Tips
& Trik
07/07/2023

Resep Nasi Tutug Oncom Khas Sunda, Gurih dan Mudah Dibuat!

nasi tutug oncom

Sasa Genks yang berasal dari tanah Sunda pasti tahu menu Nasi Tutug Oncom. Seperti namanya, menu ini dasarnya adalah nasi yang ditumis dan dicampur dengan oncom. Hmm, terdengar enak, ya? Biar gak penasaran soal rasanya, Sasa bakal membagikan resep nasi tutug oncom yang gurih dan mudah dibuat Sasa Genks di rumah!

 

Mengenal Nasi Tutug Oncom

 

Tiap wilayah di Indonesia memiliki kreasi nasi khasnya masing-masing. Nah, salah satunya Nasi Tutug Oncom atau sangu tutug oncom yang berasal dari Tasikmalaya, Jawa Barat ini. Tutug sendiri dalam bahasa Sunda artinya “ditumbuk”. Jadi, nasi tutug berarti “nasi yang ditumbuk”. Nasi tutug adalah hidangan yang terdiri dari nasi yang ditumis dengan bumbu-bumbu khas Sunda seperti kencur, bawang-bawang dan cabai dan kemudian dicampur dengan oncom. Sasa Genks pasti tahu oncom, ‘kan? Itu, loh, sejenis olahan fermentasi kacang tanah. Nasi Tutug Oncom biasanya disajikan dengan berbagai jenis lauk pauk, seperti ikan asin, ayam goreng, tempe goreng, atau sambal terasi. Nasi tutug juga sering dimakan dengan pelengkap seperti daun singkong atau daun pepaya, seperti makanan khas Sunda lainnya, untuk memberikan rasa yang lebih segar.

 

Cara Membuat Nasi Tutug Oncom

 

Nah, sudah kebayang atau belum, nih, rasa Nasi tutug ini? Sepertinya resep tutug oncom yang berupa perpaduan rasa asin dari oncom, gurih dari bumbu kencur dan pulen dari nasinya menggugah selera banget, ya? Sasa paham, kok, maunya Sasa Genks, hehe. Yuk, langsung saja simak cara membuat nasi tutug oncom di bawah ini!

Bahan:

  • 400g oncom, iris
  • 600g nasi putih
  • 2 sdm kecap manis, sesuai selera
  • 2 sdm Sasa Bumbu Ekstrak Daging Ayam
  • 1 sdm terasi yang sudah dibakar
  • 5 sdt merica putih bubuk
  • 3 sdm minyak goreng
  • daun pisang, untuk membungkus

Bahan bumbu halus:

  • 7 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 cm kencur
  • 6 cabai keriting merah
  • 5 cabai rawit merah

Cara membuat nasi tutug oncom:

  1. Panaskan minyak, masak oncom yang sudah disiapkan sampai agak kering, kemudian remas-remas sampai oncom berbutir agak halus.
  2. Haluskan bahan-bahan bumbu halus, sisakan bawang merah sedikit untuk digoreng.
  3. Panaskan minyak goreng di atas wajan, lalu tumis bahan-bahan bumbu halus bersama dengan kecap manis dan Sasa Kaldu hingga keluar aroma wangi dan matang.
  4. Masukkan oncom ke dalam wajan, kemudian aduk hingga bumbunya tercampur rata.
  5. Matikan api, lalu masukkan bawang merah yang sudah digoreng, lalu aduk rata.
  6. Masukkan nasi pulen ke dalam tumisan oncom, aduk hingga keduanya tercampur rata.
  7. Porsi resep ini bisa dibagi menjadi 3 atau 4 bagian nasi campur oncom.
  8. Setelah matang, bungkus nasi tutug oncom dengan daun pisang sesuai porsi. Oleskan minyak goreng di daun terlebih dulu.
  9. Jika mau dipanggang, coba panggang sebentar bungkus nasi tutug di atas bara api hingga daunnya terlihat agak kering.
  10. Sajikan nasi tutug oncom dengan pelengkapnya sesuai selera.

 

Resep Nasi Tutug Oncom untuk Jualan

 

Itulah cara membuat nasi tutug oncom yang gurih dan lezat. Sebagai tambahan resep nasi tutug oncom untuk jualan juga bisa kamu lihat dari resep di atas, lalu kamu kreasikan tingkat kepedasannya, atau dengan menambah topping saat menumis agar makin menambah value nasi tutug oncom kamu. Eits, tapi ingat, nasi tutug adalah hidangan yang harus disajikan langsung dalam keadaan hangat. Nasi tutug ini tidak dapat dikonsumsi lebih dari sehari. Bahkan, nasi tutug oncom tidak bisa disimpan dalam kulkas atau freezer! Jika dilakukan, nasi tutug akan berubah menjadi toksik atau racun karena fermentasi yang berlebihan. Hati-hati, ya, Sasa Genks! Selain resep nasi tutug oncom, kamu juga bisa mendapatkan beragam inspirasi memasak lainnya di Kreasi Sasa. Siapa tahu kamu bisa dapat untuk berkreasi dengan resep nasi tutug oncom untuk jualan kamu nanti. Oke deh, happy cooking, Sasa Genks!

 

Baca juga: Resep Nasi Uduk Komplit

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp