Rahasia Mudah Membuat Kentang Goreng yang Renyah dan Lezat

27/07/2022

Kentang menjadi salah satu bahan makanan yang dapat di olah menjadi berbagai macam makanan yang lezat seperti perkedel kentang, bola-bola kentang, hingga camilan favorit seperti kentang goreng. Teknik menggoreng yang tidak tepat dapat membuat kentang goreng jadi mudah layu dan terasa lembek ketika disantap. Padahal kenikmatan kentang goreng justru ada pada tekstur luarnya yang terasa gurih dan renyah. Namun tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini Sasa akan membahas tips dan trik mudah untuk membuat kentang goreng yang terasa lembut di dalam dan renyah di luar dengan metode dua kali menggoreng.

 

Langkah Persiapan

  1. Siapkan dua buah kentang berukuran besar yang sudah dicuci bersih. Takaran ini cukup untuk satu porsi makan.
  2. Kupas kulit kentang, kemudian potong-potong berbentuk persegi panjang. Jika Anda menginginkan tekstur kentang yang lembut di dalam, Anda bisa membuat potongan yang sedikit lebih gemuk.
  3. Setelah selesai dipotong, bilas potongan kentang dengan air bersih. Langkah ini bertujuan untuk memastikan tidak ada sisa kotoran yang menempel pada kentang.
  4. Siapkan semangkuk air dingin yang sudah diberi satu sendok perasan lemon, lalu masukkan potongan kentang ke dalam mangkuk tersebut sampai seluruh bagiannya terendam sempurna. Ini dikarenakan kentang yang sudah dikupas biasanya akan berubah warna jika semakin lama terpapar oksigen. Dengan menambahkan cairan lemon, Anda dapat mempertahankan warna jernih kentang sehingga rasanya tetap lezat ketika dimasak nanti.
  5. Simpan kentang di dalam kulkas, lalu biarkan selama 30 menit.
  6. Setelah 30 menit, angkat kentang dari dalam mangkuk dan tiriskan sampai tidak ada lagi air yang menetes. Langkah ini bertujuan untuk mencegah letupan minyak ketika Anda mulai menggoreng.
  7. Tips ini adalah optional, namun jika Anda menginginkan tekstur kentang yang lebih garing, renyah, dan gurih, sebelum menggorengnya Anda bisa membaluri kentang dengan tepung bumbu serbaguna Sasa yang mempunyai manfaat menyehatkan karena memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Pilih tepung bumbu serbaguna Sasa original untuk Anda yang lebih suka rasa gurih, dan tepung bumbu serbaguna Sasa hot & spicy jika Anda suka pedas.

 

Langkah Memasak

  1. Siapkan wajan penggorengan yang sudah diisi dengan minyak. Pastikan volume minyak dapat merendam seluruh kentang agar matang merata. Atau jika Anda tidak memiliki wajan penggorengan ukuran besar, Anda juga bisa memasaknya dalam dua batch berbeda.
  2. Nyalakan kompor dengan panas sedang hingga rendah. Saat minyak sudah mulai mengeluarkan buih-buih kecil, masukkan potongan kentang ke dalam wajan penggorengan.
  3. Goreng terus selama sekitar enam sampai delapan menit, atau sampai bagian dalam kentang matang. Jika Anda tidak merasa yakin, ambil sebuah potongan kentang dan tusuk dengan garpu atau sendok. Jika dapat ditusuk dengan mudah artinya kentang sudah matang, namun jika masih keras maka Anda masih perlu menggorengnya sebentar lagi.
  4. Setelah masak, angkat kentang menggunakan saringan, kemudian tiriskan sebentar sampai minyaknya tidak lagi menetes.
  5. Pada tahap ini, Anda bisa menaruh kentang di dalam kulkas untuk digoreng nanti, atau Anda bisa langsung beralih ke tahap selanjutnya, yaitu melakukan penggorengan yang kedua. Nah, metode menggoreng dua kali merupakan rahasia untuk mendapatkan tekstur kentang goreng yang lezat, gurih, dan renyah di luar. Menggoreng pertama dengan api kecil bertujuan agar bagian dalam kentang matang merata, sementara menggoreng kedua dengan minyak panas dan api besar dalam waktu singkat bertujuan agar bagian luar kentang jadi garing.
  6. Jika Anda berencana untuk melakukan penggorengan kedua, jangan langsung matikan kompor setelah penggorengan pertama. Selagi Anda meniriskan kentang, panaskan kompor dengan api besar sampai Anda bisa melihat buih-buih udara pada minyak terbentuk.
  7. Goreng kembali kentang di dalam minyak panas selama sekitar dua atau tiga menit hingga warnanya berubah menjadi golden brown dan tekstur luarnya tampak garing.
  8. Jika sudah matang, matikan kompor dan angkat kentang goreng. Tiriskan sesaat sampai minyaknya berhenti menetes. Pada tahap ini kentang goreng sudah siap disaijakan.

 

Kini kentang goreng Anda sudah siap disantap, tentu kurang nikmat rasanya jika tidak ditambah dengan cocolan saus dari Sasa. Untuk kombinasi rasa yang lebih lezat, Anda bisa mencampurkan saus tomat Sasa dan saus sambal asli Sasa. Atau pilih saus sambal ekstra pedas Sasa jika Anda ingin sensasi kentang goreng pedas yang lebih nikmat.

 

Lihat Artikel Lainnya:

1. 5 Tips Mudah Menyimpan Tempe Agar Tidak Cepat Busuk
2. Tips Merebus Telur Sesuai Tingkat Kematangan yang Diinginkan
3. Cara Membuat Cuko Palembang untuk Pempek yang Otentik!

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp