Tips
& Trik
21/07/2023

5 Resep Masakan Berkuah Enak dan Gurih, Cocok untuk Musim Hujan

makanan berkuah

Kalau sedang hujan, rasanya nafsu makan jadi bertambah, ya? Sasa Genks biasanya prefer makan apa, nih, sambil menikmati waktu hujan? Biasanya orang akan memilih makanan berkuah panas, seperti mie kuah, untuk menghangatkan tubuh. Yes, makanan berkuah hangat pilihan tepat di kala hujan, dan biar gak bosan makan mie terus, Sasa punya rekomendasi dan resep masakan berkuah yang cocok dimakan saat hujan!

 

Dimanapun kamu berada saat musim hujan, biasanya orang akan banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Dilansir Klikdokter, di tengah cuaca yang menjadi dingin, tubuh akan merespon dengan membutuhkan sesuatu untuk menghangatkan tubuh, salah satunya asupan makanan. Makanya, orang cenderung memilih makanan hangat, khususnya yang berkuah agar memberi rasa relaks.

 

Rekomendasi Makanan Berkuah Simpel dan Enak

 

Selain mie kuah, 5 rekomendasi makanan berkuah ini juga tak kalah enak, gurih dan praktis buat dikonsumsi pas musim hujan, lho, Sasa Genks! Apalagi makanan pedas berkuah, hmm..endul banget! Langsung simak saja inspirasi makanan kuah di bawah ini.

 

1. Sayur Sop Ayam

cara membuat sop ayam

Perpaduan sayuran segar, gurihnya ayam dan hangat kuahnya, sayur sop ayam pilihan sempurna untuk jadi salah satu olahan ayam dan sayur berkuah yang pas buat cuaca hujan. Dengan resep dari Sasa, kamu bisa bikin sayur sop ayam yang praktis dan enak, cocok buat kamu yang suka mager saat hujan.

Bahan-bahan:

  • 1 potong ayam, disuwir
  • 1 buah wortel, dipotong
  • 2-3 buncis secukupnya, potong dan buang ujungnya
  • 1 buah kentang atau secukupnya, kupas dan potong dadu
  • 4 siung bawang putih
  • 2 lembar seledri, rajang
  • 2 lembar daun bawang, rajang
  • 1/2 sendok makan Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam
  • Gara, gula dan merica bubuk secukupnya
  • 1.5 L air
  • 2 cm jahe, opsional sesuai selera
  • 1 sdm margarin

Cara membuat:

  1. Rebus potongan ayam dengan jahe supaya empuk dan lebih beraroma, gunakan api sedang.
  2. Di wajan terpisah, lelehkan margarin, lalu tumis bawang putih yang telah dihaluskan sampai harum, kemudian tuang di rebusan tadi.
  3. Masukkan potongan wortel dan buncis, kemudian tambahkan Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam, garam gula dan merica bubuk, lanjut masak di api kecil.
  4. Tambahkan potongan kentang, lalu masukan rajangan daun bawang dan daun seledri, lanjut masak lagi, cicipi dan atur rasa sesuai preferensi.
  5. Matikan api, sajikan sayur sop ayam selagi hangat.

 

2. Bakso Kuah

resep bakso kuah

Nah, kalau ini, sih makanan berkuah yang enak dan hampir semua orang Indonesia suka. Apalagi untuk orang-orang di perkantoran, soalnya bakso sangat menjamur di area-area perkantoran. Tapi kalau kamu di rumah saja saat hujan, kamu juga bisa membuat bakso sendiri dengan resep makanan berkuah dari Sasa ini. Simak resep bakso kuah yang mudah dan enak di bawah ini, ya.

Bahan bakso:

  • 500 gram daging sapi giling
  • 100 gram tepung terigu
  • ½ kg butir telur, ambil putihnya
  • Sasa MSG secukupnya
  • Garam, merica, gula secukupnya
  • 1 siung bawang putih, kupas dan haluskan
  • 225 gram es batu, serut

Bahan kuah bakso:

  • 3 L air atau secukupnya
  • 8 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • Bawang merah goreng, sesuai selera
  • Seledri secukupnya
  • 1 lembar daun bawang, cincang
  • 1 bungkus Sasa Bumbu Ekstrak Daging Sapi

Cara membuat:

  1. Blender daging sapi, bawang putih dan garam, lalu giling
  2. Tambahkan putih telur, es batu, Sasa MSG, bawang putih, merica dan gula sesuai selera, lalu giling lagi sampai lembut
  3. Masukkan tepung terigu lalu lanjut giling lagi sampai lembut
  4. Ambil sejumput adonan tadi dan bentuk menjadi bulat, ulangi sampai adonan habis
  5. Buat rebusan air, lalu rebus bakso tadi sampai matang, tiriskan
  6. Sekarang buat kuah bakso dari rebusan air yang ditambah 1 bungkus Sasa Bumbu Ekstrak Kaldu Sapi bersama seledri dan daun bawang, gunakan api kecil
  7. Masukkan bawang merah, bawang putih, garam, merica bubuk dan gula sesuai selera, lalu masak sampai air mendidih.
  8. Tuang bawang merah goreng sesuai selera sambil diremas-remas, lalu aduk kembali sampai rata, matikan api setelah kuah matang.
  9. Campurkan bakso tadi ke dalam kuah untuk penyajian. Kamu bisa pakai mie, bihun, kerupuk atau bawang goreng sebagai pelengkap!

 

3. Soto Ayam Gurih

soto ayam enak

Soto juga banyak jadi andalan makanan berkuah di kala hujan, soalnya rasanya gurih khas banget, meskipun untuk membuatnya sendiri di rumah memang agak tricky. Eits, tapi bukan Sasa namanya kalau gak bisa kasih Sasa Genks tips masak soto yang praktis dan tetap enak. Coba cek resepnya di bawah ini, ya!

Bahan-bahan:

  • 4 potong dada ayam, goreng dan suwir
  • 200 gr bihun atau sesuai selera, rebus
  • 7 lembar kubis, potong-potong kecil
  • Minyak, untuk menumis bumbu

Bahan bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar yang dihaluskan
  • 2 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 3 cm jahe, geprek
  • 3 cm lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai, geprek
  • 1 liter kaldu ayam
  • 1 bungkus Sasa Santan Cair
  • 1 tangkai daun bawang
  • Garam dan lada, sesuai selera

Pelengkap:

  • 2 telur rebus, masing-masing belah 2
  • Irisan jeruk nipis

Cara membuat:

  1. Tumis bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, kunyit
  2. Tuangkan kaldu ayam secara perlahan pada tumisan
  3. Tambahkan jahe, lengkuas, daun salam, serai, garam dan lada ke dalamnya, masak sampai mendidih
  4. Tuangkan Sasa Santan Cair ke dalam campuran kuah tadi
  5. Sambil tunggu matang, susun bihun, ayam suwir dan lembaran kol pada mangkuk
  6. Tuang kuah ke dalam mangkuknya, soto siap disajikan dengan pelengkap telur dan irisan jeruk nipis

 

4. Sup Telur Tomat

resep sup telur

Olahan sayuran berkuah lainnya yang bisa kamu nikmati saat hujan adalah sup telur tomat. Belum pernah coba? Makanya, coba buat deh kalau kamu di rumah dan suasana sedang hujan. Tenang, ada resepnya kok dari Sasa, yang pastinya mudah dan simpel buat kamu yang bakal mageran tiap hujan turun!

Bahan-bahan:

  • 1 buah tomat, potong kecil-kecil
  • 4 butir telur ayam, kocok lepas
  • 2 siung bawang putih, iris
  • 6 siung bawang merah, iris
  • 2 batang daun bawang, rajang
  • 3 sdm minyak goreng
  • 500 ml air
  • ½ sdt Sasa Bumbu Ekstrak Daging Sapi
  • Gula, garam, dan merica sesuai selera

Cara membuat:

  • Tumis irisan bawang merah, lalu setelah harum, tambahkan bawang putih, daun bawang dan potongan tomat. Tumis lagi sampai harum
  • Tuang air ke dalamnya, lalu tambahkan Sasa Bumbu Ekstrak Daging Sapi, gula, garam dan merica sesuai selera. Rebus sampai mendidih
  • Masukan kocokan telur sambil aduk-aduk perlahan, kemudian saat telur matang, matikan api dan sajikan.

 

5. Krim Sup Makaroni Jagung

sup makaroni

Terdengar fancy, ya. Tapi saat disajikan hangat-hangat dikala hujan, ini menu yang gak bakal menyesal kalau dibeli, deh! Kamu juga bisa buat sendiri, lho, di rumah, dengan bahan-bahan yang gak sulit juga didapatkan, kok. Gak percaya? Simak saja resep masakan berkuah lainnya di bawah ini!

Bahan-bahan:

  • 100 gram makaroni atau secukupnya, rebus
  • 2 Iembar daging asap, opsional, potong iris
  • ½ buah jagung manis, pipil bijinya
  • ½ siung bawang bombai ukuran kecil, kupas dan cincang
  • 3 siung bawang putih, kupas dan cincang
  • 1 L air
  • 1 bungkus Sasa Bumbu Ekstrak Daging Sapi
  • 200 ml susu cair atau UHT
  • Garam, gula dan lada hitam bubuk sesuai selera
  • 1 sendok teh mentega
  • Minyak secukupnya untuk menumis
  • 2 sendok makan maizena

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih, bawang bombai dan daging asap sampai wangi
  2. Tuangkan air, lalu masukan biji jagung, masak sampai jagung empuk
  3. Tuang susu cair dan makaroni, lalu campurkan maizena dengan air, kemudian tambahkan campuran maizena
  4. Aduk rata semua campuran, dan tunggu sampai mendidik
  5. Tambahkan gula, garam dan lada hitam bubuk secukupnya sesuai selera, sambil aduk rata dan diicip
  6. Jika rasa sudah pas, matikan api kompor lalu masukkan mentega secukupnya, kemudian aduk sampai meleleh di dalamnya, sajikan selagi hangat!

 

Bagaimana, Sasa Genks, sudah dapat inspirasi mau makan masakan berkuah apalagi kalau hujan nanti? Atau masih belum move on dengan rasa mie kuah andalan kamu? Hihi, jangan lupa coba recook biar bisa rasakan sendiri enak dan praktisnya resep masakan berkuah yang Sasa bagikan di atas. Eits, kamu juga bisa lihat-lihat inspirasi masak lainnya di Kreasi Sasa. Selamat berkreasi, Sasa Genks!

 

Baca juga: Resep Sup Daging

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp

Apa yang ingin kamu tanyakan ?

Halo, ada yang bisa kami bantu?
Apakah masih ada yang ingin ditanyakan?
YA TIDAK
Berikan penilaian untuk kami
         
Terima kasih atas penilaiannya.
TUTUP