Tips
& Trik
16/03/2023

8 Ide Takjil Enak dan Sehat untuk Buka Puasa Bersama Ala Sasa

takjil puasa

Sasa Genks, tak terasa bulan Ramadhan tinggal menghitung hari lagi, nih. Siapa yang sudah punya rencana membuat undangan bukber dengan teman-teman lama? Buka puasa bersama atau yang biasa disebut bukber merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan selama bulan Ramadhan di Indonesia. Kegiatan buka puasa bersama menjadi momen berkumpul dengan keluarga, rekan kerja mau pun teman-teman lama untuk berbuka setelah seharian penuh berpuasa.

 

Saat berbuka puasa, pastinya selalu ada aneka takjil yang menemani. Aneka takjil Ramadhan ini biasanya berupa kudapan yang dimakan untuk menyegerakan buka puasa, seperti kolak pisang, gorengan, sop buah, es campur, dan lain sebagainya. Tapi, tak jarang sebagian dari kita bingung menentukan takjil puasa apa yang enak dan mudah dinikmati bersama teman-teman lama saat acara bukber nanti, biasanya karena perbedaan selera takjil. Nah, Sasa Genks, yuk simak 8 rekomendasi takjil puasa berikut yang bisa kamu pertimbangkan saat merencanakan acara bukber dengan teman-teman lama!

 

1. Puding

Kandungan rumput laut, gelatin dan konyaku pada puding membuatnya jadi contoh takjil bulan puasa yang enak dan sehat untuk kamu sajikan ke teman-teman saat acara bukber, lho, Sasa Genks! Kalau biasanya puding disajikan manis karena kandungan gula yang tinggi, coba, deh, kamu kreasikan puding dengan bahan utama berupa buah-buahan segar supaya puding ala kamu jadi takjil kekinian yang sehat! Cukup potong beberapa buah favorit seperti apel, mangga atau leci dan letakan di wadah. Lalu tuang larutan puding ke atas wadah tersebut dan diamkan sampai memadat. Selain itu, kamu juga bisa membuat kreasi puding sendiri, misalnya dengan recook resep Puding Kelapa Vanilla ala Sasa!

Lihat resepnya di sini : Resep Puding Kelapa Vanilla

 

2. Es buah

Minuman takjil yang satu ini memang selalu jadi favorit dan mudah ditemukan selama bulan Ramadhan. Apalagi es buah juga termasuk contoh minuman takjil sehat jika kandungan gulanya dikurangi. Caranya bisa dengan membuat kuah pada es buah dengan campuran air, perasan lemon, dan madu. Manfaatkan juga buah yang kaya dengan air, misalnya semangka, untuk membuat kuah pada es buah. Minuman takjil dengan beragam buah di dalamnya ini bikin es buah jadi takjil puasa yang sehat dan lezat, soalnya zat gizinya juga beragam, Sasa Genks! Supaya terlihat lebih menarik, kamu juga bisa berkreasi membuat minuman takjil dengan chia seed, lho. Yuk, coba recook resep Es Jelly Chia Seed dari Sasa!

Lihat resepnya di sini : Resep Es Jelly Chia Seed Kuah Santan

 

3. Es kelapa muda

Baru membaca namanya saja, sudah terasa segarnya minum es kelapa muda saat panas terik, ya. Apalagi diminum saat buka puasa setelah tenggorokan kering seharian! Siapa nih Sasa Genks yang selalu sedia takjil enak ini? Minuman yang dibuat dari air dan daging buah kelapa dengan ditambahkan es batu ini memang tak diragukan lagi jadi minuman takjil favorit banyak orang, dan pastinya juga sehat. Selain es kelapa muda, buat teman-temanmu terkesan pada acara bukber kamu dengan menghidangkan kreasi olahan es kelapa lainnya, seperti Es Krim Kelapa. Takjil kekinian ala Sasa ini bisa kamu coba di rumah sekarang juga!

Lihat resepnya di sini : Resep Es Krim Kelapa dengan Cherry Almond

 

4. Smoothies

Smoothies atau jus buah untuk takjil puasa? Cocok, kok! Selain nyaman untuk perut yang kosong seharian, minuman ini juga bisa jadi pilihan takjil enak dan sehat ala Sasa Genks! Supaya sehat, kurangi takaran gula pada jus, ya. Lalu kamu juga bisa tambahkan yoghurt rendah lemak sebagai campuran smoothies. Oh iya, smoothies mengandung kalori untuk memenuhi asupan harian tubuh kita, lho. Jadi tidak perlu khawatir tidak kenyang setelah berbuka dengan smoothies. Smoothie juga bisa jadi pilihan takjil kekinian yang tidak membosankan, lho. Coba, deh, recook resep Smoothie Matcha Kelapa dengan cita rasa unik ala Sasa. 

Lihat resepnya di sini : Resep Smoothie Matcha Kelapa

 

5. Buah potong, termasuk kurma

Buah, termasuk kurma, direkomendasikan sebagai makanan takjil sehat karena kaya serat untuk memenuhi kebutuhan serat harian kita setelah seharian berpuasa. Kurma juga mengandung gula, karbohidrat, serat, dan antioksidan alami untuk mengembalikan energi dengan cepat. Selain itu, buah dan sayur diproses lebih lama di organ pencernaan lambung dan usus, yang membuat kita bisa kenyang lebih lama. Tapi ingat, supaya kandungan gizi buah dan sayur tetap terjaga, hindari memasukan gula, garam dan lemak jenuh tambahan secara berlebih, ya.

 

6. Sup jamur

Buat Sasa Genks yang mencari makanan takjil sehat yang gurih, coba, deh, menu sup jamur yang lezat dan juga kaya asupan serat! Kuah sup juga bisa jadi asupan air untuk tubuh kita. Sup sendiri memang mengandung berbagai macam sayur yang bisa memperkaya zat gizi dalam satu mangkuknya. Pastikan kamu tidak menambah garam atau penyedap rasa lain secara berlebih, ya. Sup jamur juga bisa jadi makanan takjil kekinian yang lebih lezat dengan tambahan bahan alami seperti merica, daun seledri, bunga lawang, dan kapulaga. Kamu juga bisa tambahkan asupan protein lain pada sup, misalnya daging ayam, untuk meningkatkan hormon pemicu rasa kenyang. Coba resep Sup Jamur ala Sasa yang lezat, sehat dan nyaman di perut terutama setelah perut kosong seharian!

Lihat resepnya di sini : Resep Sup Jamur

 

7. Bubur kacang hijau

Cita rasa hangat, manis dan gurih dari kacang hijau, gula, dan santan, berpadu menjadikan bubur kacang hijau sebagai favorit banyak orang Indonesia, termasuk untuk takjil puasa. Bubur kacang hijau juga termasuk takjil sehat, lho, karena biasanya terbuat dari bahan alami tanpa campuran bahan kimia buatan. Tenang saja, bubur kacang hijau memang terbuat dari santan, tapi mengonsumsi santan dalam jumlah yang sewajarnya saat berbuka tidak jadi masalah. Apalagi kalau pakai Sasa Santan yang mengandung omega-3 dan omega-6! Mau membuat bubur kacang hijau yang sehat dan endulita untuk makanan takjil dengan teman-teman lama? Yuk, coba recook resep takjil bubur kacang hijau ala Sasa.

Lihat resepnya di sini : Resep Bubur Kacang Hijau

 

8. Bubur jagung keju

Rekomendasi jajanan takjil kekinian yang sehat lainnya adalah bubur jagung keju. Rasa gurih dari keju dan jagung yang segar bisa jadi pilihan takjil sehat dan tidak membosankan. Teksturnya yang berpadu antara renyahnya jagung dan creamy-nya keju membuat menu takjil bubur jagung keju menjadi unik dan berkesan, terutama saat dihidangkan di acara bukber dengan teman-teman lama. Membuat bubur jagung keju yang memadukan tekstur dan rasa yang berbeda ini memang agak tricky. Makanya, Sasa Genks bisa simak resep Bubur Jagung Keju dari Sasa untuk recook yang anti fail! 

Lihat resepnya di sini : Resep Bubur Jagung Keju

 

Itulah beberapa rekomendasi menu takjil untuk buka puasa yang sehat dan bisa kamu nikmati bersama teman-teman lama saat berkumpul di acara bukber nanti. Kamu juga bisa dapatkan inspirasi menu lezat, sehat dan mudah lainnya dari Sasa di Kreasi Sasa. Selamat berkreasi, Sasa Genks!

 

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp