Tips
& Trik
24/07/2023

Tips Masak Kepiting Lezat dan Mudah Ditiru Tanpa Capek Ngupas!

cara masak kepiting

Sasa Genks, kamu pernah makan kepiting? Karena merupakan hewan crustaceae atau bercangkang keras di seluruh tubuhnya, proses persiapan makannya saja sudah cukup menguras tenaga jika tidak terbiasa. Eits, tapi bukan berarti kamu tidak bisa masak kepiting dan menikmatinya dengan keluarga di rumah, lho. Penasaran dengan tips masak kepiting rumahan dari Sasa? Selain harganya yang mahal, kesulitan untuk makan dan masak kepiting itulah yang membuat orang tidak cenderung memilihnya sebagai bahan masakan, dibanding hasil laut yang lain seperti ikan, udang dan cumi. Padahal, ada cara masak kepiting yang mudah kamu tiru supaya bisa makan fancy dengan keluarga di rumah saja, lho.

 

Tips Masak Kepiting Agar Mudah Diolah

 

Karena bentuk dan teksturnya yang keras oleh cangkang, masak kepiting perlu persiapan lebih supaya dagingnya dapat diolah maksimal dan lezat dengan bumbu yang meresap ke dalam dagingnya, bukan hanya melumuri cangkangnya. Pertama, rebus dulu kepiting agar saat proses mengekstrak daging, cangkang mudah dilepas. Kamu bisa merebusnya selama 10-15 menit tergantung ukuran kepiting. Ini juga bisa sekaligus mematangkan kepiting. Setelah cangkang melunak dan daging matang, kamu sudah bisa mengolahnya jadi berbagai resep masak kepiting yang kamu suka!

Kalau kamu memilih cara masak kepiting yang sudah dipotong, pertama kamu lepaskan dulu cangkangnya dengan cara menariknya ke depan sampai terbuka. Kalau kamu sudah lihat organ-organ dalamnya, buang semua bagian tersebut. Pro tips: buang semua bagian yang bukan warna putih, karena yang warna putih adalah dagingnya. Setelah itu balik kepiting untuk membersihkan bagian perutnya, bersihkan di bawah air mengalir. Setelah itu kamu baru bisa potong-potong untuk mulai masak kepiting. Biasanya kepiting dipotong menjadi 4 bagian plus 2 bagian capit yang banyak dagingnya.

 

Resep Masak Kepiting Saus Padang

 

Mau dipotong-potong atau mau tetap dipertahankan bentuknya, olahan makanan kepiting bakal sama-sama enak kalau kamu ikuti resep masak kepiting yang tepat. Nah, kali ini Sasa gak cuma sharing tips masak dan makan kepiting dengan mudah, tapi pastinya juga sharing resep yang enak-enak dong buat Sasa Genks. Sasa Genks pasti gak asing dengan menu makanan kepiting saus padang, ‘kan? Kalau makan di resto, kesannya menu ini fancy banget, padahal kamu bisa juga masak ini di rumah, lho. Simak resepnya berikut!

Bahan-bahan:

  • 500 gram kepiting
  • Sasa Saus Sambal Pedas sesuai selera
  • Sasa Saus Tomat sesuai selera
  • 2 sendok makan Saus tiram
  • 1 butir telur yang telah dikocok lepas
  • 1 batang serai
  • 1/2 batang lengkuas
  • Daun jeruk secukupnya
  • Daun salam secukupnya
  • Daun bawang secukupnya, diiris
  • 1/2 siung bawang bombai, cincang kasar
  • Garam, merica dan gula secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • 150 ml air atau secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 7 buah cabe merah
  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • Kunyit, kemiri dan jahe secukupnya

Cara membuat:

  1. Setelah kepiting dibersihkan dan atau dipotong-potong sesuai selera, rebus kepiting dengan irisan jahe selama 3-5 menit.
  2. Tumis semua bahan bumbu halus, lalu masukkan bawang bombay, daun jeruk, serai, daun salam dan lengkuas, kemudian tumis sampai harum.
  3. Tambahkan Sasa Saus Sambal Pedas, Sasa Saus Tomat dan saus tiram sesuai selera.
  4. Tuang garam, merica dan gula sesuai selera, lalu aduk lagi.
  5. Masukkan kepiting, lalu tambahkan air, kemudian aduk lagi.
  6. Masukan kocokan telur, aduk sampai rata dan bumbu meresap.
  7. Kepiting saus padang siap disajikan.

 

Tips makan kepiting agar banyak daging terambil

 

Bonus, nih, dari Sasa: tips cara makan kepiting supaya dagingnya bisa terambil banyak!

Kalau kamu masak kepiting tanpa dipotong-potong bagian tubuhnya, mungkin PR-nya adalah saat memakannya. Alat-alat yang perlu kamu siapkan adalah: alas meja, palu atau pemecah kepiting yang juga bisa menggunakan pisau tumpul, penjepit atau tang kecil khusus makanan dan garpu kecil untuk mencongkel dagingnya.

1. Belah badan kepiting menjadi dua bagian

Untuk memakan kepiting agar mendapat banyak dagingnya, belah badan kepiting menjadi dua bagian. Beberapa kepiting bisa dipatahkan dengan tangan, tapi mungkin kamu akan perlu pisau untuk proses ini pada beberapa jenis kepiting. Tarik perlahan cangkang ke arah atas seperti membuka sandwich. Oh iya, untuk bagian tubuhnya, tidak terdapat begitu banyak daging, sih, tapi kalau kamu mau maksimalkan supaya tidak terbuang, kamu bisa pakai garpu kecil dan penjepit untuk mencongkel dagingnya yang kecil-kecil, terutama pada beberapa jenis kepiting.

2. Cabut bagian capit dan kaki dari badan

Kemudian pisahkan kaki kepiting dari tubuhnya dengan cara memutar dan menarik kaki sampai lepas dari tubuhnya. Tusuk pisau ke sendinya agar kaki lebih mudah dipatahkan. Selanjutnya pecahkan capit. Pada proses ini kamu perlu pakai alat pemecah, ya, Sasa Genks, soalnya cangkang pada capit kepiting lebih tebal dari cangkang bagian kakinya. Cukup pukul tidak terlalu keras, sampai cangkang retak saja dan bisa dilepas untuk diambil dagingnya. Ambil daging di dalam cangkang dengan garpu berukuran kecil atau tusuk sate agar lebih mudah. Sst, daging di bagian capit ini yang paling lembut, manis dan banyak, lho!

Bukan cuma di bagian capit, daging di bagian kaki juga sayang jika diskip. Caranya juga dengan memecahkan capit kepiting di atas, tapi cangkang di bagian kaki ini lebih lunak daripada di capit, jadi cukup kamu buka dengan gunting khusus makanan, ya.

Nah, sudah siap makan fancy dengan keluarga di rumah? Kamu juga bisa cek resep olahan makanan kepiting lainnya di Kreasi Sasa! Enjoy the cooking, Sasa Genks!

 

Baca Juga: 5 Macam Ikan Air Tawar yang Paling Banyak Dikonsumsi di Indonesia

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp