Tips
& Trik
22/02/2024

Resep Tahu Isi Crispy Enak, Ide Takjil Buka Puasa

resep tahu isi sayur

Halo Sasa Genks, menjelang bulan puasa, pastinya kamu sudah menyiapkan beberapa ide resep masakan untuk takjil? Kali ini Kreasi Sasa ingin berbagi resep yang tidak hanya lezat tapi juga bergizi, yaitu resep tahu isi sayur crispy. Mengapa dikatakan hidangan enak dan bergizi? Dikarenakan jika Sasa Genks mengkonsumsi tahu secara teratur, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat bagi kesehatan. Kedelai yang merupakan bahan dasar tahu diyakini dapat membantu mengurangi risiko pembentukan sel kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat. Tahu juga dapat melindungi tubuh dari kanker usus dalam beberapa kasus. Menambahkan bahan seperti tahu yang memiliki kandungan protein nabati adalah solusi cerdas untuk membuat makanan sehat dan murah. Simak cara membuat tahu isi di bawah ini.

 

Resep Tahu Isi Sayur Crispy Simpel dan Sehat

Bahan-Bahan:

  • 10 buah tahu putih, potong jadi dua dan keruk bagian tengahnya
  • 150 gram kol, iris halus
  • 100 gram wortel, serut kasar
  • 50 gram tauge
  • 2 batang daun bawang, iris halus
  • 1 butir telur ayam
  • 200 gram Sasa Tepung Bumbu Original
  • 200 ml air
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Saus:

Cara Membuat Tahu Isi:

  1. Persiapan Isi: Campurkan kol, wortel, tauge, dan daun bawang dalam sebuah wadah. Tambahkan telur ayam dan aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Mengisi Tahu: Ambil satu bagian tahu yang sudah dikosongkan, isi dengan campuran sayuran tadi. Ulangi hingga semua tahu terisi penuh.
  3. Membuat Adonan Tepung: Dalam wadah terpisah, campurkan Sasa Tepung Bumbu Original dengan air. Aduk hingga adonan tercampur rata dan kental. Pastikan adonannya tidak terlalu encer agar bisa melapisi tahu dengan sempurna.
  4. Menggoreng Tahu: Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang banyak. Celupkan tahu isi ke dalam adonan tepung, pastikan semua bagian terlapisi dengan baik. Goreng hingga berwarna keemasan dan crispy. Lakukan hingga semua tahu tergoreng.
  5. Membuat Saus: Campurkan semua bahan saus dalam panci kecil. Masak dengan api kecil hingga mendidih dan mengental. Sesekali aduk agar tidak menggumpal.
  6. Penyajian: Tata tahu isi sayur crispy di atas piring saji. Siramkan saus di atasnya atau bisa disajikan terpisah sebagai cocolan.

 

Tips Masak Tahu Isi Anti Gagal

  • Keruk tahu dengan hati-hati. Pastikan untuk tidak merusak bagian luar tahu saat mengeruk isinya agar tahu tidak pecah saat digoreng.
  • Konsistensi adonan tepung. Jangan terlalu encer atau terlalu kental. Adonan yang terlalu encer tidak akan menempel sempurna pada tahu, sementara adonan yang terlalu kental akan membuat lapisan tepung terlalu tebal dan tidak renyah.
  • Penggorengan: Gunakan api sedang agar tahu matang secara merata dan lapisan tepung tidak cepat gosong. Atur suhu minyak kurang lebih 170 derajat untuk menggoreng.
  • Variasi isian: Jangan ragu untuk bereksperimen dengan isian tahu. Kalian bisa menambahkan jamur, daging ayam cincang, atau bahkan keju untuk variasi rasa.
  • Menggunakan air dingin. Dalam membuat adonan crispy, kamu bisa menggunakan air dingin agar menghasilkan tahu yang lebih renyah dan kriuknya menggoda di mulut.
  • Menggunakan Sasa Tepung Bumbu. Buat adonan basah tahu isi dengan menggunakan Sasa Tepung Bumbu Original yang mengandung berbagai vitamin dan mineral. Tidak hanya itu, jika kamu ingin membuat tahu isi dengan rasa yang lebih pedas, kamu juga bisa menggunakan Sasa Tepung Bumbu Hot & Spicy loh.

 

Penyajian Tahu Isi Sayur

Sajikan tahu isi crispy selagi hangat untuk menikmati kerenyahannya yang maksimal. Tambahkan saus sambal atau saus kecap sebagai pelengkap. Tahu isi crispy ini bisa menjadi pilihan takjil buka puasa, cemilan di sore hari, atau bahkan lauk pendamping yang sempurna untuk makan malam bersama keluarga. Sasa Genks juga bisa membuat resep olahan tahu lainnya seperti bola tahu bayam atau tumis tahu dengan brokoli dan wortel yang menyehatkan. Jadi, sudah siap untuk menyantap salah satu jenis cemilan sehat dan enak? Selamat mencoba!

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp