api kompor! Soalnya sate bakal cepat gosong.

 

7. Atur jarak antar potongan daging

Pasti Sasa Genks suka kepo, ‘kan, berapa ya kira-kira potongan daging yang ideal disusun dalam satu tusukan sate? Nah, sini Sasa kasih tahu! Jadi, idealnya dalam satu tusuk daging, tuh, cukup susun 3-4 potong daging yang sudah dimarinasi saja, ya. Lalu, pastikan jarak antar potongan daging tidak terlalu dempet supaya saat dipanggang nanti, potongan daging tidak jadi terlalu kering karena panasnya merata sampai ke bagian dalam daging. Selain itu, kalau kamu pakai tusuk bambu, jangan lupa pastikan ujung tusukan bambunya tertutup daging, ya, agar ujung bambunya tidak ikut terbakar dan malah patah.

 

8. Perhatikan waktu memasak

Nah, ini juga kuncinya! Seringkali kita mendapati pesan “Jangan terlalu lama memasak sate ayam, nanti dagingnya mengering dan menjadi alot,” atau “Jangan terlalu cepat mengangkat sate ayam dari panggangan, nanti bagian dalamnya masih mentah”. Jadi, kapan, sih waktu yang tepat memanggang sate? Menurut Arie Parikesit, pakar kuliner Indonesia, tidak perlu waktu lama untuk dipanggang, hanya membutuhkan 15 menit untuk semua sisinya dan saaat bumbu sudah meresap, sate bisa diangkat!

 

Resep Sate Ayam Klasik

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging ayam fillet, potong kotak-kotak kecil
  • 20 tusuk sate, rendam dalam air selama 30 menit
  • 2 lembar daun jeruk, iris tipis
  • 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 1 sendok makan gula merah sisir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh Sasa Kaldu Ayam

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh jintan
  • 1/2 sendok teh lada bubuk

Cara membuat sate ayam klasik:

  1. Pertama, tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Tambahkan daun jeruk, serai, dan daun salam, aduk rata.
  3. Masukkan ayam potong ke dalam tumisan bumbu, aduk rata, dan masak hingga ayam berubah warna.
  4. Tambahkan gula merah, garam, Sasa Kaldu Ayam, kecap manis, dan air jeruk nipis, aduk rata dan masak hingga bumbu meresap dan ayam matang sempurna.
  5. Tusuk ayam di tusuk sate yang sebelumnya sudah direndam dalam air, lalu bakar di atas bara api hingga matang kecoklatan dengan sesekali diolesi bumbu sate.
  6. Sajikan sate ayam klasik yang menggoda selera bersama bumbu kacang atau sambal kecap.

 

Itulah resep satu ayam yang bisa kamu coba. Mudah bukan dalam pemmbuatannya, selain itu tips and trick tersebut bisa membantu Sasa Genks loh. Temukan berbagai resep mudah dan menarik lainnya hanya di Sasa Melezatkan. Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Makanan Khas Idul Adha yang Cocok Dinikmati Bersama Keluarga

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp

Apa yang ingin kamu tanyakan ?

Halo, ada yang bisa kami bantu?
Apakah masih ada yang ingin ditanyakan?
YA TIDAK
Berikan penilaian untuk kami
         
Terima kasih atas penilaiannya.
TUTUP