Tips
& Trik
26/06/2023

Resep Nasi Daun Jeruk agar Makanan Lebih Nikmat

cara membuat nasi daun jeruk

Sasa Genks tahu tidak, setelah nasi uduk, nasi kuning, nasi liwet, kini sedang ramai nasi daun jeruk. Akhir-akhir ini, kita sering melihat variasi nasi daun jeruk yang banyak dihidangkan di rumah-rumah makan. Sasa Genks sudah coba, belum? Kalau belum, kamu bisa praktekan tips resep nasi daun jeruk simpel ala Sasa yuk! Nasi daun jeruk adalah hidangan yang sedang populer di Indonesia. Bagaimana tidak, nasi putih pulen yang menggugah selera terutama saat panas, dipadukan dengan daun jeruk yang aromanya harum, makin meningkatkan kelezatan nasi yang menjadi menu pokok sebagian besar masyarakat Indonesia.

Oh iya, bukan cuma lezat, tapi cara membuat nasi daun jeruk juga mudah dan praktis, lho! Kamu bahkan bisa masak nasi daun jeruk cuma dengan rice cooker, dan dengan bahan-bahan sederhana seperti santan dan daun jeruk. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, nih, supaya gak fail dan malah buang-buang nasi.

 

Tips Masak Nasi Daun Jeruk

 

1. Persiapan daun jeruk

Menyiapkan daun jeruk untuk masakan sedikit tricky. Salah sedikit malah bikin rasa masakan terkontaminasi. Karena itu, cuci daun jeruk dengan air bersih dan keringkan dengan lembut. Robek atau lubangi daun jeruk agar lebih mudah melepaskan aroma alaminya saat nasi dimasak. Oh iya, jangan lupa tulang daun juga harus dibuang!

 

2. Menggunakan Sasa Santan agar lebih gurih

Gunakan perbandingan 1:1,5 atau 1:2 (beras:santan) tergantung pada preferensi kamu saat memasak nasi. Sasa Santan terbuat dari daging kelapa tua berkualitas yang sudah bisa langsung dikonsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dulu, lho. Bahkan kamu bisa langsung minum! Sasa Santan Cair ini juga gak bakal mudah pecah saat dimasak, jadi pastinya proses masak nasi jadi lebih sempurna, karena rasa dan aromanya juga otentik seperti perahan santan asli. Bahan yang berkualitas akan menghasilkan masakan yang level-up juga, Sasa Genks!

 

3. Teknik memasak yang tepat

Sebaiknya tambahkan daun jeruk ke dalam rice cooker setelah nasi paling tidak setengah matang. Ini agar santan meresap dulu ke dalam nasi dan daun jeruk tidak keburu rusak saat proses memasak di dalam rice cooker. Setelah memasukan daun jeruk, aduk-aduk nasi dan tutup lalu lanjutkan proses memasak hingga matang.

 

4. Diamkan nasi sejenak

Setelah nasi matang, biarkan nasi daun jeruk diam selama beberapa menit sebelum dihidangkan. Hal ini akan membantu nasi mengendap dan memperbaiki tekstur dan kelembutan nasi.

 

Resep Nasi Daun Jeruk

 

Nah, setelah kamu tahu tips memasak nasi daun jeruk supaya gak proses masaknya tetap terjaga nantinya. Sekarang saatnya resep nasi daun jeruk ala Sasa yang bikin masakan kamu jadi lebih nikmat!

Bahan masak nasi daun jeruk:

  • 3 cup beras
  • 200 ml Sasa Santan Cair Omega 3
  • 10 lembar daun jeruk yang sudah dibersihkan, potong tipis-tipis

Bahan bumbu:

  • 10 lembar daun jeruk, remas
  • 2 batang serai, memarkan
  • 7 lembar daun salam
  • 1 lembar daun pandan
  • 1,5 sdt garam

Cara masak nasi daun jeruk:

  1. Cuci bersih beras, masukkan ke dalam rice cooker bersama Sasa Santan Cair, sesuaikan perbandingan beras dan santan.
  2. Masukkan semua bumbu, aduk rata dan mulai proses masak.
  3. Saat nasi telah setengah atau agak matang, masukkan irisan daun jeruk ke dalam rice cooker, kemudian aduk rata, tutup dan lanjutkan proses masak.
  4. Jika sudah matang, tunggu sebentar sebelum membuka rice cooker. Nasi daun jeruk siap disajikan.

 

Nasi daun jeruk cocok bisa disajikan dengan berbagai hidangan, seperti ayam goreng, ikan bakar, atau tumis sayuran. Tapi, kamu juga bisa, lho, berkreasi dengan nasi jeruk untuk membuat menu lainnya, salah satunya membuat nasi goreng daun jeruk.

 

Resep Nasi Goreng Daun Jeruk

 

Wah, menu yang perfect buat sarapan pagi dan memulai hari nih, Sasa Genks. Setuju, gak? Yuk, simak resep sarapan nasi goreng daun jeruk di bawah ini! Seperti biasa, gak susah, kok!

Bahan nasi goreng daun jeruk:

  • 1/2 potong dada ayam, rebus, suwir-suwir
  • 10 lembar daun jeruk, bersihkan dan buang tulang daunnya, iris tipis-tipis
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 4 buah cabai hijau keriting, iris serong (opsional)
  • 600 gram nasi putih
  • 2 sdt kecap ikan
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • Minyak secukupnya, untuk menumis

Bumbu halus:

  • 6 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 buah cabai hijau besar (opsional)

Cara membuat nasi goreng daun jeruk:

  1. Haluskan semua bahan bumbu yang sudah disiapkan, lalu tumis sampai matang dan harum.
  2. Sisihkan di pinggir wajan. Masukkan telur. Aduk sampai menjadi kecil-kecil. Tambahkan cabai hijau sesuai selera. Aduk sampai layu.
  3. Masukkan nasi dan sebagian ayam suwir. Aduk rata. Tambahkan kecap ikan, garam, dan merica bubuk sesuai selera. Aduk rata.
  4. Masukkan sisa ayam suwir dan daun jeruk. Aduk rata hingga matang. Nasi goreng daun jeruk siap disajikan.

 

Ternyata hanya dengan daun jeruk, kita bisa berkreasi menghasilkan menu masakan yang lezat dan penuh rasa, ya, Sasa Genks. Next bakal ada resep dan tips masak apa lagi, nih? Simak terus update Kreasi Sasa, ya!

 

Baca juga: 6 Cara Membuat Seblak yang Tepat dan Mudah untuk Pemula

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp