Tips
& Trik
03/07/2023

Cara Masak Pare agar Tidak Pahit, Makan Siomay Makin Nikmat!

resep tumis pare

Kalau mendengar kata pare, pasti langsung kepikiran rasa pahitnya. Padahal, tidak semua pare itu pahit, lho. Tenang saja, kali ini Sasa akan berbagi tips mudah cara masak pare agar tidak pahit dan menjadikan hidangan siomay fully lezat! Siapa Sasa Genks yang suka makan siomay? Yang mana yang kamu suka dari siomay? Mungkin jawabannya bermacam-macam. Tapi kalau ditanya yang mana yang tidak kamu suka dari siomay, mungkin tak sedikit yang akan menjawab pare. Ini karena pare dikenal sebagai sayuran yang pahit, jadi banyak orang enggan memakannya sebelum mencicipinya.

 

Pare juga punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho, karena kaya kandungan seperti vitamin A dan vitamin C. Sasa Genks pasti sudah tahu, ya, kalau vitamin C itu penting untuk membantu mencegah penyakit dan penyembuhan luka. Kalau vitamin A biasanya dikenal untuk meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan.

 

Cara Agar Pare Tidak Pahit

 

Sayang banget, ‘kan, kalau pare ini sering diskip saat makan siomay? Padahal ada, lho, cara agar pare tidak pahit dan bisa kamu nikmati kelezatannya. Sst, kalau kamu tahu caranya, kamu juga berpotensi membangun bisnis siomay yang parenya terkenal enak dan tidak pahit. Hihi, kamu tidak perlu berangan-angan lagi, Sasa Genks. Yuk, simak caranya sekarang di bawah ini!

 

1. Pemilihan pare

Pilih pare yang masih muda dan segar, dengan kulit yang berwarna hijau cerah dan tanpa tanda-tanda kerusakan. Hindari memilih pare yang terlalu tua atau memiliki bintik-bintik coklat pada kulitnya, karena pare tua memang terasa lebih pahit.

 

2. Bersihkan dan kupas pare dengan benar

Meskipun kamu memiliki pare yang sudah agak tua yang cenderung pahit, tapi kamu bisa maksimalkan di proses pembersihan dan pengupasannya. Cara menghilangkan pahit pare selanjutnya adalah mencuci pare dengan air bersih atau bisa gunakan sikat lembut untuk membersihkan kulitnya. Nah, ini yang tidak boleh di skip: membuang bagian tengah pare. Cara menghilangkan pahit pare salah satunya adalah dengan membuang bagian pare yang berwarna putih di tengahnya, termasuk bijinya juga, ya, karena bagian putih inilah yang paling pahit.

 

3. Masak dalam bentuk irisan pare

Cheat masak pare agar tidak pahit lainnya adalah dengan mengiris pare. Hah, kok bisa? Ternyata, irisan pare punya rasa pahit yang lebih sedikit daripada potongan pare seperti yang biasa kita temui di siomay. Jadi, kalau kamu mau mengolah pare agar tidak pahit, cobalah masak pare dalam bentuk irisan. Makin tipis, rasa pahitnya semakin menghilang, lho. Nah, dalam bentuk irisan, pare juga lebih mudah diolah menjadi beragam hidangan selain siomay.

 

4. Rendam pare dalam air garam

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran dan buah, termasuk pare, adalah dengan merendamnya dalam air garam. Sasa Genks bisa siapkan mangkuk berisi air garam dengan perbandingan satu sendok makan garam dalam satu liter air. Masukkan potongan pare ke dalam air garam dan biarkan merendam selama sekitar 15-20 menit. Kamu juga bisa uleni atau remas-remas pare pada rendaman agar make sure cairan pare keluar semua dan tekstur pare semakin terasa layu.

 

5. Rebus pare agar lebih maksimal

Supaya makin yakin rasa pahit pada pare tidak akan mengontaminasi masakan, kamu juga bisa merebusnya setelah direndam dalam air garam. Ini bisa membantu mengurangi rasa pahit yang masih tersisa. Tak perlu lama-lama agar tekstur pare tidak lembek. Setelah direbus, tiriskan pare dan bilas dengan air dingin untuk menghentikan proses pemasakan. Itulah tips yang bisa kamu coba saat akan mengolah pare agar tidak pahit. Kamu jadi bisa makan siomay lengkap buat sarapan tanpa terganggu rasa pahit dari pare yang kadang bikin gak mood seharian, Sasa Genks!

 

Resep Tumis Pare

 

Selain siomay, pare yang sudah kamu olah tersebut bisa kamu masak jadi berbagai hidangan, bahkan pelengkap masakan kamu, karena rasa pahitnya sudah tidak lagi keluar dan merubah rasa masakan. Kamu bisa coba Cara membuat tumis pare tempe di bawah ini yang cocok untuk lauk di rumah atau bekal di kantor karena bahannya mudah didapat dan disimpan!

Bahan:

  • 2 buah pare, olah seperti cara di atas
  • 200 gram kacang panjang, potong pendek
  • 200 gram tempe, potong dadu
  • 2 potong lengkuas
  • 1/2 sdt gula
  • 3 siung bawang putih, iris halus
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm kecap manis
  • 1/4 sdt garam
  • 250 ml air
  • 1 bungkus Sasa Bumbu Ekstrak Kaldu Ayam

Cara memasak tumis pare:

  1. Tumis bawang putih iris, lalu masukkan daun salam dan lengkuas, aduk hingga rata.
  2. Masukkan tempe, air, Sasa Bumbu Ekstrak Kaldu Ayam, garam, gula, dan kecap manis secukupnya sesuai selera. Aduk rata lagi.
  3. Masukkan potongan kacang panjang dan irisan pare. Usahakan potongan kacang panjang berukuran 3 cm saja, lalu tumis sampai matang.

 

Bagaimana, Sasa Genks? Ternyata gak sulit, ‘kan, cara mengolah pare agar tidak pahit? Dijamin masakan pare kamu tidak akan terasa pahit. Apalagi kalau kamu tambahkan bumbu penyedap Sasa, makin gurih dan nikmat, deh, masakan kamu! Sst, kamu bisa kreasikan pare dengan beragam resep masakan di Kreasi Sasa, lho. Happy cooking, Sasa Genks!

 

Baca juga: Rahasia Mudah Membuat Kentang Goreng yang Renyah dan Lezat

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp