Tips
& Trik
23/10/2023

6 Rekomendasi Makanan Khas Jawa Barat, Resepnya Mudah Diikuti

makanan jawa barat

Jawa Barat dikenal dengan kuliner khasnya yang menggugah selera. Makanan khas Jawa Barat memiliki sensasi rasa dan aroma yang khas dan menjadi kebanggaan daerah ini. Ada banyak variasi kuliner Jawa Barat yang bisa dicoba, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Sasa Genks bisa mencoba berbagai makanan dari Jawa Barat seperti soto bandung, mie kocok, sate maranggi, es cendol, cireng, seblak ataupun batagor. Makanan-makanan tersebut memiliki ciri khas masing-masing dan pastinya cocok untuk Sasa Genks coba di rumah.

 

1. Soto Bandung

Soto Bandung adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang tak terlupakan. Soto ini biasanya terdiri dari daging ayam atau daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang khas serta sayuran segar, seperti tauge dan kentang. Dalam sajian soto ini, Sasa Genks juga bisa menambahkan kerupuk dan sambal terasi agar terasa lebih nikmat. Bagi penggemar makanan berkuah, soto Bandung ini tidak boleh terlewatkan dari daftar list kamu loh. Memasaknya pun sangat mudah diikuti, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Baca resepnya di sini: Resep Soto Bandung

 

2. Mie Kocok

Mie kocok merupakan makanan yang cocok dimakan oleh siapapun. Perpaduan rasa yang menggoyang lidah akan membuat kamu ketagihan. Mie kocok terbuat dari mie telur yang dicampur dengan daging sapi, sayuran, dan kuah kental yang lezat. Biasanya hidangan tersebut banyak dijumpai di daerah Bandung. Kamu bisa menemukan berbagai bahan mie kocok di supermarket atau pasar tradisional terdekat. Tidak perlu khawatir, cara membuat mie kocok bisa diikuti oleh Sasa Genks loh. Jadi, tunggu apalagi, siapkan bahannya dan buat mie kocok versi kamu di rumah.

Baca resepnya di sini: Resep Mie Kocok

 

3. Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah kuliner terkenal dari Purwakarta, Jawa Barat. Bahan utama sate maranggi adalah daging sapi atau kambing yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu. Sasa Genks juga bisa membuat sate maranggi sendiri yang lezat dan juicy di rumah. Sate maranggi biasanya disajikan dengan nasi putih, acar mentimun dan bawang merah, serta sambal kecap pedas. Cara memasak sate maranggi cukup mudah, yaitu dengan memanggang sate tersebut menggunakan arang atau bara api hingga matang.

Baca resepnya di sini: Resep Sate Maranggi

 

4. Es Cendol

Sasa Genks pasti mengenal es cendol sebagai minuman manis khas Jawa Barat yang menyegarkan. Minuman ini terdiri dari campuran cendol, santan, gula merah dan es batu. Berbagai bahan yang digunakan membuat es cendol memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera. Selain itu, Sasa Santan memiliki kandungan omega 3 sehingga lebih menyehatkan. Untuk membuat es cendol, anda bisa menggunakan cendol yang sudah jadi atau membuatnya sendiri dengan campuran tepung hunkwe dan air pandan. Cara membuatnya juga mudah, kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Es cendol cocok dinikmati saat cuaca sedang panas. Minuman ini bisa dijadikan pilihan untuk teman jajan atau untuk menikmati sore hari di teras rumah. 

Baca resepnya di sini: Resep Es Cendol

 

5. Cireng

Cireng adalah jajanan khas yang terbuat dari tepung tapioka. Rasanya yang gurih dan pedas membuat cireng menjadi camilan yang populer. Sasa Genks dapat membuat cireng sendiri di rumah dengan mencampurkan tepung tapioka dengan air dan bumbu-bumbu. Selain bisa dikonsumsi sendiri, makanan ini juga bisa digunakan sebagai ide jualan yang menguntungkan. Selain rasanya enak, kamu tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk membeli bahan-bahan cireng. Resep Cireng ala Sasa memiliki berbagai variasi seperti cireng crispy, cireng isi sosis, ataupun cireng nasi. 

Baca resepnya di sini: Resep Cireng

 

6. Seblak

Seblak adalah salah satu masakan khas Jawa Barat yang berasal dari Parahyangan. Hidangan tersebut memiliki rasa yang gurih, pedas dan pastinya bisa buat kamu ketagihan. Seblak memiliki keunikan tersendiri yaitu bumbunya menggunakan kencur dan rawit. Seblak bisa dibuat menggunakan berbagai macam bahan seperti kerupuk, ceker, sosis, bakso dan lainnya. Akan tetapi, seblak terkenal dengan bahan utamanya berupa kerupuk. Oh ya Sasa Genks, dinamakan seblak karena diambil dari Bahasa Sunda “ nyegak” atau menyengat. Jadi, sudah siap untuk membuat seblak di rumah? Cocok dijadikan cemilan sore atau dimakan waktu hujan. 

Baca resepnya di sini: Resep Seblak Basah Ceker Ayam Bakso

facebook twitter whatsapp linkedin
Sasa Store Tokopedia Bukalapak Shopee WhatsApp