Tips
& Trik
18/04/2023

Cara Membuat Es Kolang Kaling Empuk, Manis dan Segar

resep es kolang kaling

Es kolang kaling menjadi salah satu minuman takjil buka puasa yang sering dicari karena rasanya yang manis dan segar serta teksturnya yang empuk. Kali ini, Sasa Genks tidak perlu sibuk mencari tempat berjualan es kolang kaling, soalnya Sasa akan membagikan cara masak es kolang kaling yang manis dan empuk, jadi kamu bisa coba masak sendiri di rumah!

 

Mengenal Kolang Kaling dan Manfaatnya

 

Ada yang tahu apa itu Kolang kaling? Kolang kaling berbentuk lonjong pipih, berwarna putih transparan dengan tekstur licin dan kenyal. Kolang kaling dibuat dari biji pohon aren yang juga berbentuk pipih dan bergetah. Karena Indonesia kaya akan pohon aren atau enau, kolang kaling juga merupakan komoditas ekspor unggulan baru Indonesia, lho. Selain segar dan menggugah selera, ternyata tidak sedikit manfaat kolang kaling bagi kesehatan, salah satunya yaitu mencegah penuaan dini! Hayo, siapa Sasa Genks yang lagi aktif mencari produk anti-aging, nih?

 

Dilansir dari Hellosehat, ternyata buah aren kaya akan kandungan senyawa galactomannan yang punya khasiat anti-aging dengan cara menghambat senyawa Tironase hingga 50 persen! Sebagai informasi, Tironase adalah senyawa pembentuk melanin, termasuk bintik-bintik kulit yang muncul karena proses penuaan kulit. Selain itu, kandungan kolang kaling yang berupa vitamin C, zat besi, pati, serat, kalsium, dan fosfor juga berperan penting memberikan manfaat lain bagi kesehatan, seperti memperlancar sistem pencernaan, mencegah pengeroposan tulang dan anemia serta pastinya menghidrasi tubuh!

 

Cara Masak Kolang Kaling Biar Empuk

 

Membuat kolang kaling agak tricky karena teksturnya harus pas agar enak saat diolah menjadi hidangan apapun. Sasa Genks sebaiknya pilih kolang kaling yang muda atau yang kenyal supaya mudah diolah. Nah, sebelum mengetahui cara mengolah kolang kaling menjadi hidangan yang segar untuk berbuka puasa, kita cari tahu dulu, yuk, cara bikin supaya kolang kaling nanti terasa empuk dan tidak asam. Simak langkah-langkahnya di bawah ini, ya:

1. Cuci kolang kaling sampai bersih

Karena berasal dari biji pohon aren yang bergetah, pastikan kolang kaling dicuci sampai bersih ya, Sasa Genks! Kamu mungkin perlu mencucinya sebanyak beberapa kali.

2. Rendam kolang kaling dengan air beras

Nah, setelah bersih dari lendirnya, bukan berarti rasa getah atau lendirnya sudah hilang juga. Kamu perlu merendam kolang kaling yang telah dibersihkan selama kurang lebih 30 menit agar rasa asam dari lendirnya berkurang. Semakin lama, semakin berkurang lendirnya, jadi sesuaikan waktu rendamnya dengan jumlah kolang kaling yang kamu gunakan.

3. Rebus selama 15 menit.

Setelah kolang kaling sudah dipastikan bersih dari getah, selanjutnya tuang kolang kaling ke air mendidih lalu rebus selama 15 menit. Semakin lama waktu merebus, kolang kaling akan semakin empuk.

4. Angkat dan tiriskan kolang kaling

Setelah direndam dan direbus, kolang kaling kini siap untuk selanjutnya diolah menjadi es kolang kaling yang segar, empuk dan tidak asam.

5. Rebus dengan air gula

Supaya kolang kaling awet dan bisa disimpan untuk dikonsumsi lagi, Sasa Genks cukup merebus lagi kolang kaling yang sudah diproses tadi dengan air gula sampai mendidih. Selanjutnya simpan di wadah tertutup dengan air gula lalu letakan di dalam kulkas.

 

Resep dan Cara Membuat Es Campur Kolang Kaling

Bahan-bahan:

  • 100 gram kolang kaling
  • 100 gram gula pasir
  • 100 ml Air
  • 1 bungkus Sasa Santan Cair Omega-3
  • Es batu secukupnya
  • 20 ml Sirup
  • Chia seed secukupnya
  • Jelly secukupnya

Cara Membuat:

  1. Tuang air ke dalam panci dan masukkan gula pasir dalamnya.
  2. Setelah air dan gula larut, angkat dan saring larutan agar bebas dari tekstur yang menggumpal.
  3. Setelah dipastikan bersih, didihkan lagi larutan air dan gula, lalu tuangkan Sasa Santan Cair secara perlahan sambil diaduk
  4. Diamkan sampai air dan santan merata dan matang
  5. Sambil menunggu air santan matang, rebus kolang kaling sebentar agar benar-benar matang
  6. Setelah direbus, sisihkan kolang kaling dan buang air rebusannya
  7. Setelah air santan matang, diamkan sampai suhunya menurun, kemudian ditambahkan es batu secukupnya
  8. Sajikan kolang kaling di gelas dengan air santan tersebut dan tambahan jelly dan chia seed secukupnya
  9. Es campur kolang kaling siap disantap

 

Gimana, Sasa Genks? Siap untuk mengolah kolang kaling secara mandiri di rumah? Tidak sulit, ‘kan? Kalau sudah dipraktekan, jangan lupa bagikan pengalamanmu ke Sasa Poin dan dapatkan saldo e-wallet dan beragam hadiah menarik lainnya! Dapatkan inspirasi dan resep memasak menu lezat dan sehat lainnya untuk berbuka puasa di Kreasi Sasa. Selamat berkreasi, Sasa Genks!

 

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp

Apa yang ingin kamu tanyakan ?

Halo, ada yang bisa kami bantu?
Apakah masih ada yang ingin ditanyakan?
YA TIDAK
Berikan penilaian untuk kami
         
Terima kasih atas penilaiannya.
TUTUP